10 Cara Membuat Infrared di Android

admin

0 Comment

Link

Infrared pada smartphone Android dapat menjadi fitur yang sangat berguna, terutama dalam pengendalian perangkat elektronik seperti TV, AC, dan perangkat rumah lainnya. Meskipun tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan sensor infrared, ada beberapa cara untuk membuat fitur ini tersedia di perangkat Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 cara yang dapat Anda coba untuk membuat infrared di Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Membuat Infrared di Android

1. Memanfaatkan Port Infrared Eksternal

Beberapa smartphone Android memiliki port infrared eksternal yang dapat Anda sambungkan ke perangkat lain. Cara ini memungkinkan Anda mengontrol perangkat elektronik melalui smartphone Anda dengan menggunakan aplikasi khusus. Anda dapat mencari port infrared eksternal yang kompatibel dengan model smartphone Anda dan menghubungkannya untuk memanfaatkan fitur ini.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika smartphone Anda tidak memiliki port infrared eksternal, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mengubah fitur Bluetooth pada smartphone menjadi pengganti infrared. Aplikasi seperti “IR Universal Remote” atau “AnyMote” dapat membantu Anda mengontrol perangkat elektronik melalui Bluetooth dengan bantuan perangkat tambahan seperti blaster IR atau perangkat IR lainnya.

3. Menggunakan Modul Infrared Tambahan

Ada modul infrared tambahan yang dapat Anda sambungkan ke smartphone Android melalui port USB atau headphone jack. Modul ini berfungsi sebagai blaster infrared yang memungkinkan Anda mengontrol perangkat elektronik melalui aplikasi yang sesuai. Cari modul yang kompatibel dengan perangkat Anda dan instal aplikasi pendukung untuk memanfaatkan fitur ini.

4. Menggunakan Aplikasi Remote Universal

Ada banyak aplikasi remote universal yang tersedia di Play Store yang dapat mengubah smartphone Android Anda menjadi remote untuk berbagai perangkat elektronik. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth untuk mengontrol perangkat yang kompatibel. Pilih aplikasi remote universal yang sesuai dengan perangkat yang ingin Anda kendalikan dan ikuti panduan pengaturan yang disediakan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Membuat Blog di Android

5. Menggunakan Fitur Canggih pada Smartphone

Beberapa smartphone Android terbaru dilengkapi dengan fitur canggih yang memungkinkan mereka mengontrol perangkat elektronik melalui sinyal inframerah. Fitur ini dapat ditemukan di menu pengaturan atau aplikasi bawaan pada smartphone. Aktifkan fitur ini dan ikuti petunjuk pengaturan yang disediakan untuk mengontrol perangkat elektronik dengan smartphone Anda.

6. Mencari Aplikasi Kontrol Perangkat Tertentu

Jika Anda ingin mengontrol perangkat tertentu seperti TV atau AC, ada aplikasi khusus yang dapat Anda cari untuk mengontrol perangkat tertentu seperti TV atau AC. Misalnya, jika Anda ingin mengontrol TV, Anda dapat mencari aplikasi TV remote yang kompatibel dengan merek dan model TV Anda. Aplikasi ini biasanya memungkinkan Anda mengontrol TV melalui sinyal inframerah yang dihasilkan oleh smartphone Anda. Instal aplikasi yang sesuai, ikuti petunjuk pengaturan, dan Anda akan dapat mengendalikan perangkat dengan mudah.

7. Membuat Pengontrol Infrared DIY

Jika Anda tertarik dengan proyek DIY (Do It Yourself), Anda dapat mencoba membuat pengontrol infrared sendiri. Ada banyak tutorial dan panduan online yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Anda akan membutuhkan beberapa komponen seperti LED inframerah, resistor, dan transistor, serta pengetahuan dasar tentang elektronika. Ikuti panduan yang tersedia dengan hati-hati, dan Anda akan dapat membuat pengontrol infrared yang dapat digunakan dengan smartphone Android Anda.

8. Memanfaatkan Fitur NFC

Beberapa smartphone Android dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik. Meskipun NFC bukanlah teknologi infrared, namun dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengendalikan perangkat tertentu. Anda dapat mencari aplikasi yang memanfaatkan fitur NFC ini untuk mengontrol perangkat seperti speaker Bluetooth, lampu pintar, atau perangkat elektronik lainnya yang mendukung NFC.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat File RAR di Android: Simpan dan Kompres Data dengan Mudah

9. Menggunakan Fitur Wi-Fi Remote

Beberapa perangkat elektronik modern memiliki fitur Wi-Fi yang memungkinkan mereka terhubung ke jaringan rumah Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengunduh aplikasi resmi atau pihak ketiga yang menyediakan kontrol melalui Wi-Fi. Aplikasi ini biasanya memungkinkan Anda mengontrol perangkat elektronik dari jarak jauh melalui koneksi internet. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan yang sama dengan smartphone Android Anda dan ikuti petunjuk pengaturan aplikasi untuk mulai mengontrol perangkat elektronik tersebut.

10. Menggunakan Fitur Voice Assistant

Beberapa smartphone Android dilengkapi dengan asisten suara seperti Google Assistant atau Alexa. Asisten suara ini dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat elektronik dengan suara Anda. Aktifkan asisten suara di smartphone Anda dan hubungkan perangkat elektronik yang kompatibel dengannya. Anda dapat memberikan perintah suara kepada asisten suara untuk mengontrol perangkat, seperti mengubah saluran TV atau menyalakan lampu pintar.

Penutup

Itulah 10 cara yang dapat Anda coba untuk membuat infrared di Android Anda. Apakah Anda memiliki smartphone dengan fitur infrared bawaan atau tidak, ada solusi yang dapat Anda temukan untuk mengontrol perangkat elektronik melalui smartphone Anda. Cobalah beberapa metode yang telah disebutkan di atas dan temukan yang paling cocok untuk Anda. Dengan menggunakan fitur infrared di Android, Anda akan mendapatkan kenyamanan

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara yang dapat Anda coba untuk membuat infrared di Android Anda. Mulai dari memanfaatkan port infrared eksternal hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, modul tambahan, dan fitur canggih pada smartphone, ada banyak opsi yang dapat Anda eksplorasi. Selain itu, Anda juga dapat mencari aplikasi khusus untuk mengontrol perangkat tertentu, membuat pengontrol infrared DIY, memanfaatkan fitur NFC, Wi-Fi remote, dan asisten suara.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Pindah WhatsApp dari Android ke iPhone: Panduan Lengkap untuk Mengalihkan Chat dan Kontak

Pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan perangkat Anda dan mengikuti petunjuk pengaturan yang disediakan. Dengan memanfaatkan fitur infrared di Android, Anda dapat mengendalikan perangkat elektronik dengan mudah dan meningkatkan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu ingat untuk mencari aplikasi dan perangkat yang kompatibel dengan perangkat Anda serta mengikuti instruksi yang benar agar Anda dapat mengoptimalkan penggunaan fitur infrared di Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menjelajahi kemampuan infrared pada smartphone Android. Selamat mencoba!

Share:

Related Post