8 Cara Edit File PDF di Android dengan WPS Office

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara edit file PDF di Android dengan menggunakan WPS Office. Saat ini, penggunaan file PDF semakin umum, baik untuk keperluan bisnis, akademik, maupun personal. Namun, tidak jarang kita perlu melakukan beberapa perubahan pada file PDF, seperti menambahkan atau menghapus teks, menggabungkan halaman, atau mengubah format. Dengan WPS Office, sebuah aplikasi produktivitas populer di Android, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai edit pada file PDF langsung dari perangkat mobile Anda. Mari kita simak cara-cara edit file PDF di Android menggunakan WPS Office berikut ini.

Cara Edit File PDF di Android dengan WPS Office

1. Menginstal Aplikasi WPS Office

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi WPS Office melalui Google Play Store di perangkat Android Anda. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut dan Anda siap untuk memulai proses edit file PDF.

WPS Office merupakan salah satu aplikasi office terpopuler yang menawarkan berbagai fitur, termasuk kemampuan untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga cocok bagi pengguna yang tidak memiliki keahlian khusus dalam pengeditan file PDF.

Selain itu, WPS Office juga mendukung berbagai format file lainnya, seperti dokumen Word, Excel, dan PowerPoint, sehingga Anda dapat melakukan edit pada berbagai jenis file dengan satu aplikasi yang sama.

🔴 BACA JUGA:  14 Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android

2. Membuka File PDF di WPS Office

Setelah Anda menginstal aplikasi WPS Office, langkah selanjutnya adalah membuka file PDF yang ingin Anda edit. Anda dapat melakukannya dengan cara membuka aplikasi WPS Office, lalu mencari file PDF di perangkat Anda dan mengkliknya untuk membukanya.

Anda juga dapat membuka file PDF langsung dari aplikasi penyimpanan file di perangkat Anda, seperti Google Drive atau Dropbox, dengan memilih file PDF yang diinginkan dan memilih opsi “Buka dengan WPS Office”.

Saat file PDF terbuka di WPS Office, Anda dapat melihat halaman-halaman dalam file tersebut dan siap untuk melakukan berbagai edit.

3. Menambahkan atau Menghapus Teks

Salah satu fitur utama dalam WPS Office adalah kemampuannya untuk menambahkan atau menghapus teks pada file PDF. Jika Anda ingin menambahkan teks, cukup pilih opsi “Tambah Teks” pada menu alat di bagian atas layar. Setelah itu, Anda dapat mengklik di area mana pun pada halaman PDF dan mulai mengetik teks yang diinginkan.

Untuk menghapus teks, pilih opsi “Hapus Teks” pada menu alat, lalu klik pada teks yang ingin Anda hapus. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan perubahan atau penyempurnaan pada teks yang ada dalam file PDF Anda.

4. Menggabungkan atau Memisahkan Halaman PDF

WPS Office juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa halaman PDF menjadi satu file atau memisahkan halaman-halaman tertentu menjadi file PDF terpisah. Fitur ini sangat berguna jika Anda perlu mengatur ulang halaman-halaman dalam file PDF.

Untuk menggabungkan halaman-halaman, pilih opsi “Gabungkan Halaman” pada menu alat. Kemudian, Anda dapat memilih halaman-halaman yang ingin digabungkan dan menentukan urutan mereka. Setelah selesai, WPS Office akan menggabungkan halaman-halaman tersebut menjadi satu file PDF baru.

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Membuat Phising FF 000webhost di Android

Sementara itu, untuk memisahkan halaman-halaman, pilih opsi “Pisahkan Halaman” pada menu alat. Anda dapat memilih halaman-halaman tertentu yang ingin dipisahkan dan menyimpannya sebagai file PDF terpisah.

5. Menandai dan Mengomentari PDF

WPS Office juga menyediakan fitur untuk menandai dan mengomentari file PDF Anda. Fitur ini berguna saat Anda perlu memberikan catatan, menyoroti teks, atau menandai bagian penting dalam file PDF.

Untuk menandai atau mengomentari PDF, pilih opsi “Tandai dan Komentari” pada menu alat. Anda akan diberikan berbagai pilihan seperti menambahkan catatan, menyoroti teks, menggambar, atau menandai dengan stiker. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan terapkan pada halaman PDF yang ingin Anda beri tanda atau komentar.

6. Mengubah Format PDF

WPS Office juga memungkinkan Anda untuk mengubah format file PDF menjadi format lainnya, seperti dokumen Word, Excel, atau PowerPoint. Fitur ini sangat berguna jika Anda perlu mengedit atau memodifikasi isi file PDF menggunakan aplikasi lain yang mendukung format-file tersebut.

Untuk mengubah format PDF, pilih opsi “Ubah Format” pada menu alat. Kemudian, Anda dapat memilih format tujuan yang diinginkan, seperti DOCX (untuk dokumen Word), XLSX (untuk dokumen Excel), atau PPTX (untuk presentasi PowerPoint). Setelah memilih format, WPS Office akan mengonversi file PDF menjadi format yang Anda pilih.

7. Menyimpan dan Membagikan File PDF yang Diedit

Setelah selesai melakukan edit pada file PDF menggunakan WPS Office, pastikan Anda menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan. Pilih opsi “Simpan” pada menu alat untuk menyimpan file PDF yang telah diedit.

Anda juga dapat memilih opsi “Bagikan” untuk langsung membagikan file PDF tersebut melalui email, aplikasi pesan, atau platform media sosial. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah berbagi hasil editan Anda kepada pihak lain yang membutuhkannya.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mengubah JPG ke JPEG di Android

8. Menjaga Keamanan File PDF

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, WPS Office juga menyediakan fitur keamanan untuk melindungi file PDF Anda. Anda dapat memberikan password pada file PDF yang telah Anda edit untuk mencegah akses yang tidak sah. Fitur ini sangat penting jika Anda memiliki informasi sensitif atau rahasia dalam file PDF Anda.

Untuk memberikan password pada file PDF, pilih opsi “Keamanan” pada menu alat. Anda dapat memilih opsi “Enkripsi dengan Password” dan mengatur password yang kuat untuk melindungi file PDF Anda. Pastikan untuk mengingat password tersebut dengan baik, karena tanpa password, tidak akan ada yang dapat mengakses atau mengedit file PDF tersebut.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas  cara edit file PDF di Android dengan menggunakan WPS Office. Dari menginstal aplikasi, membuka file PDF, menambahkan atau menghapus teks, menggabungkan atau memisahkan halaman, menandai dan mengomentari, mengubah format, menyimpan, membagikan, dan menjaga keamanan file PDF.

WPS Office adalah solusi yang praktis dan efisien untuk melakukan edit pada file PDF langsung dari perangkat Android Anda. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan antarmuka yang intuitif, Anda dapat dengan mudah mengedit file PDF sesuai kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda mencari cara untuk melakukan edit file PDF di perangkat Android, WPS Office adalah pilihan yang sangat baik. Unduhlah aplikasinya sekarang dan mulailah mengedit file PDF Anda dengan mudah dan cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengenal dan menggunakan WPS Office untuk edit file PDF di Android. Selamat mencoba!