google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Cek Password WiFi di Android

Seiring dengan perkembangan teknologi, koneksi internet menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Salah satu cara yang umum digunakan untuk mengakses internet adalah melalui jaringan WiFi. Namun, terkadang kita lupa password WiFi yang telah kita gunakan sebelumnya. Nah, jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda beruntung karena Anda dapat dengan mudah mengecek password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Artikel ini akan membahas cara-cara untuk melakukan hal tersebut.

Cara Cek Password WiFi di Android

1. Menggunakan Pengaturan WiFi

Langkah pertama adalah membuka pengaturan WiFi di perangkat Android Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu cari opsi “WiFi” atau “Koneksi Nirkabel dan Jaringan”. Setelah Anda masuk ke pengaturan WiFi, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang tersedia.

Setelah Anda memilih jaringan WiFi yang ingin Anda cek passwordnya, tahan jaringan tersebut hingga muncul beberapa opsi. Pilih opsi “Ubah Jaringan” atau “Jaringan Terkait” tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Kemudian, centang kotak “Tampilkan Kata Sandi” atau “Tampilkan Password” dan kata sandi WiFi akan ditampilkan.

Dengan menggunakan langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengecek password WiFi di perangkat Android Anda tanpa perlu aplikasi tambahan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin repot mengutak-atik pengaturan perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek password WiFi. Di Google Play Store, terdapat beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

Salah satu aplikasi yang populer adalah “WiFi Password Show” yang memungkinkan Anda menampilkan password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang tersimpan. Pilih jaringan yang ingin Anda cek passwordnya, dan password WiFi akan ditampilkan di layar.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus di Android

Anda juga dapat mencoba aplikasi lain seperti “WiFi Key Recovery” atau “WiFi Password Viewer” yang memiliki fitur serupa untuk mengecek password WiFi di perangkat Android Anda.

3. Melalui Router WiFi

Jika Anda memiliki akses ke router WiFi yang Anda gunakan, Anda juga dapat mengecek password WiFi melalui pengaturan router tersebut. Caranya bervariasi tergantung pada merek dan model router yang Anda gunakan.

Pertama, pastikan perangkat Android Anda terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda cek passwordnya. Kemudian, buka browser di perangkat Anda dan ketik alamat IP default dari router WiFi Anda di bilah alamat. Umumnya, alamat IP default adalah “192.168.1.1” atau “192.168.0.1”.

Setelah Anda memasukkan alamat IP default router WiFi Anda, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan router. Anda mungkin perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke halaman ini. Jika Anda belum pernah mengubah pengaturan tersebut sebelumnya, coba gunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi default yang umumnya tercantum pada label router Anda atau dalam petunjuk pengguna router.

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman pengaturan router, cari opsi yang berkaitan dengan jaringan WiFi atau pengaturan nirkabel. Biasanya, ada tab atau menu yang berhubungan dengan pengaturan jaringan atau WiFi di halaman pengaturan router.

Di dalam pengaturan jaringan WiFi, Anda harus dapat menemukan opsi yang menampilkan daftar jaringan WiFi yang tersedia dan password yang digunakan untuk masing-masing jaringan. Cari jaringan WiFi yang ingin Anda cek passwordnya, dan password WiFi akan ditampilkan di sebelahnya.

Penting untuk diingat bahwa mengakses pengaturan router memerlukan akses yang sah ke router tersebut. Jadi, jika Anda tidak memiliki akses atau izin untuk mengubah pengaturan router, sebaiknya Anda tidak mencoba metode ini.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi "System Telah Berhenti" di Android

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek password WiFi di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan pengaturan WiFi bawaan, aplikasi pihak ketiga, atau mengakses pengaturan router WiFi Anda untuk menemukan password WiFi yang tersimpan.

Ingatlah untuk menggunakan pengetahuan ini dengan bertanggung jawab dan hanya untuk tujuan yang sah. Jangan mencoba mengakses jaringan WiFi orang lain tanpa izin mereka. Selalu perhatikan kebijakan privasi dan hukum yang berlaku di wilayah Anda.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dengan mengetahui cara mengecek password WiFi di perangkat Android, Anda dapat dengan mudah mengelola koneksi internet Anda dan tetap terhubung dengan lancar. Selamat mencoba!