9 Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Android

Apakah Anda sering lupa password untuk akun-akun yang tersimpan di Google Chrome pada perangkat Android Anda? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah yang sama. Namun, ada beberapa cara untuk melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android tanpa harus mengingatnya satu per satu. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 9 cara unik yang dapat Anda gunakan untuk melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android. Mari kita lihat!

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Android

1. Menggunakan Pengaturan Chrome

Jika Anda ingin melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan pengaturan Chrome. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Pengaturan”.

4. Di bawah opsi “Autentikasi”, ketuk “Kata Sandi”.

5. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN atau pola pengunci layar Anda.

6. Setelah berhasil melakukan autentikasi, Anda akan melihat daftar semua akun yang memiliki password tersimpan di Chrome. Anda dapat mengklik akun tertentu untuk melihat dan mengelola password yang terkait.

2. Menggunakan Fitur Autofill

Google Chrome Android dilengkapi dengan fitur Autofill yang dapat secara otomatis mengisi formulir login dengan password yang tersimpan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melihat password yang tersimpan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Melacak HP Android Lewat GPS

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Buka situs web atau aplikasi yang meminta Anda untuk login.

3. Ketika formulir login muncul, Anda akan melihat ikon kunci kecil di samping kotak input.

4. Ketuk ikon kunci tersebut, dan Chrome akan secara otomatis mengisi password yang tersimpan untuk akun tersebut.

5. Anda dapat melihat password yang terisi di kotak input.

3. Menggunakan Chrome Password Manager

Chrome Password Manager adalah fitur bawaan dari Google Chrome yang dapat menyimpan dan mengelola password Anda. Anda dapat menggunakan Chrome Password Manager untuk melihat password yang tersimpan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Pengaturan”.

4. Di bawah opsi “Otomatisasi”, ketuk “Password”.

5. Anda akan melihat daftar semua akun yang memiliki password tersimpan di Chrome. Anda dapat mengklik akun tertentu untuk melihat dan mengelola password yang terkait.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari cara alternatif untuk melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah LastPass, Dashlane, atau 1Password. Anda perlu menginstal aplikasi tersebut, mengimpor data password dari Chrome, dan kemudian Anda dapat melihat password yang tersimpan melalui aplikasi tersebut.

5. Menggunakan Komputer

Jika Anda memiliki akses ke komputer dan telah menggunakan Google Chrome dengan akun yang sama, Anda dapat melihat password yang tersimpan di Chrome Android melalui komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Instagram Dark Mode pada Perangkat Android

1. Buka Google Chrome di komputer Anda.

2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih opsi “Pengaturan”.

4. Di bawah opsi “Otomatisasi”, klik “Password”.

5. Anda akan melihat daftar semua akun yang memiliki password tersimpan di Chrome, termasuk yang berasal dari perangkat Android Anda.

6. Menggunakan Sinkronisasi Chrome

Jika Anda telah mengaktifkan fitur sinkronisasi di Google Chrome Android, Anda dapat melihat password yang tersimpan melalui perangkat lain yang terhubung ke akun Chrome yang sama. Pastikan Anda telah login ke akun yang sama di perangkat lain, seperti komputer atau tablet, dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Google Chrome di perangkat lain yang terhubung dengan akun Chrome yang sama.

2. Ikuti langkah-langkah yang sama seperti pada poin 2 dan 3 sebelumnya untuk masuk ke pengaturan Chrome.

3. Di bawah opsi “Otomatisasi”, klik “Password”.

4. Anda akan melihat daftar semua akun yang memiliki password tersimpan di Chrome, termasuk yang berasal dari perangkat Android Anda.

7. Menggunakan Akun Google

Google memiliki fitur Keamanan Akun yang memungkinkan Anda melihat dan mengelola semua password yang tersimpan di akun Google Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui halaman keamanan akun Google Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser di perangkat Anda dan kunjungi halaman keamanan akun Google (https://myaccount.google.com/security).

2. Login dengan akun Google Anda.

3. Gulir ke bawah dan cari opsi “Password”.

4. Klik opsi tersebut, dan Anda akan melihat daftar semua akun yang memiliki password tersimpan di akun Google Anda, termasuk yang berasal dari Chrome Android.

8. Menggunakan Aplikasi File Manager

Jika Anda memiliki akses ke file sistem perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager untuk melihat file login data yang tersimpan di Google Chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  Cara Membuka File Zip di Android

1. Unduh dan instal aplikasi File Manager dari Play Store.

2. Buka aplikasi File Manager dan temukan folder “/data/data/com.android.chrome/” dalam penyimpanan perangkat Anda.

3. Di dalam folder tersebut, cari file dengan nama “Login Data”.

4. Salin file “Login Data” ke penyimpanan lain, misalnya ke kartu SD atau komputer Anda.

5. Gunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung membaca file login data, seperti SQLite Database Viewer, untuk membuka file “Login Data” dan melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android.

9. Menggunakan Aplikasi Keylogger

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah menggunakan aplikasi keylogger pada perangkat Android Anda. Aplikasi keylogger akan merekam semua input yang Anda lakukan pada perangkat, termasuk password yang dimasukkan saat login di Google Chrome. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan keylogger pada perangkat orang lain atau tanpa izin adalah melanggar privasi dan melanggar hukum. Penggunaan keylogger hanya diperbolehkan jika Anda memiliki izin dan hak atas perangkat yang ingin Anda pantau.

Penutup

Demikianlah 9 cara unik untuk melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan keterbatasannya sendiri, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan situasi Anda. Namun, perlu diingat bahwa privasi dan keamanan adalah hal yang penting. Selalu pastikan Anda menggunakan metode ini dengan penuh pertimbangan dan tetap menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengakses password yang tersimpan di Google Chrome Android. Jaga keamanan data Anda dan selalu ingat untuk menggunakan password yang kuat serta mengganti secara berkala. Terima kasih telah membaca!