10 Cara Membuat Instagram Dark Mode di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda adalah pengguna aktif Instagram dan ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan mode gelap di aplikasi ini, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh cara yang mudah untuk membuat Instagram mode gelap di perangkat Android Anda. Mode gelap memberikan tampilan yang elegan dan nyaman saat mengakses Instagram di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan rendah. Mari kita mulai!

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, pastikan Anda telah memperbarui Instagram ke versi terbaru di Google Play Store. Jika Anda sudah melakukannya, mari kita lanjutkan ke cara pertama untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram.

Cara Membuat Instagram Dark Mode di Android

Cara 1: Menggunakan Pengaturan Bawaan Instagram

Langkah pertama adalah memeriksa apakah Instagram Anda telah memiliki pengaturan mode gelap bawaan. Beberapa versi terbaru aplikasi ini sudah menyediakan opsi untuk mengubah ke mode gelap secara langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda.

2. Masuk ke akun Anda dan buka menu pengaturan dengan mengklik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas.

3. Gulir ke bawah dan cari opsi “Tema”.

4. Jika Anda melihat opsi “Tema”, klik opsi tersebut.

5. Pilih “Gelap” untuk mengaktifkan mode gelap Instagram.

Jika Anda tidak melihat opsi “Tema” pada menu pengaturan Instagram Anda, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain untuk mencapai mode gelap di Instagram. Mari kita lanjut ke cara kedua.

Cara 2: Menggunakan Mode Gelap Sistem

Beberapa perangkat Android memiliki opsi mode gelap sistem yang dapat diterapkan secara global untuk semua aplikasi yang mendukungnya. Jika perangkat Anda memiliki opsi ini, Anda dapat mengaktifkan mode gelap Instagram dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Tampilan” atau “Tampilan dan Kecerahan”.

3. Di dalam opsi ini, cari “Mode Gelap” atau “Tema Gelap”.

4. Aktifkan opsi “Mode Gelap” atau “Tema Gelap” untuk mengubah seluruh tampilan perangkat Anda menjadi mode gelap.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghapus File Sampah di Android

Setelah Anda mengaktifkan mode gelap sistem, Instagram akan secara otomatis mengikuti pengaturan tersebut. Namun, jika Anda masih tidak melihat perubahan pada Instagram, ada kemungkinan bahwa aplikasi tersebut belum sepenuhnya mendukung mode gelap sistem. Jika demikian, mari kita coba cara berikutnya.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika opsi mode gelap tidak tersedia di pengaturan Instagram Anda, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store dan cari “Instagram Dark Mode”.

2. Pilih salah satu aplikasi yang tersedia dan instal di perangkat Android Anda.

3. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram.

Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan serta peringkat pengguna sebelum menginstalnya. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki iklan atau fitur tambahan yang perlu diperhatikan.

Selain itu, penting untuk memperbarui aplikasi pihak ketiga secara teratur untuk mendapatkan pembaruan terbaru dan memastikan keamanan perangkat Anda.

Cara 4: Menggunakan Mode Pengembang

Mode pengembang adalah opsi tersembunyi di Android yang dapat memberikan akses tambahan ke pengaturan dan fitur khusus. Jika Anda merasa nyaman dengan pengaturan tingkat lanjut, Anda dapat mencoba mengaktifkan mode gelap di Instagram melalui mode pengembang. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”.

3. Di dalam opsi ini, cari “Nomor Bangunan” atau “Nomor Versi MIUI”.

4. Ketuk nomor bangunan atau versi MIUI sebanyak tujuh kali secara berurutan. Ini akan mengaktifkan mode pengembang di perangkat Anda.

5. Kembali ke pengaturan utama dan buka opsi “Pengembang” yang baru muncul.

6. Cari opsi “Gaya Daya” atau “Tema UI” di dalam opsi Pengembang.

7. Pilih “Gelap” untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Instagram akan berubah menjadi mode gelap sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Pastikan untuk menonaktifkan mode pengembang setelah mengatur tema gelap untuk menjaga kestabilan dan keamanan perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara dan Tips Menemukan Smartphone Android yang Hilang dan Menghapus Data Anda Dari Jarak Jauh

Cara 5: Memanfaatkan Aplikasi Penyaring Cahaya Biru

Selain mengaktifkan mode gelap, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi penyaring cahaya biru untuk membuat tampilan Instagram lebih nyaman untuk mata Anda, terutama saat digunakan di malam hari. Aplikasi semacam ini dapat mengurangi intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store dan cari “Aplikasi Penyaring Cahaya Biru”.

2. Pilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda dan instal di perangkat Android Anda.

3. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur tingkat penyaringan cahaya biru.

Beberapa aplikasi penyaring cahaya biru juga menyediakan opsi kustomisasi tambahan, seperti jadwal otomatis untuk mengaktifkan dan menonaktifkan penyaringan pada waktu tertentu. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Modifikasi Instagram

Jika Anda adalah penggemar modifikasi atau memiliki perangkat Android yang telah di-root, Anda dapat mengaktifkan mode gelap di Instagram melalui aplikasi modifikasi khusus. Aplikasi ini memberikan lebih banyak fleksibilitas dan opsi kustomisasi daripada aplikasi resmi. Namun, penting untuk diingat bahwa melakukan root pada perangkat Anda atau menggunakan aplikasi modifikasi mungkin melanggar kebijakan penggunaan Instagram dan dapat menyebabkan risiko keamanan. Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan, lakukan dengan risiko Anda sendiri. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi modifikasi Instagram:

1. Backup data dan pengaturan Instagram Anda sebelum melanjutkan.

2. Cari aplikasi modifikasi Instagram yang terpercaya dan sesuai dengan versi Instagram yang Anda gunakan.

3. Unduh dan instal aplikasi modifikasi tersebut di perangkat Android Anda.

4. Buka aplikasi modifikasi Instagram dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur tema gelap atau mode gelap.

Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan cermat dan hanya mengunduh aplikasi modifikasi dari sumber yang terpercaya. Perhatikan juga risiko keamanan yang terkait dengan penggunaan aplikasi modifikasi, seperti potensi adanya malware atau pelanggaran kebijakan privasi. Selalu pertimbangkan risiko sebelum menginstal dan menggunakan aplikasi modifikasi.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  12 Cara Mengatasi Google Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara 7: Memperbarui Instagram secara Teratur

Untuk memastikan Anda dapat mengakses fitur terbaru termasuk mode gelap, pastikan Anda memperbarui aplikasi Instagram secara teratur. Developer Instagram terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan fungsionalitas dan menambah fitur baru. Dengan memperbarui aplikasi, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman menggunakan Instagram dan memastikan Anda tidak melewatkan fitur mode gelap yang baru dirilis.

Cara 8: Memberikan Masukan kepada Instagram

Jika Anda sangat menginginkan mode gelap di Instagram dan belum menemukan opsi yang sesuai, Anda dapat memberikan masukan kepada tim pengembang Instagram. Mereka sering mendengarkan umpan balik dari pengguna dan memperhatikan permintaan fitur baru. Anda dapat mengirimkan masukan melalui opsi umpan balik yang tersedia di aplikasi atau melalui platform media sosial Instagram.

Cara 9: Menggunakan Tema Khusus pada Ponsel

Beberapa perangkat Android memiliki fitur tema khusus yang memungkinkan Anda mengubah tampilan antarmuka secara menyeluruh. Dalam beberapa kasus, pengaturan tema ini juga berlaku untuk aplikasi pihak ketiga seperti Instagram. Jika ponsel Android Anda memiliki fitur ini, Anda dapat mengaktifkan tema gelap secara keseluruhan dan secara otomatis akan diterapkan pada Instagram.

Cara 10: Menyesuaikan Kecerahan Layar

Meskipun bukan mode gelap yang sebenarnya, menyesuaikan kecerahan layar perangkat Anda dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan Instagram dalam kondisi pencahayaan rendah. Mengurangi kecerahan layar dapat memberikan tampilan yang lebih lembut dan nyaman. Anda dapat mengakses pengaturan kecerahan layar melalui pengaturan ponsel Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan preferensi Anda.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh cara untuk membuat Instagram mode gelap di perangkat Android Anda. Dari pengaturan bawaan hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga, ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman menggunakan Instagram dengan mode gelap yang nyaman!

Share:

Related Post