8 Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android

Saat ini, teknologi semakin maju dan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam mengedit video. Dulu, mengganti background video membutuhkan green screen yang cukup besar dan mahal. Namun, sekarang kamu bisa mengganti background video tanpa green screen di Android. Berikut ini adalah 8 cara mengganti background video tanpa green screen di Android yang dapat kamu coba.

Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android

1. Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Kinemaster adalah aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan untuk mengganti background video tanpa green screen. Pertama, buka aplikasi Kinemaster dan pilih video yang ingin kamu edit. Setelah itu, tambahkan layer baru dan pilih background yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih gambar atau video yang kamu miliki atau mengunduh dari internet. Kemudian, atur posisi background sesuai keinginanmu. Terakhir, export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video tanpa green screen.

Dalam menggunakan aplikasi Kinemaster, pastikan kamu sudah menguasai cara penggunaannya. Aplikasi ini cukup kompleks dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Namun, jika sudah terbiasa, kamu akan bisa mengedit video dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, kamu juga bisa memilih aplikasi editing video lainnya yang memiliki fitur serupa. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba antara lain Adobe Premiere Rush, FilmoraGo, dan VivaVideo.

2. Menggunakan Aplikasi Remove.bg

Remove.bg adalah aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk menghapus latar belakang pada gambar atau video. Kamu bisa mengunggah video yang ingin kamu edit ke website remove.bg dan aplikasi akan secara otomatis menghapus background video tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengunduh video yang telah dihapus backgroundnya dan menggantinya dengan background yang kamu inginkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara WhatsApp Web di Android

Kelebihan menggunakan aplikasi Remove.bg adalah mudah digunakan dan tidak memerlukan aplikasi editing video yang rumit. Namun, kamu perlu membayar jika ingin mengunduh video dalam kualitas HD atau jika ingin menghapus watermark remove.bg.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi online lainnya seperti Clideo dan Kapwing yang memiliki fitur serupa.

3. Menggunakan Aplikasi Chroma Key

Chroma key atau green screen adalah teknologi yang digunakan untuk mengganti background video dengan menggunakan warna hijau atau biru. Saat merekam video, kamu bisa menggunakan kain berwarna hijau atau biru sebagai background dan kemudian menggantinya dengan background yang kamu inginkan menggunakan aplikasi Chroma Key.

Beberapa aplikasi Chroma Key yang bisa kamu gunakan di Android antara lain Kinemaster, PowerDirector, dan VivaCut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Chroma Key dan pilih video yang ingin kamu edit.
  • Selanjutnya, tambahkan layer baru dan pilih warna hijau atau biru sebagai background.
  • Atur posisi dan ukuran layer agar sesuai dengan video yang kamu edit.
  • Kemudian, tambahkan background yang ingin kamu gunakan dan atur posisi dan ukurannya.
  • Export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video menggunakan Chroma Key.

Untuk menggunakan teknologi Chroma Key, kamu perlu memiliki kain berwarna hijau atau biru yang cukup besar dan memastikan bahwa warna tersebut tidak ada dalam objek atau pakaian yang dikenakan oleh model atau talenta. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan agar hasilnya lebih maksimal.

4. Menggunakan Aplikasi InShot

InShot adalah aplikasi editing video yang populer di Android. Kamu bisa menggunakan InShot untuk mengganti background video tanpa green screen dengan mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi InShot dan pilih video yang ingin kamu edit.
  • Pilih opsi “Edit” dan tambahkan background baru yang ingin kamu gunakan.
  • Atur posisi dan ukuran background sesuai dengan keinginanmu.
  • Export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video tanpa green screen.

InShot merupakan aplikasi editing video yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Kamu bisa mengedit video dengan berbagai efek dan filter yang tersedia di aplikasi ini.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Backup Data Android ke Google Drive

5. Menggunakan Aplikasi KineMaster Diamond

KineMaster Diamond adalah versi modifikasi dari aplikasi Kinemaster yang memiliki fitur lebih lengkap. Kamu bisa menggunakan KineMaster Diamond untuk mengganti background video tanpa green screen dengan mudah.

Langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan Kinemaster, namun di KineMaster Diamond kamu bisa menambahkan layer tanpa batasan dan menambahkan efek-efek yang lebih lengkap.

Perlu diingat bahwa KineMaster Diamond bukanlah aplikasi resmi dan bisa saja tidak aman untuk digunakan. Pastikan kamu mengunduh aplikasi ini dari sumber yang terpercaya.

6. Menggunakan Aplikasi Green Screen Live Video Recording

Green Screen Live Video Recording adalah aplikasi Android yang khusus digunakan untuk merekam video dengan green screen. Kamu bisa merekam video menggunakan kain berwarna hijau atau biru sebagai background dan kemudian menggantinya dengan background yang kamu inginkan menggunakan aplikasi ini.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Green Screen Live Video Recording dan pilih warna background yang ingin kamu gunakan
  • Tempelkan kain berwarna hijau atau biru di belakang objek yang akan direkam.
  • Rekam video menggunakan aplikasi ini dengan durasi yang diinginkan.
  • Pilih opsi “Chroma Key” dan tambahkan background yang ingin kamu gunakan.
  • Atur posisi dan ukuran background sesuai dengan keinginanmu.
  • Export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video tanpa green screen.

Green Screen Live Video Recording merupakan aplikasi yang cukup mudah digunakan dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki kain berwarna hijau atau biru.

7. Menggunakan Aplikasi Funimate

Funimate adalah aplikasi editing video yang populer di Android. Selain bisa digunakan untuk membuat video dengan efek-efek yang keren, kamu juga bisa menggunakan Funimate untuk mengganti background video tanpa green screen.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Funimate dan pilih video yang ingin kamu edit.
  • Pilih opsi “Edit” dan tambahkan background baru yang ingin kamu gunakan.
  • Atur posisi dan ukuran background sesuai dengan keinginanmu.
  • Export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video tanpa green screen.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Buka Deep Web Melalui Android

Funimate adalah aplikasi editing video yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap. Kamu bisa mengedit video dengan berbagai efek dan filter yang tersedia di aplikasi ini.

8. Menggunakan Aplikasi VivaCut

VivaCut adalah aplikasi editing video yang juga bisa kamu gunakan untuk mengganti background video tanpa green screen. Langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan Kinemaster dan PowerDirector, namun VivaCut memiliki fitur yang lebih lengkap dan mudah digunakan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi VivaCut dan pilih video yang ingin kamu edit.
  • Tambahkan layer baru dan pilih opsi “Chroma Key”.
  • Pilih warna hijau atau biru sebagai background dan atur posisi dan ukuran layer sesuai dengan video yang kamu edit.
  • Tambahkan background baru yang ingin kamu gunakan dan atur posisi dan ukurannya.
  • Export video dan kamu sudah berhasil mengganti background video tanpa green screen.

VivaCut merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mencari aplikasi dengan fitur lebih lengkap.

Jangan Takut Mencoba

Mengganti background video tanpa green screen memang terlihat sulit, namun dengan berbagai aplikasi editing video yang tersedia di Android, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan takut mencoba dan eksplorasi sendiri fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi. Semakin sering kamu menggunakan aplikasi tersebut, semakin mahir kamu menggunakannya dan semakin kreatif kamu dalam membuat video.

Kesimpulan

Mengganti background video tanpa green screen sekarang bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi editing video yang tersedia di Android dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Penting juga untuk memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhanmu, baik dari segi fitur maupun kemudahan penggunaannya.

Jangan lupa untuk berlatih dan mengasah kemampuanmu dalam mengedit video agar semakin mahir dan kreatif dalam membuat konten video yang menarik. Selamat mencoba!