google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

9 Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

Apa itu Situs yang Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android?

Jika Anda mengakses situs web tertentu melalui peramban Chrome di perangkat Android, Anda mungkin pernah mengalami masalah situs tidak dapat dijangkau. Ini adalah situasi ketika peramban Chrome Android tidak dapat memuat halaman situs web yang ingin diakses, dan biasanya ditandai dengan pesan kesalahan seperti “Halaman tidak dapat dimuat” atau “Tidak dapat menjangkau situs web”. Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi, mulai dari masalah jaringan hingga masalah konfigurasi server situs web yang Anda coba akses.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android. Dalam artikel ini, kami akan membagikan sembilan cara yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini.

Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

1. Coba Akses Situs dengan Peramban yang Berbeda

Jika Anda mengalami masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android, cobalah untuk mengakses situs tersebut dengan peramban yang berbeda. Terkadang masalah situs tidak dapat dijangkau terjadi karena masalah dengan peramban tertentu, sehingga mencoba peramban yang berbeda dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini.

Ada banyak peramban yang tersedia untuk perangkat Android, termasuk Firefox, Opera, dan Safari. Cobalah untuk mengakses situs web yang sama dengan peramban yang berbeda untuk melihat apakah masalah masih berlanjut atau tidak.

🔴 BACA JUGA:  Cara Membuat Fanspage Facebook di Android

2. Periksa Koneksi Internet Anda

Seringkali masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android terjadi karena masalah dengan koneksi internet Anda. Pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan memiliki kecepatan yang cukup untuk memuat halaman situs web. Anda dapat mencoba menghidupkan dan mematikan kembali koneksi Wi-Fi atau seluler Anda untuk memperbaiki masalah ini.

Jika masalah situs tidak dapat dijangkau masih berlanjut setelah memeriksa koneksi internet Anda, cobalah untuk menggunakan koneksi internet yang berbeda, seperti hotspot seluler atau Wi-Fi dari jaringan yang berbeda.

3. Perbarui Aplikasi Chrome

Jika masalah situs tidak dapat dijangkau terjadi secara konsisten di Chrome Android, cobalah untuk memperbarui aplikasi Chrome Anda. Perbarui aplikasi Chrome Anda ke versi terbaru yang tersedia di Google Play Store untuk memastikan bahwa Anda memiliki versi peramban yang paling mutakhir dan stabil.

Untuk memperbarui aplikasi Chrome, buka Google Play Store di perangkat Android Anda, cari Chrome, dan ketuk tombol “Perbarui”. Setelah perbaruan selesai diinstal, cobalah untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

4. Hapus Cache dan Data Chrome

Cache dan data yang terakumulasi di aplikasi Chrome Anda dapat menjadi penyebab masalah situs tidak dapat dijangkau. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh peramban untuk mempercepat proses memuat halaman web, namun kadang-kadang cache yang rusak atau usang dapat menyebabkan masalah akses situs.

Untuk menghapus cache dan data Chrome, buka Pengaturan di perangkat Android Anda, pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, cari dan pilih Chrome, lalu pilih Penyimpanan. Di sini, Anda dapat memilih opsi Hapus Cache dan Hapus Data untuk membersihkan cache dan data aplikasi Chrome. Setelah itu, coba untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

5. Nonaktifkan Ekstensi atau Add-On di Chrome

Ekstensi atau add-on yang terpasang di aplikasi Chrome Anda juga dapat menjadi penyebab masalah situs tidak dapat dijangkau. Beberapa ekstensi atau add-on mungkin tidak kompatibel atau rusak, yang dapat mengganggu proses memuat halaman web.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Email di Android

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk menonaktifkan sementara ekstensi atau add-on yang terpasang di Chrome Anda. Buka aplikasi Chrome, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih Pengaturan, lalu pilih Ekstensi atau Add-on. Matikan ekstensi atau add-on yang Anda curigai menjadi penyebab masalah, dan coba untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

6. Nonaktifkan Penghemat Data Chrome

Penghemat Data Chrome adalah fitur yang dapat mengkompres data untuk menghemat penggunaan data seluler Anda. Namun, kadang-kadang fitur ini dapat mengganggu akses ke beberapa situs web, yang dapat mengakibatkan masalah situs tidak dapat dijangkau.

Untuk memeriksa apakah Penghemat Data Chrome menjadi penyebab masalah, Anda dapat menonaktifkannya sementara. Buka aplikasi Chrome, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih Pengaturan, lalu pilih Penghemat Data. Matikan opsi Penghemat Data, dan coba untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

7. Periksa URL dan Protokol Situs Web

Kadang-kadang masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android terjadi karena kesalahan dalam URL atau protokol situs web yang Anda coba akses. Pastikan bahwa URL situs web yang Anda masukkan adalah benar dan lengkap, termasuk protokol seperti “http://” atau “https://”. Kesalahan dalam URL atau protokol dapat menyebabkan masalah akses situs.

Jika Anda tidak yakin tentang URL atau protokol situs web yang Anda coba akses, cobalah untuk mengakses situs web tersebut dengan menggunakan browser lain atau perangkat lain. Jika situs web dapat diakses dengan baik di browser atau perangkat lain, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada Chrome Android Anda.

8. Perbarui Aplikasi Chrome

Memiliki versi terbaru dari aplikasi Chrome adalah langkah penting untuk mengatasi masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android. Pembaruan aplikasi Chrome seringkali mengandung perbaikan bug dan masalah keamanan yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Main Game Android di Laptop

Untuk memeriksa apakah ada pembaruan untuk aplikasi Chrome, buka Google Play Store di perangkat Android Anda, cari Chrome di bagian Pembaruan, dan perbarui aplikasi jika tersedia. Setelah itu, coba untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

9. Reset Pengaturan Chrome ke Default

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android, Anda dapat mencoba untuk mereset pengaturan Chrome ke default. Reset pengaturan akan mengembalikan aplikasi Chrome ke konfigurasi awal pabrik, dan dapat menghilangkan setiap pengaturan yang mungkin mengganggu akses ke situs web.

Untuk mereset pengaturan Chrome, buka aplikasi Chrome, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih Lanjutan, pilih Reset & Hapus Data, lalu pilih Reset Pengaturan ke Default. Konfirmasikan reset pengaturan dan tunggu proses selesai. Setelah itu, coba untuk mengakses situs web yang bermasalah lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

Penutup

Demikianlah 9 cara mengatasi situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android yang dapat Anda coba. Masalah akses situs web dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk cache yang rusak, ekstensi atau add-on yang tidak kompatibel, atau pengaturan yang salah di aplikasi Chrome. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dan kembali dapat mengakses situs web dengan normal di Chrome Android Anda.

Apabila setelah mencoba semua langkah di atas masalah masih belum teratasi, disarankan untuk menghubungi tim dukungan teknis Chrome atau mengunjungi forum komunitas pengguna Chrome untuk mencari solusi lebih lanjut. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android. Terima kasih telah membaca!