8 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

HP Android merupakan gadget yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, terkadang HP Android bisa mengalami masalah yang cukup menjengkelkan, yaitu tidak bisa menyala. Masalah ini tentu sangat mengganggu karena kita tidak bisa menggunakan HP Android dengan maksimal. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan 8 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala.

Sebelum memulai perbaikan, pastikan terlebih dahulu bahwa baterai HP Android sudah terisi penuh dan charger dalam keadaan baik. Jika kedua hal ini sudah dipastikan, kita bisa mulai mencoba beberapa cara berikut untuk memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala. Berikut adalah 8 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala:

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

1. Cek Kabel Charger

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kabel charger. Kadang kala kabel charger yang sudah lama digunakan atau sering dicabut-cabut bisa rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Coba gunakan kabel charger yang baru atau pinjam dari teman untuk memastikan apakah kabel charger yang digunakan yang bermasalah atau bukan.

Selain itu, perhatikan juga kondisi port charger pada HP Android. Pastikan tidak ada kotoran atau benda lain yang menghalangi agar kabel charger bisa terhubung dengan baik. Bersihkan port charger dengan hati-hati menggunakan kain yang lembut agar tidak merusak bagian dalam port charger.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Riwayat Copy Paste di Android

Jika kabel charger sudah diganti dan port charger sudah dibersihkan namun HP Android masih tidak bisa menyala, coba lakukan langkah berikutnya.

2. Matikan HP Android

Cara selanjutnya adalah mematikan HP Android. Tekan tombol power secara tegas dan tahan selama beberapa detik sampai muncul opsi untuk mematikan HP Android. Pilih opsi “Matikan” dan tunggu beberapa detik sampai HP Android benar-benar mati. Setelah itu, tekan tombol power kembali untuk menyalakan HP Android. Jika HP Android masih tidak bisa menyala, coba lakukan langkah selanjutnya.

3. Cabut Baterai

Cara ini tentu hanya bisa dilakukan pada HP Android yang memiliki baterai yang bisa dilepas. Cabut baterai dari HP Android dan bersihkan bagian dalam slot baterai dengan hati-hati menggunakan kain yang lembut. Setelah itu,
pasang kembali baterai dan tekan tombol power untuk menyalakan HP Android. Jika HP Android masih tidak bisa menyala setelah mencoba langkah ini, coba langkah berikutnya.

4. Charge HP Android dalam Keadaan Mati

Terkadang, HP Android tidak bisa menyala karena baterainya benar-benar habis. Untuk mengatasi masalah ini, coba charge HP Android dalam keadaan mati selama beberapa jam. Setelah itu, tekan tombol power untuk menyalakan HP Android. Jika HP Android masih tidak bisa menyala setelah dicoba charge dalam keadaan mati, coba langkah berikutnya.

5. Tekan Tombol Volume dan Power Secara Bersamaan

Beberapa HP Android memiliki tombol kombinasi untuk mengakses recovery mode atau fastboot mode. Salah satu kombinasi tombol yang sering digunakan adalah tombol volume dan power secara bersamaan. Tekan tombol volume up atau down dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul tanda HP Android menyala. Setelah itu, lepaskan kedua tombol tersebut dan HP Android akan masuk ke recovery mode atau fastboot mode. Dari sini, kita bisa mencoba beberapa opsi untuk memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala.

🔴 BACA JUGA:  8 Cara Mengganti Background Foto di Android

Jika HP Android masih tidak bisa menyala setelah mencoba langkah ini, coba langkah berikutnya.

6. Bersihkan Cache HP Android

Cache yang terlalu banyak bisa membuat HP Android menjadi lambat atau bahkan tidak bisa menyala. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan cache pada HP Android. Buka pengaturan HP Android dan cari opsi “Storage” atau “Penyimpanan”. Pilih opsi “Cache” dan pilih “Bersihkan Cache”. Setelah itu, coba restart HP Android dan lihat apakah masalah sudah teratasi.

Jika HP Android masih tidak bisa menyala setelah membersihkan cache, coba langkah berikutnya.

7. Factory Reset HP Android

Jika semua cara di atas tidak berhasil memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala, cobalah untuk melakukan factory reset. Namun, sebelum melakukan factory reset, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan backup semua data penting pada HP Android karena factory reset akan menghapus semua data pada HP Android.

Untuk melakukan factory reset, buka pengaturan HP Android dan cari opsi “Backup & Reset”. Pilih opsi “Factory Data Reset” dan ikuti instruksi yang diberikan. Setelah selesai, tekan tombol power untuk menyalakan HP Android dan konfigurasikan HP Android seperti baru.

8. Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak berhasil memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala, mungkin ada masalah yang lebih serius dengan HP Android. Oleh karena itu, sebaiknya bawa HP Android ke service center atau teknisi terpercaya untuk diperbaiki.

Namun, sebelum membawa HP Android ke service center, pastikan terlebih dahulu bahwa HP Android masih dalam masa garansi atau tidak. Jika masih dalam masa garansi, bawa HP Android ke service center yang direkomendasikan oleh produsen HP Android tersebut agar garansi tetap berlaku.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Bikin Logo di Android

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala. Namun, sebaiknya kita mencoba cara yang paling sederhana terlebih dahulu sebelum mencoba cara yang lebih rumit atau membawa HP Android ke service center. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan HP Android yang tidak bisa menyala dapat diperbaiki dan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Namun, jika semua cara di atas tidak berhasil memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala, mungkin ada masalah yang lebih serius dengan HP Android tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya bawa HP Android ke service center atau teknisi terpercaya untuk diperbaiki.

Jangan panik jika HP Android tidak bisa menyala. Karena dengan tenang dan melakukan beberapa cara di atas, kita bisa memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala dan menghindari kerusakan yang lebih parah pada HP Android tersebut.