15 Aplikasi Pembukuan Keuangan Terbaik Jadikan Laporan Pencatatan Usaha Lebih Transparan

Banyak orang tidak menganggap uang hanya sebagai uang yang lewat, dan kehadiran teknologi membuat orang semakin boros dan tergiur dengan belanja online.

Belum lagi kebanyakan orang tidak melacak pendapatan dan pengeluaran harian mereka. Akibatnya, mereka tidak menyadari jumlah uang yang telah mereka habiskan.

Bahkan, dengan melacak pemasukan dan pengeluaran, seseorang akan menjadi lebih sadar akan pentingnya menabung dan lebih bijak dalam menganggarkan pengeluaran bulanan. Akibatnya, keputusan keuangan seseorang menjadi lebih bijak.

Ada banyak aplikasi pembukuan keuangan gratis yang tersedia untuk diunduh dan digunakan di ponsel. Selain itu, artikel ini akan membahas aplikasi pembukuan keuangan gratis terbaik untuk iOS dan Android.

Daftar Aplikasi Pembukuan Keuangan Terbaik 2023

1. Akuntansi UKM (Money Manager)

Apakah Anda memerlukan aplikasi laporan keuangan gratis untuk tujuan pribadi dan bisnis? Solusinya adalah SME Accounting (Money Manager). Aplikasi pembukuan ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Akibatnya, bisnis kecil dan besar dapat memperoleh manfaat dari fitur aplikasi. Tidak jarang digunakan sebagai aplikasi keuangan pribadi.
Anda dapat melacak keuangan Anda kapan saja.

Selain itu, dapat digunakan secara offline, yang menghilangkan kebutuhan akan akses internet.

2. QuickBooks

QuickBooks adalah aplikasi pembukuan keuangan berfitur lengkap yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Ada berbagai jenis laporan yang tersedia, seperti laporan laba rugi, penjualan, neraca, dana pembelian, dan sebagainya.

Anda juga dapat mengkategorikan setiap transaksi. Tentunya hal ini membuat perhitungan dana untung rugi menjadi lebih mudah.

Anda juga dapat menyertakan foto di setiap rekaman. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai bukti transaksi.

Yang harus Anda lakukan adalah menyimpan tanda terima belanja, catatan, atau tanda terima di samping catatan pengeluaran Anda.

3. Wallet

Wallet adalah aplikasi pembukuan keuangan yang tersedia untuk iOS dan Android. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi ada beberapa fitur berbayar. Meskipun demikian, fitur gratis dalam aplikasi ini cukup memadai.

Pengguna dapat memasukkan setiap pembelian harian ke dalam aplikasi Wallet dan mengkategorikannya. Misalnya, makan, membayar tagihan, berbelanja, dan bahkan kegiatan kecil seperti nongkrong di kafe atau membayar parkir.

🔴 BACA JUGA:  10 Aplikasi Terbaik untuk Bermain Game Poki di Smartphone

Aplikasi laporan keuangan Wallet menghasilkan grafik terperinci tentang keuangan pengguna pada akhir setiap bulan, yang dapat dianalisis.

Selain itu, dompet dapat ditautkan ke rekening bank dan dompet digital, sehingga sangat mudah bagi pengguna untuk melacak keuangan mereka.

4. Finansialku

aplikasi pembukuan keuangan gratis Finansialku adalah cara yang tepat

Jika Anda sudah memiliki tujuan keuangan dalam pikiran, seperti membeli rumah, kendaraan, menunaikan ibadah umrah atau haji, dan lain sebagainya, aplikasi pembukuan keuangan gratis Finansialku adalah cara yang tepat. Aplikasi ini dapat melacak proses menabung sehingga tujuan keuangan dapat terpenuhi.

Ini juga sangat mudah digunakan. Cukup memasukkan nominal tabungan yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan, serta setiap jumlah yang ditabung. Selanjutnya, aplikasi Finansialku dapat digunakan untuk melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran.

Aplikasi pembukuan keuangan gratis seperti ini tentunya dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan dan menabung sehingga impian Anda untuk memiliki rumah bisa segera terwujud.

5. Money Lover

Money Lover, seperti Wallet, adalah aplikasi pembukuan keuangan yang memungkinkan Anda mencatat pengeluaran berdasarkan kategori. Berbelanja, makan di luar, membayar tagihan, menabung, dan kegiatan lainnya adalah contohnya.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk menentukan pengeluaran mana yang paling penting untuk kesehatan keuangan di masa depan.

Money Lover adalah aplikasi laporan keuangan gratis yang populer di Indonesia. Aplikasi ini, selain menjadi aplikasi keuangan pribadi paling populer di dunia, dapat membantu Anda dalam memproses catatan keuangan bisnis.

Money Lover dapat menampilkan grafik berdasarkan perhitungan keuangan Anda. Selain itu, berbagai kategori yang tersedia menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kategori secara manual.

Money Lover akan melacak pengeluaran Anda, menunjukkan tabungan Anda, mencatat tagihan bulanan Anda, dan memberi tahu Anda tentang batas tagihan.

6. Monefy

Monefy adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis lainnya

Monefy adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis lainnya bagi mereka yang memiliki keluarga atau sudah memiliki pasangan.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi ini menyertakan fitur untuk menyinkronkan akun, memungkinkan pengguna untuk bekerja sama. Pengguna kemudian dapat melacak pengeluaran anggota keluarga lainnya secara real time.

Aplikasi Monefy tersedia secara gratis di iOS dan Android, dengan fitur terbatas. Meskipun demikian, fitur gratis ini mampu dan bermanfaat bagi penggunanya.

7. Teman Bisnis

Jika Anda memiliki bisnis atau perusahaan, aplikasi pembukuan keuangan Teman Bisnis sangat ideal. Pengusaha, baik kecil maupun menengah, dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak semua transaksi, seperti pemasukan dan pengeluaran, dari berbagai sumber yang telah diklasifikasikan.

🔴 BACA JUGA:  7 Aplikasi Hijab Foto Editor Terbaik, Lebih Cantik dan Kreatif Dalam Berhijab

Setiap bulannya, aplikasi Teman Bisnis juga akan membuat laporan keuangan perusahaan. Mulai dari laba rugi, utang, piutang, dan arus kas.

8. Google Sheet

Jika Anda terbiasa menggunakan Google untuk tugas sehari-hari, menggunakan Google Spreadsheet untuk pelacakan keuangan adalah ide yang bagus.
Pengguna dapat menggunakan templat catatan keuangan yang sudah ada sebelumnya atau membuatnya sendiri.

Tak hanya itu, Google Spreadsheet menyertakan sejumlah rumus untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Agar lebih menarik, Google Sheet menawarkan berbagai grafik untuk menggambarkan keadaan laporan keuangan pengguna.

9. Buku Warung

Buku Warung adalah aplikasi keuangan yang dapat digunakan untuk transaksi pribadi dan bisnis. Aplikasi ini mencakup banyak fitur standar yang dapat membantu pengguna mengelola dan memantau aliran keuangan mereka.

Misalnya, fitur Catat Utang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencatat dan menemukan hutang siapa pun yang belum dibayar.

Cukup klik nama riwayat utang apa pun hingga sisa tunggakan muncul. Pengguna juga dapat mengirim pesan SMS pengingat utang gratis kepada mereka yang berhutang uang.

Manfaat lainnya adalah aplikasi Warung Book menyimpan data secara online. Dengan begitu, meskipun Anda berpindah perangkat, data tidak akan hilang.

10. Catatan Keuangan Harian

Asyncbyte Software membuat aplikasi Catatan Keuangan Harian. Aplikasi ini memberikan kemudahan gratis dalam pencatatan laporan keuangan bulanan bagi penggunanya.

Tidak hanya itu, tampilannya yang sangat sederhana membuatnya sangat mudah digunakan oleh penggunanya, meskipun mengandung banyak fitur yang sangat berguna dalam pengelolaan keuangan.

Dari mencatat pengeluaran dan pendapatan hingga menghitung perbedaan dan menghasilkan laporan bulanan. Pengguna juga dapat mengunduh laporan bulanan dalam format teks, xls, dan pdf.

11. Spendee

Spendee adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis lainnya yang patut dicoba untuk melacak pengeluaran sehari-hari. Aplikasi ini dapat ditautkan ke rekening bank untuk mengurangi kesalahan dan lupa menginput transaksi yang dilakukan, selain mencatat pengeluaran dan pendapatan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini dapat membuat rencana anggaran bulanan. Jika pengguna melebihi anggaran yang dianggarkan dalam jangka waktu tertentu, aplikasi akan memberi tahu pengguna sehingga mereka dapat mengendalikan diri dan arus kas tidak menjadi negatif.
Spendee juga mendukung berbagai mata uang, sehingga ideal untuk digunakan saat bepergian ke luar negeri.

12. Aplikasi Pembukuan Keuangan Household

Aplikasi Pembukuan Keuangan Household

Buku rekening rumah tangga adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis lainnya. Buku rekening rumah tangga, berbeda dengan aplikasi pembukuan keuangan pada umumnya, memiliki tampilan yang cukup imut dan menggemaskan. Aplikasi ini mencakup pencatat pendapatan dan pengeluaran dengan berbagai kategori dan grafik yang berbeda.

🔴 BACA JUGA:  Link Download Aplikasi CuteU 2023 (Aplikasi Video Call Gratis Terbaik)

Ketika pengguna memasukkan pendapatan dan pengeluaran mereka ke dalam aplikasi, sebuah cerita khusus tentang dua karakter mereka, kelinci dan ayam yang lucu, muncul. Ini tidak diragukan lagi akan meningkatkan keinginan dan ketekunan pengguna dalam mencatat keuangan mereka.

13. Sage One

Sage One adalah aplikasi pembukuan gratis yang dikembangkan oleh Sage di Newcastle, Inggris. Platform manajemennya berbasis cloud. Alhasil, Anda bisa mengintegrasikan keuangan seperlunya.

Sage One akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis tanpa memerlukan pemahaman akuntansi yang terperinci.

Sage One memiliki banyak fitur unggulan, seperti manajemen kas keuangan, membuat dan mengirim faktur, menerima pembayaran, mengelola penggajian, akses mudah di semua perangkat, integrasi dengan aplikasi keuangan lain seperti Zync, pembayaran pajak, dan kemampuan untuk berbagi di perangkat lain.

14. FreshBooks

Freshbooks adalah aplikasi pembukuan keuangan yang cocok untuk pengguna cloud. Aplikasi dengan ikon daun ini dirancang khusus untuk integrasi cloud.

Freshbooks tidak hanya menyediakan fitur pencatatan pendapatan dan keuangan, tetapi juga menyediakan layanan pelacakan pendapatan otomatis, faktur, pelacakan waktu, laporan, faktur pajak, dan alarm pengingat pembayaran.

Freshbook lebih dari sekadar aplikasi pembukuan; software buatan Amerika ini juga dapat membantu Anda mengelola keuangan dari sumber pendapatan lain. Mencatat pendapatan freelancer, pengusaha, karyawan, dan usaha sampingan lainnya, misalnya.

15. Expense Manager

Expense Manager adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis

Expense Manager adalah aplikasi pembukuan keuangan gratis terakhir. Tidak seperti aplikasi keuangan lain yang memerlukan coba-coba, Expense Manager sepenuhnya gratis untuk digunakan dan tidak memerlukan langganan.

Melacak pendapatan, pengeluaran berdasarkan kategori, melacak pajak, jumlah tagihan dan hutang, kartu kredit, menyimpan foto, dan mengintegrasikan dengan SMS Banking adalah beberapa fitur yang tersedia.

Selanjutnya, Expense Manager dapat digunakan sebagai aplikasi keuangan Excel, dan catatan keuangan dapat diekspor dalam format HTML, PDF, Excel, dan CSV.

Penutup

Itulah yang merangkum daftar 15 rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan terbaik untuk Anda pertimbangkan! Jadi, sebelum Anda menggunakannya, silakan putuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Masing-masing aplikasi yang disebutkan di atas memiliki serangkaian kelebihan, kekurangan, skala penggunaan, dan fitur uniknya sendiri.

Anda dapat mengikuti berita terbaru kami di Google News.