10 Cara Memblokir Iklan di Google Chrome Android

Pada artikel ini kami akan memberikan Anda wawasan tentang cara memblokir iklan di Google Chrome Android. Ketika browsing di perangkat seluler, seringkali kita menghadapi iklan yang mengganggu dan menghambat pengalaman pengguna. Namun, dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan iklan yang tidak diinginkan tersebut. Berikut ini adalah 10 cara untuk membantu Anda memblokir iklan di Google Chrome Android.

Cara Memblokir Iklan di Google Chrome Android

1. Mengaktifkan Fitur Blokir Pop-up

Salah satu cara termudah untuk memblokir iklan di Google Chrome Android adalah dengan mengaktifkan fitur blokir pop-up. Fitur ini akan mencegah jendela iklan yang muncul secara otomatis dan mengganggu saat Anda sedang browsing. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan”.

4. Di bawah opsi “Layar utama”, pilih “Situs web”.

5. Ketuk “Pop-up dan pengalihan”.

6. Aktifkan opsi “Blokir pop-up” dengan menggeser tombol ke posisi aktif.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Google Chrome akan secara otomatis memblokir pop-up yang muncul saat browsing.

2. Menginstal Ekstensi Pemblokir Iklan

Selain fitur bawaan Google Chrome, Anda juga dapat menginstal ekstensi pemblokir iklan untuk mengoptimalkan pengalaman browsing Anda. Ada banyak ekstensi yang tersedia di Chrome Web Store yang dapat membantu Anda memblokir iklan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal ekstensi pemblokir iklan:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan”.

4. Di bawah opsi “Pengaya”, pilih “Ekstensi”.

5. Ketuk “Dapatkan lebih banyak ekstensi” untuk mengunjungi Chrome Web Store.

6. Cari “pemblokir iklan” di kolom pencarian.

7. Pilih ekstensi pemblokir iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk membaca ulasan dan rating pengguna sebelum menginstalnya.

8. Setelah memilih ekstensi yang diinginkan, ketuk tombol “Tambahkan ke Chrome” di halaman ekstensi.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Melihat Versi Android

9. Konfirmasikan penginstalan dengan menekan tombol “Tambahkan ekstensi”.

Setelah ekstensi pemblokir iklan berhasil diinstal, iklan yang mengganggu akan dihentikan secara otomatis saat Anda melakukan browsing menggunakan Google Chrome di perangkat Android Anda.

3. Mengaktifkan Mode Penyamaran

Mode penyamaran atau “Incognito mode” adalah fitur yang dapat membantu Anda menjaga privasi dan mengurangi iklan yang muncul saat browsing. Dalam mode ini, Chrome tidak menyimpan riwayat browsing, cookie, atau data pengguna lainnya. Untuk mengaktifkan mode penyamaran, ikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Mode Penyamaran” dari opsi yang muncul.

Setelah mode penyamaran diaktifkan, iklan yang biasanya muncul berdasarkan riwayat dan preferensi Anda akan berkurang atau tidak muncul sama sekali.

4. Mengubah Pengaturan Situs Web

Google Chrome menyediakan pengaturan situs web yang memungkinkan Anda mengontrol iklan yang muncul saat Anda mengunjungi suatu situs. Anda dapat mengubah pengaturan situs web secara spesifik atau secara umum. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Kunjungi situs web yang ingin Anda ubah pengaturannya.

3. Ketuk ikon gembok atau info di bilah URL untuk membuka pengaturan situs.

4. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Iklan” atau “Izin”.

5. Sesuaikan pengaturan sesuai preferensi Anda. Anda dapat memblokir iklan, mengizinkan iklan tertentu, atau mengaktifkan fitur pemblokir iklan bawaan Chrome.

6. Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap situs web yang ingin Anda ubah pengaturannya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir iklan di perangkat Android. Aplikasi ini dapat memberikan solusi yang lebih kuat dan komprehensif dalam memblokir iklan di berbagai aplikasi dan browser, termasuk Google Chrome. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan aplikasi pemblokir iklan:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android

2. Cari aplikasi pemblokir iklan yang terpercaya dan memiliki rating yang baik.

3. Pilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda dan instal di perangkat Android Anda.

4. Setelah aplikasi terinstal, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengaktifkannya.

5. Beberapa aplikasi pemblokir iklan mungkin memerlukan konfigurasi tambahan atau pengaturan khusus. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan atau panduan yang disediakan oleh aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan, Anda dapat memperkuat proteksi terhadap iklan yang mengganggu saat menggunakan Google Chrome di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download Video di Twitter di Android: Mudah dan Cepat

6. Melakukan Pembaruan dan Mengoptimalkan Chrome

Pembaruan reguler dan pengoptimalan Google Chrome juga dapat membantu memblokir iklan yang tidak diinginkan. Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari Chrome dengan mengunduh pembaruan yang tersedia di Google Play Store. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengoptimalan berikut untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi iklan:

1. Hapus cache dan data browser secara berkala melalui pengaturan aplikasi di perangkat Android Anda.

2. Nonaktifkan atau hapus ekstensi atau pengaya yang tidak terlalu Anda butuhkan.

3. Periksa dan hapus situs yang sering menampilkan iklan yang mengganggu dari riwayat browsing Anda.

4. Aktifkan opsi “Safe Browsing” di pengaturan Chrome untuk mendeteksi dan memblokir situs web berbahaya atau berisi iklan yang merugikan.

Dengan melakukan pembaruan dan pengoptimalan, Anda dapat memastikan Chrome berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman browsing yang lebih lancar tanpa iklan yang mengganggu.

7. Menggunakan DNS Pemblokir Iklan

DNS (Domain Name System) pemblokir iklan adalah layanan yang dapat mengarahkan koneksi internet Anda melalui server yang memblokir iklan. Dengan menggunakan DNS pemblokir iklan, Anda dapat secara efektif memblokir iklan di semua aplikasi dan browser di perangkat Android Anda, termasuk Google Chrome. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur DNS pemblokir iklan:

1. Buka pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda.

2. Tahan tekan jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan hingga muncul opsi “Ubah jaringan” atau “Ubah pengaturan jaringan”.

3. Pilih opsi tersebut dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan pengaturan DNS.

4. Pilih “Otomatis” atau “Static” (bergantung pada pilihan yang tersedia) dan masukkan DNS pemblokir iklan yang Anda inginkan.

5. Simpan pengaturan dan mulai ulang koneksi Wi-Fi Anda.

Dengan menggunakan DNS pemblokir iklan, Anda dapat secara efektif memblokir iklan yang tidak diinginkan saat menggunakan Google Chrome di perangkat Android Anda.

8. Menonaktifkan Notifikasi Iklan

Iklan sering kali disertai dengan notifikasi yang mengganggu dan mengganggu pengalaman pengguna. Untuk mengurangi notifikasi iklan di Google Chrome Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Pengaturan” dari opsi yang muncul.

4. Gulir ke bawah dan pilih “Pemberitahuan”.

5. Matikan opsi “Izinkan pengiriman” untuk mencegah notifikasi iklan muncul.

Dengan menonaktifkan notifikasi iklan, Anda dapat mengurangi gangguan yang disebabkan oleh iklan yang muncul di Google Chrome di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merekam Layar Android dengan Suara Internal tanpa Root

9. Menggunakan Pengaturan Chrome yang Lebih Ketat

Google Chrome memiliki beberapa pengaturan yang memungkinkan Anda mengontrol iklan dan pengalaman pengguna dengan lebih ketat. Berikut adalah beberapa pengaturan yang dapat Anda aktifkan untuk memblokir iklan di Google Chrome Android:

1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Pengaturan” dari opsi yang muncul.

4. Gulir ke bawah dan pilih “Privasi dan Keamanan”.

5. Aktifkan opsi “Blokir iklan” untuk memblokir iklan yang dianggap invasif atau merugikan.

6. Aktifkan opsi “Larangan pelacakan” untuk mencegah situs web melacak aktivitas Anda dan menampilkan iklan yang disesuaikan.

Dengan menggunakan pengaturan Chrome yang lebih ketat, Anda dapat mengontrol iklan yang muncul dan meningkatkan privasi saat menggunakan Google Chrome di perangkat Android Anda.

10. Menggunakan Browser Alternatif

Jika semua upaya di atas tidak memberikan hasil yang memuaskan, Anda dapat mencoba menggunakan browser alternatif yang memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan secara efektif. Beberapa browser populer yang dapat Anda pertimbangkan adalah Brave Browser, Firefox Focus, atau Opera Mini. Unduh dan instal browser alternatif yang sesuai dengan preferensi Anda, dan nikmati pengalaman browsing yang lebih bebas iklan.

Penutupan

Demikianlah 10 cara untuk memblokir iklan di Google Chrome Android. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan iklan yang mengganggu saat browsing. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan preferensi pribadi. Anda dapat mencoba menggunakan ekstensi pemblokir iklan, mengaktifkan mode penyamaran, mengubah pengaturan situs web, menggunakan aplikasi pihak ketiga, melakukan pembaruan dan pengoptimalan Chrome, menggunakan DNS pemblokir iklan, menonaktifkan notifikasi iklan, menggunakan pengaturan Chrome yang lebih ketat, atau mencoba browser alternatif yang memiliki fitur pemblokir iklan. Dengan kombinasi beberapa metode ini, Anda dapat mencapai pengalaman browsing yang lebih nyaman dan bebas iklan di Google Chrome Android Anda.

Ingatlah untuk selalu memperbarui perangkat lunak dan aplikasi Anda secara teratur untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal. Selain itu, berhati-hatilah dalam menginstal ekstensi atau aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa ulasan dan rating pengguna sebelum menggunakannya.

Sekarang Anda memiliki berbagai cara untuk memblokir iklan di Google Chrome Android. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Nikmati pengalaman browsing yang lebih lancar, fokus, dan bebas iklan di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!