Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

admin

0 Comment

Link

Pernahkah Anda ingin mendengarkan musik di YouTube sambil menjelajahi aplikasi lain di ponsel Android Anda? Buka YouTube tanpa harus terus-menerus mengganti aplikasi? Nah, dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik tentang cara membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Pentingnya Multi-Tasking di Ponsel Android

Banyak pengguna ponsel Android saat ini menginginkan kemampuan untuk melakukan multi-tasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna, terutama ketika sedang mendengarkan musik atau menonton video di YouTube.

Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mendengarkan musik favorit di YouTube sambil menjelajahi media sosial atau membaca berita di aplikasi lain. Sayangnya, YouTube secara default tidak mendukung fitur ini, dan ketika Anda keluar dari aplikasi, video atau musik akan berhenti. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini tanpa menginstal aplikasi tambahan. Mari kita lihat beberapa metode yang bisa Anda coba.

Metode 1: Menggunakan Mode Picture-in-Picture

Salah satu metode yang bisa Anda gunakan untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan mode Picture-in-Picture (PiP). Mode ini memungkinkan Anda menjalankan video di jendela kecil yang dapat diatur dan diposisikan di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Pertama, pastikan perangkat Android Anda menjalankan versi Android 8.0 Oreo atau yang lebih baru. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Android Anda.
  2. Pilih video yang ingin Anda tonton.
  3. Tekan tombol beranda atau tombol utama pada perangkat Anda untuk keluar dari aplikasi YouTube. Video akan berhenti dan muncul sebagai jendela kecil.
  4. Anda dapat menyeret dan memposisikan jendela kecil tersebut di layar sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Buka aplikasi lain yang ingin Anda gunakan.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  12 Cara Menggunakan InShot di Android untuk Menghasilkan Video yang Menarik

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menikmati video YouTube dalam mode PiP sambil membuka dan menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Metode 2: Menggunakan Mode Split Screen

Metode kedua yang bisa Anda coba adalah menggunakan mode Split Screen atau tampilan layar terbagi. Fitur ini memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam tampilan layar terbagi. Anda dapat mengatur ukuran aplikasi yang ditampilkan sesuai keinginan Anda.

Untuk menggunakan mode Split Screen, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Android Anda.
  2. Tahan tombol multitasking atau tombol recent apps pada perangkat Anda. Biasanya, tombol ini terletak di sebelah kanan atau kiri tombol beranda.
  3. Aplikasi YouTube akan berpindah ke salah satu bagian layar, dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang terbuka di bagian lainnya.
  4. Pilih aplikasi lain yang ingin Anda buka dan tampilkan di bagian lain layar.
  5. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi aplikasi yang ditampilkan dengan menyeret garis pemisah antara kedua aplikasi.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menjalankan YouTube dan aplikasi lain secara bersamaan dalam tampilan layar terbagi, sehingga Anda dapat menonton video sambil menggunakan aplikasi lain.

Metode 3: Menggunakan Browser Eksternal

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi YouTube resmi, Anda juga dapat menggunakan browser eksternal untuk membuka YouTube dan menjalankannya sambil membuka aplikasi lain. Beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera memiliki fitur untuk menjalankan video dalam jendela terpisah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan browser eksternal:

  1. Buka browser eksternal yang terinstal di ponsel Android Anda.
  2. Ketikkan “youtube.com” di bilah alamat browser dan tekan Enter.
  3. Situs YouTube akan dimuat di browser eksternal.
  4. Cari video yang ingin Anda tonton dan putar video tersebut.
  5. Anda akan melihat opsi untuk memainkan video dalam jendela terpisah. Ketuk opsi tersebut.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Jendela terpisah akan muncul, dan Anda dapat menempatkannya di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan. Dengan cara ini, Anda dapat membuka YouTube dan aplikasi lain secara bersamaan di perangkat Android Anda.

Pengaturan Tambahan di Aplikasi YouTube

Selain metode-metode di atas, ada beberapa pengaturan tambahan yang bisa Anda coba di aplikasi YouTube untuk memaksimalkan pengalaman multi-tasking Anda.

1. Autoplay: Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur autoplay di aplikasi YouTube. Dengan fitur ini, video akan secara otomatis diputar berikutnya setelah video yang sedang Anda tonton selesai. Jika Anda ingin menjaga video tetap diputar saat membuka aplikasi lain, pastikan fitur autoplay tidak aktif.

2. Background Play: Jika Anda merupakan pengguna YouTube Premium, Anda dapat memanfaatkan fitur Background Play yang memungkinkan Anda mendengarkan audio dari video YouTube secara latar belakang saat membuka aplikasi lain atau layar perangkat Anda terkunci. Ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik di YouTube seperti layaknya streaming musik.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membagikan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Anda dapat menggunakan mode Picture-in-Picture, mode Split Screen, atau menggunakan browser eksternal dengan fitur jendela terpisah. Selain itu, kami juga memberikan beberapa pengaturan tambahan di aplikasi YouTube yang dapat meningkatkan pengalaman multi-tasking Anda.

Sekarang, Anda dapat menikmati musik atau video di YouTube sambil menjelajahi aplikasi lain, membaca berita, atau menggunakan media sosial tanpa harus terus-menerus beralih antar aplikasi. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan ponsel Android Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menjalankan multi-tasking di perangkat Android Anda. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman yang lebih baik saat menggunakan YouTube dan aplikasi lain secara bersamaan!

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Kompres Video di Android

Share:

Related Post