10 Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Android

Apakah Anda sering menggunakan ponsel Android untuk membaca atau menulis teks dalam bahasa Arab? Salah satu tantangan yang mungkin Anda hadapi adalah memberikan harakat pada tulisan Arab. Harakat adalah tanda baca kecil yang ditempatkan di atas, di bawah, atau di dalam huruf Arab untuk menunjukkan vokal yang terkandung dalam huruf tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara mudah untuk memberikan harakat pada tulisan Arab di perangkat Android Anda.

1. Menggunakan Aplikasi Penambah Harakat

Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memberikan harakat pada tulisan Arab. Salah satu aplikasi populer adalah “Penambah Harakat Arab” yang dapat Anda unduh secara gratis. Setelah menginstal aplikasi ini, Anda hanya perlu menyalin teks Arab yang ingin Anda tambahkan harakatnya, lalu tempelkan di dalam aplikasi. Aplikasi ini akan secara otomatis menambahkan harakat pada teks tersebut.

Aplikasi lain yang juga layak untuk dicoba adalah “Arabic Harakat” dan “Tashkeel”. Keduanya memiliki fitur yang serupa dan dapat membantu Anda memberikan harakat pada tulisan Arab dengan cepat dan mudah.

Sebelum menggunakan aplikasi-aplikasi ini, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa ratingnya untuk memastikan kualitas dan keandalannya.

2. Menggunakan Website Penambah Harakat

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di ponsel Anda, Anda juga dapat menggunakan situs web penambah harakat. Ada beberapa situs web yang menyediakan layanan ini secara gratis. Salah satu situs web yang populer adalah “Arabic Keyboard Online” yang memungkinkan Anda untuk menambahkan harakat pada teks Arab dengan mudah.

Untuk menggunakan situs web ini, cukup buka browser di ponsel Android Anda dan kunjungi situs “Arabic Keyboard Online”. Kemudian, ketik teks Arab yang ingin Anda tambahkan harakatnya menggunakan keyboard Arab virtual yang disediakan oleh situs tersebut. Setelah selesai, salin teks dengan harakat yang telah dibuat dan tempelkan di aplikasi atau dokumen yang Anda inginkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Anda juga dapat mencari situs web lain yang menyediakan layanan serupa dengan melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google.

3. Menggunakan Aplikasi Keyboard Arab dengan Fitur Harakat

Jika Anda sering menulis dalam bahasa Arab, memasang aplikasi keyboard Arab dengan fitur harakat mungkin akan sangat membantu. Beberapa aplikasi keyboard Arab populer, seperti “Gboard” atau “SwiftKey Keyboard,” memiliki fitur harakat yang memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan harakat pada teks Arab saat mengetik.

Setelah Anda menginstal aplikasi keyboard Arab, pastikan untuk mengaktifkan fitur harakat di pengaturan keyboard. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini dengan masuk ke pengaturan sistem Android, lalu pilih “Bahasa & Masukan” dan “Metode Masukan” atau “Keyboard & Input Methods”.

Setelah fitur harakat diaktifkan, Anda dapat langsung menggunakan keyboard Arab dengan fitur harakat untuk mengetik teks Arab yang sudah memiliki harakat atau menambahkan harakat pada teks yang belum memiliki harakat dengan mengetik huruf-huruf yang sesuai dengan harakat yang diinginkan.

4. Menggunakan Aplikasi Teks Arab dengan Fitur Harakat

Jika Anda menggunakan aplikasi teks khusus untuk membaca atau menulis tulisan Arab, ada beberapa aplikasi yang memiliki fitur harakat bawaan. Misalnya, “Quran for Android” adalah aplikasi yang populer untuk membaca Al-Quran di ponsel Android, dan aplikasi ini memiliki opsi untuk menampilkan harakat pada teks Arab.

Untuk menggunakan fitur harakat dalam aplikasi ini, Anda cukup mengaktifkannya di pengaturan aplikasi. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini dengan masuk ke pengaturan aplikasi itu sendiri dan mencari opsi yang berhubungan dengan harakat atau tanda baca Arab. Setelah mengaktifkannya, tulisan Arab dalam aplikasi akan ditampilkan dengan harakat.

Jika Anda menggunakan aplikasi teks Arab lainnya, pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi tersebut dan mencari opsi yang serupa untuk menampilkan harakat pada tulisan Arab.

5. Menggunakan Aplikasi Penerjemah Arab dengan Fitur Harakat

Jika Anda sering menggunakan aplikasi penerjemah Arab, Anda mungkin dapat menemukan aplikasi yang memiliki fitur harakat bawaan. Aplikasi penerjemah seperti “Google Translate” atau “iTranslate” dapat membantu Anda menerjemahkan teks ke dalam bahasa Arab dan menampilkan harakat pada teks hasil terjemahan.

Untuk menggunakan fitur harakat dalam aplikasi ini, Anda perlu menginstal aplikasi penerjemah yang sesuai dan mengaktifkan fitur harakat di pengaturan aplikasi. Setelah itu, Anda dapat memasukkan teks yang ingin Anda terjemahkan, dan aplikasi akan menampilkan terjemahan dengan harakat pada tulisan Arab.

🔴 BACA JUGA:  3 Cara Memindahkan Data Android ke iPhone

Fitur harakat dalam aplikasi penerjemah ini dapat sangat berguna jika Anda perlu membaca atau memahami teks Arab yang tidak memiliki harakat.

6. Menggunakan Aplikasi Edit Foto dengan Fitur Harakat

Jika Anda ingin menambahkan harakat pada gambar tulisan Arab, Anda dapat menggunakan aplikasi edit foto dengan fitur harakat. Beberapa aplikasi edit foto populer seperti “Adobe Photoshop Express” atau “Snapseed” memiliki opsi untuk memasukkan harakat pada teks Arab di foto. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengambil gambar tulisan Arab, kemudian menambahkan harakat secara manual menggunakan fitur edit teks atau menambahkannya secara otomatis menggunakan fitur pengenalan tulisan Arab.

Setelah Anda selesai menambahkan harakat pada gambar, Anda dapat menyimpannya atau membagikannya melalui media sosial atau aplikasi pesan.

Pastikan untuk memilih aplikasi edit foto yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menawarkan fitur harakat pada tulisan Arab.

7. Menggunakan Aplikasi Al-Quran dengan Fitur Harakat

Jika Anda menggunakan ponsel Android untuk membaca Al-Quran, ada banyak aplikasi Al-Quran yang memiliki fitur harakat bawaan. Aplikasi seperti “Muslim Pro” atau “Al-Quran Indonesia” dapat membantu Anda membaca Al-Quran dengan harakat.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat memilih surah atau ayat yang ingin Anda baca, dan teks Arab akan ditampilkan dengan harakat. Beberapa aplikasi Al-Quran juga menawarkan fitur penyesuaian harakat, di mana Anda dapat memilih tipe harakat yang ingin ditampilkan atau mengatur ukuran dan warna harakat sesuai preferensi Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi Al-Quran lainnya, pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi dan mencari opsi yang berkaitan dengan harakat pada tulisan Arab.

8. Menggunakan Aplikasi Notepad Arab dengan Fitur Harakat

Jika Anda sering menulis catatan dalam bahasa Arab di ponsel Android, menggunakan aplikasi notepad Arab dengan fitur harakat dapat sangat berguna. Aplikasi seperti “iQuran Lite” atau “Muslim Suite” memiliki fitur notepad yang memungkinkan Anda menulis dalam bahasa Arab dan menambahkan harakat secara langsung.

Anda dapat membuat catatan dalam bahasa Arab dengan menggunakan keyboard Arab yang disediakan oleh aplikasi notepad, lalu menambahkan harakat pada teks tersebut menggunakan fitur harakat yang tersedia. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menulis catatan atau membuat daftar dalam bahasa Arab dengan harakat yang sesuai.

Pastikan untuk mencari aplikasi notepad Arab yang memenuhi kebutuhan Anda dan menawarkan fitur harakat yang Anda perlukan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download di Indoxxi Lewat Android

9. Menggunakan Aplikasi Pembaca Ebook dengan Fitur Harakat

Jika Anda suka membaca ebook dalam bahasa Arab, menggunakan aplikasi pembaca ebook dengan fitur harakat dapat membantu meningkatkan pengalaman membaca Anda. Beberapa aplikasi pembaca ebook, seperti “Moon+ Reader” atau “Aldiko Book Reader,” memiliki fitur harakat yang memungkinkan Anda membaca teks Arab dengan harakat.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengimpor ebook dalam format PDF atau EPUB yang berisi teks Arab, dan aplikasi akan menampilkan teks dengan harakat. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan teks, seperti ukuran font, warna teks, dan warna harakat sesuai preferensi Anda.

Sebelum menggunakan aplikasi pembaca ebook, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas dengan format ebook yang Anda miliki dan kemampuan aplikasi untuk menampilkan harakat pada teks Arab.

10. Menggunakan Aplikasi Keyboard Khusus dengan Harakat

Terakhir, jika Anda membutuhkan akses cepat dan mudah ke karakter Arab dengan harakat, Anda dapat menggunakan aplikasi keyboard khusus yang menyediakan karakter Arab dengan harakat. Aplikasi seperti “Arabic Language – GO Keyboard” atau “Arabic for AnySoftKeyboard” menawarkan keyboard Arab dengan harakat yang dapat Anda gunakan saat mengetik.

Dengan menggunakan aplikasi keyboard khusus ini, Anda dapat langsung mengetik teks Arab dengan harakat tanpa perlu menambahkannya secara manual. Aplikasi ini juga dapat memprediksi kata-kata dan memberikan saran saat Anda mengetik.

Pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi keyboard yang sesuai dengan preferensi Anda dan memenuhi kebutuhan Anda dalam menambahkan harakat pada tulisan Arab di ponsel Android Anda.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara memberikan harakat pada tulisan Arab di perangkat Android. Anda dapat menggunakan aplikasi penambah harakat, situs web penambah harakat, aplikasi keyboard Arab, aplikasi teks Arab, aplikasi penerjemah Arab, aplikasi edit foto, aplikasi Al-Quran, aplikasi notepad Arab, aplikasi pembaca ebook, atau aplikasi keyboard khusus dengan harakat untuk membantu Anda dengan mudah menambahkan harakat pada tulisan Arab di ponsel Android Anda.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan salah satu dari 10 cara ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan harakat pada tulisan Arab di ponsel Android Anda dan meningkatkan kemampuan membaca atau menulis bahasa Arab Anda.