Penyebab Kinerja dan Performa Komputer Berjalan Sangat Lambat

Penyebab Kinerja dan Performa Komputer Berjalan Sangat Lambat. Saat komputer Anda berjalan lambat, menggunakan aplikasi membuat Anda merasa seperti membuang-buang waktu, energi, dan kesabaran, mendorong batu ke atas.

Aplikasi dan program meningkatkan sumber daya sistem (terutama memori) yang dikonsumsi dengan setiap iterasi baru. Ada beberapa cara untuk membantu memecahkan masalah sebelum membeli komputer baru. Gunakan tips ini untuk membuat sistem Anda berjalan lebih cepat.

Menggunakan hard disk drive (HDD) alih-alih solid state drive (SSD)

Hard disk menggunakan pelat berputar dan kepala magnetik untuk membaca data yang disimpan. Saat Anda menambahkan lebih banyak data ke drive, mekanisme drive harus bekerja lebih keras untuk menemukan data yang dibutuhkan, yang memperlambat pengambilan data. Ada juga banyak bagian kecil yang bergerak yang bisa gagal atau melambat.

Hard disk drive menggunakan memori flash untuk menyimpan data, menghapus bagian yang bergerak, dan mengurangi waktu akses data. SSD biasanya mampu melakukan tugas sehari-hari enam kali lebih cepat daripada HDD.1 Hard disk drive lebih hemat energi dan tahan lama dibandingkan hard disk. Pelajari cara meningkatkan versi SSD.

Anda perlu me-restart komputer Anda

Menghidupkan komputer selalu mudah; ketika Anda kembali, semua yang Anda lakukan akan siap. Tetapi membiarkan segala sesuatunya terjadi secara kebetulan dapat memperlambat waktu respons. Restart menutup aplikasi yang terlupakan yang berjalan di latar belakang dan membersihkan cache memori. Memulai ulang juga dapat mengakibatkan pembaruan dan perbaikan yang memerlukan mulai ulang.

🔴 BACA JUGA:  Tingkatkan IPK dengan 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa: Pilih yang Tepat, Dapat Nilai Sempurna!

Untuk memulai, buka menu Start dan pilih Restart atau Shut Down

Banyak aplikasi dan lembar terbuka

Aplikasi dan pintasan browser web menggunakan sumber daya RAM yang berharga, bahkan jika Anda tidak berhubungan langsung dengannya. Jika Anda tidak membutuhkannya saat pertama kali menyalakan komputer, setel ulang aplikasi yang dimulai secara otomatis. Tutup tab browser web yang tidak Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Microsoft® Windows®, Anda dapat melihat aplikasi mana yang sedang menggunakan memori:

– Tekan dan tahan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan
– Pilih Jalankan Pengelola Tugas
– Buka tab Proses

Pertimbangkan program mana yang menggunakan lebih banyak sumber daya dan putuskan apakah Anda dapat menutupnya

Tidak ada cukup ruang di hard disk

Jika Anda masih menggunakan hard drive (bukan SSD) dan hampir penuh, kosongkan ruang dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Jika Anda telah menghapus program dan aplikasi, tetapi memiliki kurang dari 20% ruang disk, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan hard drive Anda ke lebih banyak memori atau SSD.

Hard disk rusak atau terfragmentasi

Hard disk dapat rusak dari berbagai sumber, termasuk hard atau cold shutdown (menekan tombol daya saat komputer sedang berjalan). Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa apakah hard disk rusak:

– Klik Start, pilih Computer, klik kanan hard drive, dan pilih Properties.
– Klik “Alat”, klik “Periksa Sekarang” di bawah Pemeriksaan Kesalahan.
– Dialog Verifikasi Disk muncul, pilih kedua opsi, lalu klik Mulai
– Ketika kotak dialog lain muncul, klik Jadwalkan Pemindaian Disk, lalu tutup semua program yang terbuka dan nyalakan ulang komputer (ini akan memakan waktu lama)
Jika pesan kesalahan muncul setelah pemindaian selesai, pertimbangkan untuk memperbarui driver.

🔴 BACA JUGA:  Waspada dan Ketahui Adanya Serangan Phising di Komputer Anda

RAM tidak cukup

Sebagian besar komputer dapat meningkatkan kecepatan dengan menambahkan memori tambahan (RAM). Untuk mengetahui berapa banyak memori yang dimiliki komputer Windows Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

– Klik Start, pilih Computer, klik kanan hard drive, dan pilih Properties.
– Di bawah sistem, lihat berapa banyak memori yang terpasang (RAM)

Peningkatan memori sangat bagus untuk meningkatkan daya tanggap, meluncurkan aplikasi lebih cepat, dan melakukan banyak tugas. Karena hampir setiap operasi komputer bergantung pada memori, sangat penting untuk memiliki ukuran yang tepat.

Meningkatkan memori komputer adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer. Gunakan panduan ini untuk mengetahui berapa banyak memori yang Anda butuhkan.

Sistem operasi lama

Memperbarui aplikasi secara aktif di sistem atau sistem operasi Anda tidak akan memberi Anda fitur terbaru. Selain itu, ini melibatkan peningkatan kinerja yang biasanya menggunakan lebih banyak sumber daya sistem.

Dengan RAM dan SSD internal maksimum, Anda akan diperlengkapi dengan baik untuk menjalankan versi terbaru dari setiap program yang diperbarui.

Mempercepat

Jika Anda merasa bahwa komputer Anda berjalan terlalu lambat, Anda mungkin ingin sering me-restart komputer Anda, menutup aplikasi dan tab browser yang tidak digunakan, melihat hard drive Anda, melihat apakah itu rusak, rusak, atau perlu diperbarui atau diganti SSD.

.Menambahkan lebih banyak RAM dan memperbarui sistem operasi juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Cobalah beberapa solusi ini dan pantau kecepatan komputer Anda!