google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

9 Cara Menyimpan File di Google Drive Android

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang populer digunakan oleh pengguna Android untuk menyimpan dan mengakses berbagai jenis file seperti dokumen, foto, video, dan lainnya. Dengan menggunakan Google Drive, pengguna dapat menghemat ruang penyimpanan internal di perangkat Android mereka, serta memudahkan akses file dari berbagai perangkat yang terhubung ke akun Google. Bagi Anda yang ingin tahu cara menyimpan file di Google Drive Android, berikut adalah 9 cara yang bisa Anda coba.

Cara Menyimpan File di Google Drive Android

1. Menggunakan Aplikasi Google Drive

Cara pertama untuk menyimpan file di Google Drive Android adalah dengan menggunakan aplikasi Google Drive itu sendiri. Anda bisa mengunduh aplikasi Google Drive melalui Google Play Store, kemudian masuk dengan akun Google Anda. Setelah masuk, Anda bisa langsung membuat folder baru atau memilih folder yang sudah ada untuk menyimpan file Anda. Setelah itu, Anda bisa mengunggah file dari perangkat Android Anda ke Google Drive dengan mudah.

Selain mengunggah file, Anda juga bisa membuat file baru seperti dokumen, spreadsheet, atau slide presentasi langsung dari aplikasi Google Drive Android. Setelah membuat file baru, Anda bisa menyimpannya langsung di Google Drive sehingga bisa diakses dari perangkat lain yang terhubung ke akun Google Anda.

Selain itu, Google Drive juga menyediakan fitur sinkronisasi, yang memungkinkan Anda untuk mengatur folder atau file tertentu agar secara otomatis disinkronkan antara perangkat Android Anda dengan akun Google Drive Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengakses file dari perangkat lain seperti komputer atau perangkat iOS.

2. Menggunakan Fitur “Save to Drive” pada Aplikasi Lain

Beberapa aplikasi di Android menyediakan fitur “Save to Drive”, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file langsung ke Google Drive tanpa harus membuka aplikasi Google Drive secara terpisah. Misalnya, jika Anda ingin menyimpan foto dari galeri atau dokumen dari aplikasi Office ke Google Drive, Anda bisa menggunakan fitur “Save to Drive” yang biasanya tersedia dalam menu berbagi atau opsi menyimpan file di aplikasi tersebut.

Cara ini sangat praktis dan memudahkan Anda untuk menyimpan file langsung ke Google Drive tanpa harus melalui proses mengunggah file secara manual melalui aplikasi Google Drive. Fitur “Save to Drive” biasanya tersedia pada banyak aplikasi populer seperti Google Photos, Microsoft Office, Adobe Acrobat Reader, dan banyak lagi. Anda bisa mencari fitur ini dalam menu berbagi atau opsi menyimpan file di aplikasi yang Anda gunakan.

Selain itu, fitur “Save to Drive” ini juga bisa membantu menghemat ruang penyimpanan internal di perangkat Android Anda, karena file yang Anda simpan ke Google Drive tidak akan memakan ruang penyimpanan internal perangkat Anda, melainkan akan disimpan di cloud Google Drive. Anda juga dapat mengatur folder atau lokasi penyimpanan file di Google Drive melalui fitur ini, sehingga dapat dengan mudah mengorganisir file Anda dalam folder yang telah ditentukan sebelumnya.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri di Android

3. Menggunakan Fitur “Back up & Sync” di Google Drive

Fitur “Back up & Sync” di Google Drive adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk menyimpan file di Google Drive Android secara otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur folder tertentu di perangkat Android Anda agar secara otomatis disinkronkan ke Google Drive. Dengan demikian, setiap file yang ada di folder tersebut akan langsung terunggah ke Google Drive tanpa harus mengunggah secara manual.

Untuk menggunakan fitur “Back up & Sync”, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, kemudian masuk dengan akun Google Anda. Setelah itu, pilih menu “Setelan” atau “Settings” di aplikasi Google Drive, lalu pilih “Back up & Sync”. Anda dapat mengatur folder mana yang ingin Anda sinkronkan ke Google Drive dengan memilih “Pilih Folder untuk Disinkronkan” atau “Choose Folder to Sync”. Anda juga dapat mengatur opsi lain seperti pengaturan jaringan, pengaturan pencadangan, dan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Setelah Anda mengatur folder yang ingin disinkronkan, setiap kali Anda menambahkan atau mengedit file di folder tersebut, file tersebut akan secara otomatis terunggah ke Google Drive. Fitur “Back up & Sync” sangat berguna jika Anda ingin membuat salinan cadangan file di Google Drive secara otomatis dan menghindari kehilangan data jika terjadi kerusakan atau kehilangan perangkat Android Anda.

4. Menggunakan Fitur “Simpan ke Google Drive” di Google Chrome

Jika Anda sering mengunduh file dari internet menggunakan perangkat Android Anda, fitur “Simpan ke Google Drive” di Google Chrome bisa menjadi pilihan yang sangat praktis untuk menyimpan file langsung ke Google Drive. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file yang diunduh langsung ke Google Drive, tanpa harus terlebih dahulu mengunduh file ke penyimpanan internal perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur “Simpan ke Google Drive”, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, dan telah masuk dengan akun Google Anda di aplikasi tersebut. Kemudian, saat Anda menemukan file yang ingin Anda unduh di Google Chrome, tahan tekan link file tersebut, dan pilih opsi “Simpan ke Google Drive” atau “Save to Drive” yang muncul dalam menu berbagi.

Setelah itu, Anda dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan file tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut. File yang diunduh akan langsung terunggah ke Google Drive tanpa harus mengunduh secara manual ke penyimpanan internal perangkat Anda. Fitur “Simpan ke Google Drive” sangat berguna jika Anda ingin menghemat ruang penyimpanan internal perangkat Anda dan langsung menyimpan file yang diunduh ke Google Drive untuk mengaksesnya nanti dari mana saja melalui akun Google Anda.

5. Menggunakan Fitur “Bagikan” di Google Drive

Selain untuk berbagi file dengan orang lain, fitur “Bagikan” di Google Drive juga dapat digunakan untuk menyimpan file di Google Drive Android. Caranya cukup mudah, Anda tinggal memilih file yang ingin Anda simpan di Google Drive, kemudian klik tombol “Bagikan” atau “Share” yang ada di aplikasi Google Drive atau di menu berbagi di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengirim File dari Android ke iPhone Melalui Bluetooth

Setelah itu, Anda dapat memilih opsi “Simpan di Drive” atau “Save to Drive” yang tersedia dalam menu bagikan. Anda juga dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan file tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut. File yang Anda bagikan akan langsung terunggah ke Google Drive sebagai salinan cadangan, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja melalui akun Google Anda.

Fitur “Bagikan” di Google Drive sangat berguna jika Anda ingin menyimpan file yang sudah Anda bagikan kepada orang lain, atau jika Anda ingin membuat salinan cadangan file yang telah Anda bagikan sebelumnya ke Google Drive agar aman dan terjamin keberadaannya.

6. Menggunakan Fitur “Buka dengan” di Google Drive

Fitur “Buka dengan” di Google Drive juga dapat digunakan untuk menyimpan file di Google Drive Android. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka file yang didukung oleh aplikasi yang terinstal di perangkat Android Anda, dan langsung menyimpan file tersebut ke Google Drive.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal memilih file yang ingin Anda simpan di Google Drive, kemudian klik tombol “Buka dengan” atau “Open with” yang ada di aplikasi Google Drive atau di menu bagikan di perangkat Android Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk membuka file tersebut.

Setelah Anda membuka file dengan aplikasi yang Anda pilih, klik tombol “Simpan di Drive” atau “Save to Drive” yang tersedia dalam menu aplikasi tersebut. Anda juga dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan file tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut. File yang Anda buka dengan aplikasi tersebut akan langsung terunggah ke Google Drive sebagai salinan cadangan, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja melalui akun Google Anda.

7. Menggunakan Fitur “Foto dan Video” di Google Drive

Jika Anda ingin menyimpan foto dan video di Google Drive Android, fitur “Foto dan Video” di Google Drive dapat menjadi pilihan yang sangat praktis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan foto dan video yang telah diambil dengan kamera perangkat Android Anda secara otomatis ke Google Drive, sehingga Anda tidak perlu mengunduh atau memindahkan file secara manual.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, kemudian klik ikon kamera yang ada di bagian bawah kanan layar. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi “Foto” atau “Video” untuk mengambil gambar atau merekam video baru, atau memilih file foto atau video yang sudah ada di galeri perangkat Anda.

Setelah Anda mengambil gambar atau merekam video baru atau memilih file yang sudah ada, Anda dapat memilih opsi “Simpan” atau “Save” untuk menyimpan foto atau video tersebut ke Google Drive. Anda juga dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan foto atau video tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut.

🔴 BACA JUGA:  Cara Menghubungkan HP Android ke TV Tabung dengan Kabel RCA

Foto atau video yang Anda simpan melalui fitur “Foto dan Video” di Google Drive akan langsung terunggah ke Google Drive sebagai salinan cadangan, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja melalui akun Google Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan Google Drive, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan file di Google Drive Android. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan antara lain ES File Explorer, File Manager+, dan banyak lagi.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menginstal aplikasi pihak ketiga yang Anda pilih melalui Google Play Store, kemudian buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih file yang ingin Anda simpan di Google Drive melalui aplikasi pihak ketiga tersebut.

Biasanya, aplikasi pihak ketiga ini memiliki opsi “Simpan di Drive” atau “Save to Drive” yang dapat Anda pilih untuk menyimpan file ke Google Drive. Anda juga dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan file tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut. Setelah itu, file yang Anda pilih akan langsung terunggah ke Google Drive sebagai salinan cadangan.

9. Menggunakan Fitur “Unggah” di Google Drive

Fitur “Unggah” di Google Drive juga dapat digunakan untuk menyimpan file di Google Drive Android. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file yang ada di perangkat Android Anda secara langsung ke Google Drive.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, kemudian klik ikon “Tambah” atau “Add” yang ada di bagian bawah kanan layar. Setelah itu, pilih opsi “Unggah” atau “Upload” dari menu yang muncul.

Anda akan dibawa ke galeri perangkat Anda, di mana Anda dapat memilih file yang ingin Anda unggah ke Google Drive. Setelah itu, file akan diunggah ke Google Drive sebagai salinan cadangan. Anda juga dapat memilih folder di Google Drive tempat Anda ingin menyimpan file tersebut, atau membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut.

Penutup

Itulah 9 cara menyimpan file di Google Drive Android yang dapat Anda coba. Dari menggunakan fitur bawaan Google Drive, seperti “Simpan dari Aplikasi” dan “Foto dan Video”, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga dan fitur “Unggah” di Google Drive, semuanya dapat membantu Anda menyimpan file dengan mudah dan aman di Google Drive.

Penting untuk diingat, selalu pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat mengunggah file ke Google Drive untuk memastikan file terunggah dengan sempurna. Selain itu, pastikan juga untuk mengatur pengaturan privasi dan keamanan akun Google Drive Anda sesuai dengan preferensi Anda untuk menjaga keamanan file Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu cara menyimpan file di Google Drive Android. Dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat mengakses file Anda di mana saja dan kapan saja, serta memiliki salinan cadangan file yang aman dan terjamin. Selamat mencoba dan semoga sukses!