9 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android

BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas program jaminan sosial bagi para pekerja di Indonesia. Salah satu informasi yang penting untuk diketahui oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah saldo yang dimiliki. Dalam era digital seperti sekarang, memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan mudah melalui HP Android. Artikel ini akan membahas 9 cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android. Simak informasinya di bawah ini!

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Anda dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi resmi BPJSTK Mobile yang dapat diunduh melalui Play Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, Anda perlu melakukan login dengan menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda. Setelah berhasil login, Anda dapat mengecek saldo serta informasi lainnya seperti riwayat pembayaran dan manfaat yang Anda dapatkan.

Aplikasi BPJSTK Mobile juga memberikan fitur notifikasi yang dapat mengingatkan Anda tentang pembayaran iuran dan informasi penting lainnya. Aplikasi ini sangat praktis dan memudahkan Anda untuk mengakses informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat.

Jadi, pastikan Anda mengunduh dan menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile untuk memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.

2. Mengunjungi Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di HP Android Anda, Anda dapat mengakses informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya cukup sederhana, buka browser di HP Android Anda, kemudian masukkan alamat website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Pada halaman utama website, cari dan pilih opsi “Mitra e-Payment”. Setelah itu, pilih opsi “Cek Saldo”. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan serta kode keamanan yang ditampilkan. Setelah memasukkan informasi tersebut, Anda akan mendapatkan akses untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Meningkatkan Versi Android: Tingkatkan Pengalaman Ponsel Anda

Memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi memungkinkan Anda untuk melakukannya tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil dan aman saat mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

3. Menggunakan Layanan SMS

Jika Anda tidak memiliki akses internet atau tidak ingin repot menggunakan aplikasi atau website, Anda masih dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android melalui layanan SMS. Caranya cukup mudah, buka aplikasi pesan di HP Anda dan buat pesan baru. Kemudian ketikkan format pesan dengan mengetik: BPJSCEK#NomorBPJS.

Contohnya, jika nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda adalah 1234567890, maka ketikkan: BPJSCEK#1234567890. Setelah itu, kirim pesan tersebut ke nomor yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Anda akan menerima balasan SMS yang berisi informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Pastikan nomor yang digunakan untuk mengirim pesan memiliki pulsa yang mencukupi. Meskipun cara ini sederhana, namun tetap efektif untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

4. Melalui Layanan Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda menghadapi kendala dalam menggunakan aplikasi, website, atau layanan SMS, Anda dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan untuk menanyakan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Layanan call center BPJS Ketenagakerjaan tersedia 24 jam dan dapat dihubungi melalui nomor telepon yang disediakan.

Siapkan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dan pastikan Anda siap untuk menjawab pertanyaan keamanan yang akan diajukan oleh petugas call center. Setelah proses verifikasi, Anda dapat langsung menanyakan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dan petugas call center akan memberikan informasinya kepada Anda.

Call center BPJS Ketenagakerjaan merupakan pilihan yang baik jika Anda menghadapi kesulitan dalam menggunakan layanan digital. Pastikan Anda menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda saat berkomunikasi dengan petugas call center.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi resmi BPJSTK Mobile, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android. Aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store dan umumnya gratis digunakan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melacak Nomor WhatsApp di Android

Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, ikuti petunjuk yang diberikan untuk login menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda. Setelah login, Anda dapat langsung mengecek saldo serta informasi lainnya dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga berarti Anda memberikan akses pada pihak ketiga tersebut terkait dengan informasi akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Pastikan Anda memahami risiko dan keamanan penggunaan aplikasi tersebut sebelum menggunakannya. Selalu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi dan pastikan aplikasi yang digunakan memiliki kebijakan privasi yang baik.

6. Memanfaatkan Layanan Virtual Account

Salah satu cara lain untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android adalah dengan memanfaatkan layanan Virtual Account. Beberapa bank di Indonesia menyediakan fitur Virtual Account yang dapat digunakan untuk memeriksa saldo dan melakukan transaksi terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara ini memungkinkan Anda untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi mobile banking atau internet banking dari bank yang Anda gunakan. Anda perlu menghubungkan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan Virtual Account yang disediakan oleh bank tersebut.

Setelah menghubungkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan Virtual Account, Anda dapat dengan mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, melakukan pembayaran iuran, dan mengakses informasi lainnya melalui aplikasi mobile banking atau internet banking yang Anda miliki.

7. Melalui Email

Jika Anda lebih nyaman menerima informasi melalui email, Anda dapat mengatur notifikasi email untuk menerima laporan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda secara rutin. Untuk menggunakan cara ini, pastikan Anda telah mendaftarkan alamat email Anda pada akun BPJS Ketenagakerjaan.

Pastikan juga bahwa alamat email yang Anda gunakan aktif dan dapat diakses. BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan laporan saldo secara berkala ke alamat email yang Anda daftarkan. Dengan demikian, Anda dapat memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan mudah melalui email yang Anda terima.

8. Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Jika Anda sering menggunakan aplikasi dompet digital seperti GoPay, OVO, atau Dana, Anda juga dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi tersebut. Beberapa dompet digital telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan peserta dalam mengakses informasi saldo dan melakukan pembayaran iuran.

🔴 BACA JUGA:  Cara Merubah File JPG ke PDF di Android Tanpa Aplikasi

Anda perlu menghubungkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi dompet digital yang Anda gunakan. Setelah menghubungkannya, Anda dapat langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan serta melakukan pembayaran iuran dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Pastikan aplikasi dompet digital yang Anda gunakan telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan mematuhi standar keamanan yang tinggi.

9. Mengikuti Pelatihan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan sering mengadakan pelatihan atau sosialisasi terkait program-program yang mereka miliki. Dalam pelatihan tersebut, biasanya juga diberikan informasi terkait cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android.

Selama pelatihan, Anda akan diberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan aplikasi resmi BPJSTK Mobile, mengakses website resmi, atau menggunakan layanan lainnya yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang proses dan fitur-fitur yang tersedia untuk mengecek saldo dan mengelola informasi BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, pelatihan juga dapat memberikan informasi tambahan tentang manfaat lain yang Anda dapatkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, seperti jaminan kesehatan dan jaminan hari tua. Hal ini akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang program-program BPJS Ketenagakerjaan dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya dengan baik.

Pastikan untuk terus memantau pengumuman dan informasi dari BPJS Ketenagakerjaan terkait pelatihan atau sosialisasi yang mereka adakan. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda akan menjadi lebih terampil dalam mengelola informasi dan saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android, sehingga memudahkan Anda dalam memantau dan mengatur keuangan Anda terkait jaminan sosial tersebut.

Dalam penutup, mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android merupakan langkah yang penting dalam mengelola keuangan dan jaminan sosial Anda. Dengan memanfaatkan cara-cara yang telah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan, mengakses informasi terkait, dan memastikan kecukupan perlindungan jaminan sosial Anda.