Mengenal Aplikasi Zoom Untuk Laptop: Cara Download dan Instal!

Kemajuan teknologi memudahkan setiap orang untuk terlibat dalam berbagai aktivitas digital. Salah satunya adalah aplikasi Zoom yang banyak digunakan untuk belajar dan bekerja dari rumah.

Aplikasi Zoom dapat diinstal pada laptop maupun ponsel. Sebelum menginstal, perlu dipahami cara mudah mengdownload Zoom di laptop.

Zoom awalnya hanya digunakan di dunia bisnis, namun setelah pandemi melanda dunia, tiba-tiba digunakan di mana-mana. Popularitas Zoom tidak berkurang meskipun ada beberapa masalah keamanan yang mengkhawatirkan, seperti Zoombombing.

Aplikasi zoom untuk laptop adalah program yang memungkinkan Anda berkomunikasi dari jarak jauh melalui video, audio, atau keduanya. Zoom kini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk remote working, edukasi, bisnis, dan obrolan santai dengan teman dekat.

Kemudahan akses dan penggunaan aplikasi Zoom untuk laptop menjadi primadona pengguna digital saat ini. Selanjutnya karena pandeminya sebagian besar kegiatan harus dilakukan secara online. Aplikasi Zoom untuk Laptop sering digunakan untuk rapat, pembelajaran online, seminar, lokakarya, dan acara lainnya.

Fitur komprehensif aplikasi Zoom, seperti panggilan video, interaksi pengguna, dan presentasi, membuat semua aktivitas online terasa lebih mudah dikelola. Anda dapat mengdownload aplikasi Zoom untuk laptop agar lebih nyaman. Selain itu, mengdownload Zoom di laptop itu sederhana dan gratis.

Cukup mudah untuk mempelajari cara mengdownload dan menginstal Zoom di laptop. Pengguna hanya perlu memastikan bahwa internet pada laptop sudah dihidupkan.

Alhasil, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mudah download aplikasi Zoom untuk laptop, serta cara install Zoom. Informasi lebih lanjut tentang cara mengdownload aplikasi Zoom di laptop ini telah dihimpun dari berbagai sumber.

Mengenal Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Mengenal Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Aplikasi Zoom sekarang digunakan untuk hampir setiap aktivitas jarak jauh. Zoom dapat digunakan untuk komunikasi, interaksi, pertukaran informasi, presentasi, rapat, pembelajaran, dan workshop.

🔴 BACA JUGA:  8 Ragam Aplikasi Resep Masakan Populer Terlengkap dan Simple Dilakukan

Zoom digunakan untuk mendukung aktivitas berbagai bidang. Aplikasi zoom untuk laptop sering digunakan untuk komunikasi tatap muka jarak jauh di bidang pendidikan, bisnis, komunitas, dan pemerintahan.

Jumlah peserta tidak terbatas, terutama dengan Zoom, dan jangkauannya bahkan lebih luas. Akibatnya, situasi pandemi saat ini seakan mengubah tatanan atau kebiasaan masyarakat, termasuk penggunaan media digital.

Zoom didirikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, menurut sejarah singkatnya. Setelah idenya ditolak oleh perusahaan tempat dia bekerja dan dia memutuskan untuk pergi, dia menyusun rencana untuk membuat Zoom baru. Terlepas dari sejarahnya, Zoom membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk berinteraksi tatap muka.

Di mana pengguna cukup menyediakan koneksi internet yang stabil. Selanjutnya, Zoom dapat diakses melalui jaringan Wifi, 5G, 4G/LTE, bahkan 3G. Ini hanyalah salah satu dari banyak manfaat menggunakan Zoom sebagai alat komunikasi online.

Cara Download Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Zoom versi dasar gratis dapat digunakan tanpa batas waktu untuk rapat satu lawan satu, sedangkan rapat kelompok memiliki batas waktu 40 menit dan jumlah peserta maksimum 100. Batas waktu ini dapat dihindari dengan mengakhiri panggilan video dan segera memulai sesi baru.

Versi dasar Zoom dapat ditingkatkan untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan komunikasi. Zoom Pro adalah salah satu paket peningkatan Zoom.

Jumlah maksimum peserta tetap 100, tetapi rapat diperpanjang hingga 30 jam dan setiap peserta diberikan ID pribadi untuk rapat mendatang. Rekaman rapat memiliki kapasitas penyimpanan 1 GB di cloud.

Ada juga Zoom Business yang dapat melayani group meeting hingga 300 peserta, dan Zoom Enterprise yang dapat melayani group meeting hingga 500 peserta dan memiliki kapasitas penyimpanan cloud yang tidak terbatas. Download Zoom terbaru dan gratis untuk PC Windows dari tautan yang disediakan di bawah ini.

🔴 BACA JUGA:  15 Rekomendasi Terbaik Untuk Aplikasi Menghilangkan Watermark dengan Mudah!

Penting juga untuk memahami cara mengdownload Zoom di laptop setelah mempelajari cara mendaftar Zoom. Karena aplikasi Zoom memudahkan untuk menikmatinya dengan segala fiturnya.

Anda dapat mengdownload Zoom di laptop Anda selain ponsel cerdas Anda. Juga sangat mudah untuk mengdownload Zoom di laptop.

Berikut tutorial cara install Zoom di laptop.

  • Pertama, buka Google Chrome atau browser internet lainnya.
  • Selanjutnya, klik link https://zoom.us/download.
  • Masuk ke bagian Zoom Client for Meetings dan download dari link yang disediakan.
  • Kemudian, untuk menyimpan downloadan, klik Simpan.
  • Zoom akan disimpan di folder download laptop anda jika berhasil didownload.

PASANG APLIKASI

Cara Instal Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Anda harus menginstal Zoom setelah mempelajari cara mengdownloadnya di laptop. Karena menginstal Zoom membuatnya lebih mudah untuk menggunakan aplikasi Zoom di laptop. Anda juga bisa memanfaatkan fitur menarik lainnya yang tersedia di aplikasi Zoom. Instalasi Zoom juga sangat sederhana.

Anda dapat mempelajari cara menginstal Zoom di laptop dengan membaca ulasan di bawah ini.

  • Arahkan ke folder downloadan Zoom di laptop Anda.
  • Terakhir, klik dua kali untuk menginstalnya.
  • Selanjutnya, tekan tombol Run.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Zoom berhasil terinstal di laptop anda.

Cara Daftar Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Pendaftaran aplikasi Zoom untuk laptop sederhana. Pengguna dapat dengan mudah membuat alamat email dengan mengunjungi situs web Zoom. Jangan khawatir dengan biayanya karena pendaftaran Zoom gratis. Prosedur pendaftaran Zoom adalah sebagai berikut.

  • Untuk memulai, navigasikan ke situs web Zoom di zoom.us.
  • Selanjutnya, klik Sign Up dan masukkan tanggal lahir, bulan, dan tahun.
  • Kemudian lanjutkan.
  • Masukkan alamat email anda, lalu konfirmasi melalui email.
  • Selanjutnya, pilih Akun Aktif.
  • Jendela baru akan terbuka untuk memungkinkan Anda membuat kata sandi.
  • Akun Zoom Anda sekarang telah berhasil didaftarkan.
🔴 BACA JUGA:  Aplikasi Foto Pengantin Nuansa Korea Banyak Fitur, Edit Foto Pernikahan Jadi Lebih Mudah

Beragam Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Beragam Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Setelah berhasil menginstal, Anda dapat menggunakan Zoom untuk mengakses berbagai fitur. Fitur-fitur aplikasi Zoom untuk laptop dirinci dalam ulasan di bawah ini. Berikut adalah ikhtisar fitur Zoom.

1. Background Virtual

Tidak perlu membersihkan ruangan untuk berpartisipasi dalam rapat kelompok karena Zoom memiliki fitur yang memungkinkan Anda memasang gambar sebagai latar belakang video.

Anda dapat menyisipkan gambar apa pun, tetapi cobalah untuk memilih salah satu yang tidak akan mengganggu kenyamanan lawan bicara atau peserta rapat grup lainnya.

2. Screen Sharing

Anda dan setiap peserta bisa memperlihatkan layar Anda kepada peserta rapat lainnya. Dalam rapat untuk membahas strategi pemasaran, misalnya, Anda bisa menunjukkan dokumen yang berisi hasil survei lapangan, laporan keuangan, atau gambar yang menampilkan grafik tren pasar untuk produk tertentu.

3. Management Group Meeting

Zoom memudahkan pengaturan rapat grup dengan menyediakan fitur-fitur seperti mengunci rapat agar yang terlambat tidak bisa masuk, mematikan suara peserta, mematikan fitur seperti anotasi dan screen sharing, memblokir obrolan pribadi, mengizinkan atau memblokir rekaman oleh peserta, memblokir transfer file antar peserta, dan lain sebagainya.

4. Konfigurasi Tata Letak Video

Saat peserta akan berbicara untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat mengaktifkan opsi Tampilan Pembicara Aktif untuk menampilkan pembicara di jendela besar.

Mode Tampilan Galeri tersedia untuk menampilkan semua peserta sebagai thumbnail. Mode ini memungkinkan hingga 49 peserta ditampilkan pada satu halaman.

Jika lebih dari 49 orang menghadiri pertemuan kelompok, orang lain ditampilkan di halaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Urutan thumbnail video dapat diubah dengan tangan.

Penutup

Itulah cara mengdownload Zoom di laptop dan menginstalnya secara gratis. Beberapa informasi yang disajikan di atas dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari Zoom.