Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Apa itu Aplikasi Bawaan Android?

Sebagian besar ponsel Android yang ada di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau pre-installed apps. Aplikasi bawaan ini merupakan aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Android sejak awal oleh produsen ponsel, seperti Google, Samsung, Xiaomi, dan lainnya. Contoh dari aplikasi bawaan adalah YouTube, Google Maps, Gmail, dan lain-lain.

Meskipun aplikasi bawaan ini dapat menjadi berguna bagi sebagian pengguna, namun tidak semua pengguna ingin menggunakannya. Beberapa alasan menghapus aplikasi bawaan di Android antara lain untuk menghemat ruang penyimpanan, meningkatkan performa perangkat, atau menghindari penggunaan data yang tidak diinginkan. Jika Anda juga ingin menghapus aplikasi bawaan di Android, berikut adalah  cara yang dapat Anda coba.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

1. Menggunakan Pengaturan (Settings)

Cara pertama untuk menghapus aplikasi bawaan di Android adalah melalui pengaturan atau settings. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan (settings) di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Apps” atau “Aplikasi & notifikasi” (tergantung pada versi Android yang Anda gunakan).
  3. Cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  4. Pilih “Uninstall” atau “Hapus” (tergantung pada pilihan yang tersedia di perangkat Anda).
  5. Konfirmasi penghapusan aplikasi bawaan.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi bawaan yang Anda pilih akan dihapus dari perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus, tergantung pada perangkat dan versi Android yang Anda gunakan. Beberapa aplikasi bawaan mungkin merupakan aplikasi sistem yang diperlukan untuk operasi perangkat, dan menghapusnya dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pengelola Aplikasi (App Manager)

Selain melalui pengaturan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengelola aplikasi (app manager) untuk menghapus aplikasi bawaan di Android. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi pengelola aplikasi dari Google Play Store, seperti “Package Disabler” atau “App Inspector”.
  2. Buka aplikasi pengelola aplikasi yang telah Anda pasang.
  3. Cari dan temukan aplikasi bawaan yang ingin dihapus dalam daftar aplikasi yang ditampilkan.
  4. Pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  5. Pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus” dalam aplikasi pengelola aplikasi tersebut.
  6. Konfirmasi penghapusan aplikasi bawaan.
🔴 BACA JUGA:  11 Cara Membuat Pengingat di Kalender Android

Dengan menggunakan aplikasi pengelola aplikasi, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang mungkin tidak dapat dihapus melalui pengaturan bawaan Android. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pengelola aplikasi memerlukan izin akses ke sistem, sehingga berhati-hatilah dalam memilih aplikasi pengelola aplikasi yang terpercaya dan aman untuk digunakan.

3. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan di Android

Jika Anda tidak ingin menghapus sepenuhnya aplikasi bawaan di Android, Anda juga memiliki opsi untuk menonaktifkannya. Menonaktifkan aplikasi bawaan akan membuat aplikasi tersebut tidak aktif dan tidak akan mengonsumsi ruang penyimpanan atau sumber daya perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan (settings) di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Apps” atau “Aplikasi & notifikasi” (tergantung pada versi Android yang Anda gunakan).
  3. Cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan.
  4. Pilih opsi “Disable” atau “Menonaktifkan” (tergantung pada pilihan yang tersedia di perangkat Anda).
  5. Konfirmasi menonaktifkan aplikasi bawaan.

Setelah Anda menonaktifkan aplikasi bawaan, aplikasi tersebut tidak akan muncul di layar beranda atau drawer aplikasi, dan tidak akan berjalan di latar belakang. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dinonaktifkan, tergantung pada perangkat dan versi Android yang Anda gunakan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghapus Aplikasi Bawaan

Selain menggunakan pengaturan bawaan Android atau aplikasi pengelola aplikasi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk menghapus aplikasi bawaan di Android. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menghapus aplikasi bawaan antara lain “Root App Deleter” dan “System App Remover”. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan memerlukan akses root pada perangkat Anda, yang dapat mengakibatkan void warranty atau pembatalan garansi perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu Android

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda telah melakukan backup data penting Anda dan memahami risiko yang terkait dengan akses root pada perangkat Android Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa menghapus aplikasi bawaan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga juga dapat mengakibatkan kerusakan sistem atau ketidakstabilan pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan di Android:

  1. Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan di Android.
  2. Buka aplikasi tersebut dan berikan akses root jika diminta.
  3. Cari dan temukan aplikasi bawaan yang ingin dihapus dalam daftar aplikasi yang ditampilkan.
  4. Pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  5. Pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus” dalam aplikasi pihak ketiga tersebut.
  6. Konfirmasi penghapusan aplikasi bawaan.

Setelah proses penghapusan selesai, perangkat Anda mungkin perlu di-restart untuk memastikan perubahan yang diterapkan. Namun, perlu diingat kembali bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan memerlukan akses root pada perangkat Anda, yang dapat berisiko dan membatalkan garansi perangkat Anda. Pastikan untuk memahami risiko dan konsekuensi sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Perhatian dan Pertimbangan Penting

Sebelum Anda menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan di Android, ada beberapa perhatian dan pertimbangan penting yang perlu diingat:

  • Garansi perangkat: Menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan dengan cara yang tidak didukung oleh produsen atau penyedia layanan dapat membatalkan garansi perangkat Anda. Pastikan untuk memahami konsekuensi dan risiko yang terkait dengan tindakan ini.
  • Kompatibilitas sistem: Aplikasi bawaan biasanya terkait erat dengan sistem operasi dan komponen lainnya di perangkat Android. Menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan yang diperlukan untuk sistem operasi atau komponen lain dapat mengakibatkan ketidakstabilan sistem atau kerusakan perangkat Anda.
  • Backup data: Sebelum Anda menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan, pastikan untuk melakukan backup data penting Anda, termasuk kontak, pesan, foto, video, dan data lain yang ingin Anda simpan. Proses penghapusan atau penonaktifan aplikasi bawaan dapat menghapus data yang terkait dengan aplikasi tersebut.
  • Penyusutan sistem: Beberapa aplikasi bawaan mungkin tidak dapat dihapus atau dinonaktifkan karena mereka merupakan bagian integral dari sistem operasi atau komponen lain di perangkat Anda. Menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak seharusnya dapat mengakibatkan kerusakan atau ketidakstabilan sistem.
🔴 BACA JUGA:  Deretan Hp Samsung Terbaru Januari 2023! Review, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Menghapus aplikasi bawaan di Android mungkin bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin mengoptimalkan ruang penyimpanan dan kinerja perangkat mereka. Namun, sebelum melakukannya, penting untuk memahami konsekuensi dan risiko yang terkait, termasuk kemungkinan pembatalan garansi, ketidakstabilan sistem, dan kehilangan data. Sebaiknya Anda melakukan backup data penting sebelum menghapus aplikasi bawaan, dan pastikan langkah-langkah yang diambil sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen atau penyedia layanan.

Selain itu, sebaiknya menggunakan opsi yang didukung secara resmi oleh sistem operasi Android untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan, seperti menggunakan pengaturan bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan aman. Hindari menggunakan metode yang melibatkan akses root atau pengubahan sistem yang kompleks, kecuali Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang risiko dan konsekuensi yang terkait.

Dalam penggunaan aplikasi pihak ketiga, selalu pastikan untuk mengunduh dari sumber yang tepercaya dan aman, serta memperhatikan kompatibilitas perangkat Anda. Selalu ikuti panduan yang diberikan oleh pengembang aplikasi dan pastikan untuk memahami konsekuensi yang mungkin terjadi sebelum menghapus atau menonaktifkan aplikasi bawaan.

Dalam kesimpulan, menghapus aplikasi bawaan di Android bisa menjadi langkah untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan dan kinerja perangkat, namun perlu dilakukan dengan hati-hati dan memahami risiko yang terkait. Pastikan untuk melakukan backup data penting Anda, mengikuti panduan yang diberikan oleh produsen atau penyedia layanan, dan menggunakan opsi yang didukung secara resmi. Dengan demikian, Anda dapat menjaga integritas sistem operasi Android Anda dan memastikan perangkat Anda tetap berfungsi dengan baik.