9 Cara Memperbaiki Layar Android yang Tidak Merespon

Layar Android yang tidak merespon bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna. Ketika layar tidak berfungsi dengan benar, pengguna tidak dapat mengakses aplikasi, menjawab panggilan, atau melakukan tugas lainnya pada perangkat Android mereka. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah layar Android yang tidak merespon.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 9 cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki layar Android yang tidak merespon. Mulai dari langkah-langkah yang sederhana seperti membersihkan layar dan koneksi, hingga langkah-langkah yang lebih kompleks seperti mengatur ulang pengaturan tampilan atau bahkan melakukan reset pabrik pada perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengatasi masalah layar yang tidak merespon dan mengembalikan fungsionalitas normal pada perangkat Android Anda.

Jadi, jika Anda sedang menghadapi masalah layar Android yang tidak merespon, simak 9 cara berikut yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

9 Cara Memperbaiki Layar Android yang Tidak Merespon

1. Restart Perangkat Anda

Restart perangkat Anda adalah langkah pertama yang sebaiknya Anda coba ketika layar Android Anda tidak merespon. Caranya cukup mudah, cukup tahan tombol daya perangkat Anda selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk mematikan perangkat. Pilih opsi “Restart” atau “Restart Now” dan tunggu perangkat Anda menyala kembali. Setelah perangkat Anda menyala kembali, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Jika restart tidak berhasil, Anda dapat mencoba langkah-langkah di bawah ini.

2. Bersihkan Layar dan Cek Konektivitas

Kadang-kadang, masalah layar Android yang tidak merespon bisa disebabkan oleh kotoran, debu, atau jejak tangan yang menempel pada layar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membersihkan layar Anda dengan kain mikrofiber yang bersih dan kering. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan yang kasar atau cairan pembersih yang keras yang dapat merusak layar Anda.

Selain itu, pastikan juga konektivitas layar Anda dalam kondisi baik. Pastikan kabel penghubung layar ke motherboard perangkat Anda terhubung dengan baik. Jika tidak, coba lepas dan pasang kembali kabel tersebut dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kabel yang lepas atau rusak.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Setelah membersihkan layar dan memeriksa konektivitas, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Bermasalah

Beberapa aplikasi di perangkat Android Anda mungkin memiliki cache atau data yang korup yang dapat mempengaruhi kinerja layar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba menghapus cache dan data aplikasi yang bermasalah. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Apps” atau “Aplikasi & Pemberitahuan”.
  3. Cari aplikasi yang bermasalah dan pilih aplikasi tersebut.
  4. Pilih opsi “Storage” atau “Penyimpanan”.
  5. Pilih “Clear Cache” atau “Hapus Cache” untuk menghapus cache aplikasi, dan pilih “Clear Data” atau “Hapus Data” untuk menghapus data aplikasi.
  6. Konfirmasi penghapusan cache dan data aplikasi.
  7. Setelah selesai, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

Jika masalah layar Android yang tidak merespon masih persisten, Anda dapat mencoba langkah selanjutnya.

4. Update Sistem Operasi Android Anda

Kadang-kadang, masalah layar Android yang tidak merespon dapat terjadi karena ada bug atau masalah di sistem operasi Android yang Anda gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu mengupdate sistem operasi Android Anda ke versi terbaru yang tersedia. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih “About Phone” atau “Tentang Ponsel”.
  3. Pilih opsi “Software Update” atau “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  4. Jika ada pembaruan yang tersedia, pilih “Download” atau “Unduh” untuk mengunduh pembaruan tersebut.
  5. Setelah pembaruan selesai diunduh, pilih “Install” atau “Pasang” untuk menginstal pembaruan tersebut.
  6. Tunggu proses instalasi selesai dan perangkat Anda akan restart.

Setelah sistem operasi Android Anda diperbarui, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

5. Cek Pengaturan Touchscreen

Pengaturan touchscreen pada perangkat Android Anda juga bisa menjadi penyebab masalah layar yang tidak merespon. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa pengaturan touchscreen Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Display” atau “Tampilan”.
  3. Pilih “Advanced” atau “Lanjutan”.
  4. Pilih “Touchscreen” atau “Layar Sentuh”.
  5. Periksa pengaturan seperti “Touch Sensitivity” atau “Sensitivitas Sentuhan” dan pastikan pengaturan tersebut sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga bisa mencoba mengatur ulang pengaturan touchscreen Anda ke pengaturan pabrik.
🔴 BACA JUGA:  Cara Mudah Menghilangkan Kata Sandi dari PDF Pada Google Chrome, Android, iPhone, Windows dan Mac

Setelah memeriksa dan mengatur ulang pengaturan touchscreen Anda, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

6. Matikan Fitur Overlay atau Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi overlay atau aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi pengubah warna layar atau aplikasi yang menambahkan fitur tertentu pada layar Anda juga bisa menjadi penyebab masalah layar yang tidak merespon. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba untuk mematikan aplikasi overlay atau aplikasi pihak ketiga yang mungkin sedang berjalan di perangkat Anda. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Apps” atau “Aplikasi”.
  3. Pilih “App Permissions” atau “Izin Aplikasi”.
  4. Pilih “Overlay Apps” atau “Aplikasi Overlay”.
  5. Matikan atau nonaktifkan izin aplikasi overlay atau aplikasi pihak ketiga yang mungkin sedang berjalan.

Setelah mematikan aplikasi overlay atau aplikasi pihak ketiga, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

7. Cek Aplikasi yang Berpotensi Menyebabkan Konflik

Berbagai aplikasi yang Anda instal di perangkat Android Anda juga bisa menjadi penyebab masalah layar yang tidak merespon. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel satu sama lain dan dapat menyebabkan konflik yang mengakibatkan layar tidak merespon. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba untuk memeriksa aplikasi yang berpotensi menyebabkan konflik dan menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Apps” atau “Aplikasi”.
  3. Pilih “App Manager” atau “Pengelola Aplikasi”.
  4. Periksa aplikasi-aplikasi yang Anda instal dan cari aplikasi yang memiliki fitur yang sama atau saling berhubungan dengan aplikasi yang Anda gunakan ketika layar Android Anda tidak merespon.
  5. Pilih aplikasi yang berpotensi menyebabkan konflik dan pilih “Uninstall” atau “Hapus” untuk menghapus aplikasi tersebut.

Setelah menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang berpotensi menyebabkan konflik, coba gunakan layar Android Anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

8. Gunakan Mode Safe Mode

Mode Safe Mode adalah mode di mana perangkat Android Anda hanya akan menjalankan aplikasi bawaan atau aplikasi sistem, sementara aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan. Dengan menggunakan Mode Safe Mode, Anda dapat mengidentifikasi apakah masalah layar yang tidak merespon disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terinstal di perangkat Anda. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol “Power” pada perangkat Anda.
  2. Pilih opsi “Power Off” atau “Matikan”.
  3. Tekan dan tahan tombol “Power” lagi untuk menghidupkan kembali perangkat Anda.
  4. Segera setelah logo perangkat muncul, tekan dan tahan tombol “Volume Down” hingga perangkat selesai booting.
  5. Perangkat Anda akan masuk ke Mode Safe Mode. Anda akan melihat tulisan “Safe Mode” di bagian bawah layar Anda.
🔴 BACA JUGA:  Cara Membuat Game Android

Coba gunakan layar Android Anda dalam Mode Safe Mode dan periksa apakah masalah layar yang tidak merespon masih ada. Jika tidak, kemungkinan besar masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terinstal di perangkat Anda. Anda dapat mencoba menghapus atau menonaktifkan aplikasi pihak ketiga satu per satu untuk mengidentifikasi aplikasi yang menjadi penyebab masalah.

9. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan pabrik pada perangkat Android Anda. Namun, sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting Anda, karena reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Anda. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Backup & Reset” atau “Cadangkan & Atur Ulang”.
  3. Pilih opsi “Factory Reset” atau “Reset Pabrik”.
  4. Konfirmasi pengaturan ulang pabrik dan tunggu proses selesai.

Setelah pengaturan pabrik selesai, perangkat Android Anda akan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Anda membelinya. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini merupakan langkah yang drastis dan harus dipertimbangkan dengan bijaksana, karena semua data Anda akan dihapus.

Kesimpulan

Menghadapi layar Android yang tidak merespon bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba memperbaikinya. Mulai dari membersihkan layar dan koneksi, mengatur ulang pengaturan tampilan, mengupdate sistem operasi, mematikan aplikasi overlay, memeriksa aplikasi yang berpotensi menyebabkan konflik, menggunakan Mode Safe Mode, hingga melakukan reset pabrik jika diperlukan.

Perlu diingat bahwa setiap langkah harus diikuti dengan hati-hati dan bijaksana, dan pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan langkah-langkah yang dapat menghapus data. Jika masalah layar yang tidak merespon tetap persisten, sebaiknya Anda menghubungi produsen atau layanan pelanggan resmi perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah layar Android yang tidak merespon. Selamat mencoba dan semoga berhasil!