10 Cara Memotong Video di Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda suka membuat video menggunakan ponsel Android Anda? Jika ya, mungkin Anda pernah mengalami keinginan untuk memotong video agar lebih pendek atau menghapus beberapa bagian yang tidak diinginkan. Di artikel ini, kami akan membahas sepuluh cara yang berbeda untuk memotong video di perangkat Android Anda dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat menghasilkan video yang lebih baik sesuai dengan keinginan Anda. Mari kita mulai!

Cara Memotong Video di Android

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan Android

Android menyediakan aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan untuk memotong video tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi bawaan yang dapat Anda manfaatkan adalah Google Photos. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Google Photos di ponsel Android Anda.

2. Temukan video yang ingin Anda potong.

3. Tekan ikon Edit (pen) di bagian bawah layar.

Setelah Anda memilih opsi Edit, Anda akan melihat berbagai pilihan pengeditan, termasuk pemotongan. Anda dapat menggeser pegangan awal dan akhir pada tampilan timeline untuk memotong video sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, simpan video yang sudah dipotong.

Anda juga dapat mencoba aplikasi galeri bawaan ponsel Anda, seperti Galeri pada ponsel Samsung atau Aplikasi Foto pada ponsel Xiaomi, yang sering kali memiliki fitur pemotongan video yang mudah digunakan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak pilihan dan kontrol dalam proses pemotongan video, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang dapat membantu Anda memotong video di perangkat Android:

a. AndroVid: Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur lengkap untuk memotong, menggabungkan, atau mengedit video Anda. Anda juga dapat menambahkan efek, filter, musik latar, dan banyak lagi.

b. VideoShow: Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti pemotongan frame persis, penambahan teks, transisi, dan filter yang menarik. Anda dapat menggunakan fitur-fitur ini untuk memberikan sentuhan profesional pada video Anda.

c. KineMaster: KineMaster adalah editor video profesional yang populer di Android. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan pemotongan video yang akurat, menambahkan efek dan transisi yang halus, menyesuaikan kecepatan video, menambahkan lapisan audio, dan banyak lagi. KineMaster memberikan Anda kontrol penuh atas proses pengeditan video Anda.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pilihan Anda, ikuti langkah-langkah berikut untuk memotong video:

1. Buka aplikasi yang Anda pilih pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi “Potong Video” atau “Edit Video” di antarmuka aplikasi.

3. Pilih video yang ingin Anda potong dari galeri Anda.

4. Gunakan pegangan awal dan akhir pada timeline untuk menentukan bagian mana yang ingin Anda potong.

5. Setelah selesai memotong video, pilih opsi “Simpan” atau “Ekspor” untuk menyimpan video yang sudah dipotong ke dalam galeri Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan layanan pemotongan video online. Layanan ini memungkinkan Anda memotong video langsung melalui browser Anda tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apa pun. Beberapa layanan online populer untuk memotong video di Android adalah:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Email di Android

a. Kapwing: Kapwing adalah layanan online yang sederhana dan mudah digunakan untuk memotong video. Anda hanya perlu mengunggah video Anda, memilih bagian yang ingin dipotong, dan mengunduh video yang sudah dipotong.

b. Clideo: Clideo adalah platform online yang menyediakan berbagai alat pengeditan video, termasuk pemotongan video. Anda dapat memotong video Anda dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi.

c. Online Video Cutter: Seperti namanya, Online Video Cutter memungkinkan Anda memotong video secara online. Anda cukup mengunggah video Anda, menentukan bagian yang ingin dipotong, dan mengunduh video yang sudah dipotong.

4. Menggunakan Aplikasi Video Player

Beberapa aplikasi pemutar video di Android juga dilengkapi dengan fitur pemotongan video. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memotong video tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa aplikasi pemutar video dengan fitur pemotongan:

a. VLC Media Player: VLC Media Player adalah pemutar video populer yang tersedia untuk Android. Selain mendukung berbagai format video, VLC juga memiliki fitur pemotongan video yang dapat Anda gunakan.

b. MX Player: MX Player adalah pemutar video yang populer dan canggih dengan antarmuka yang mudah digunakan. Anda dapat memotong video menggunakan fitur pemotongan yang disediakan oleh aplikasi ini.

c. PotPlayer: PotPlayer adalah pemutar video yang serbaguna dengan fitur-fitur canggih. Anda dapat memotong video dengan mudah menggunakan fitur pemotongan video yang disediakan oleh PotPlayer di perangkat Android Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Edit Video Profesional

Jika Anda membutuhkan fitur pengeditan video yang lebih lanjut dan lebih profesional, Anda dapat menggunakan aplikasi edit video yang ditujukan untuk pengguna yang lebih serius dalam mengedit video di perangkat Android. Beberapa aplikasi edit video profesional yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

a. Adobe Premiere Rush: Adobe Premiere Rush adalah versi mobile dari perangkat lunak pengeditan video yang terkenal, Adobe Premiere Pro. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memotong, menggabungkan, menambahkan efek, dan melakukan pengeditan video lainnya dengan mudah langsung dari perangkat Android Anda.

b. PowerDirector: PowerDirector adalah aplikasi edit video yang lengkap dengan banyak fitur kreatif. Anda dapat memotong video, menambahkan efek visual, musik latar, transisi, dan banyak lagi menggunakan aplikasi ini.

c. FilmoraGo: FilmoraGo adalah aplikasi edit video yang populer dengan antarmuka yang ramah pengguna. Anda dapat memotong video, menambahkan teks, efek, musik latar, dan banyak lagi dalam hitungan menit menggunakan aplikasi ini.

6. Menggunakan Aplikasi Video Converter

Jika Anda ingin memotong video dengan mengubah formatnya sekaligus, Anda dapat menggunakan aplikasi video converter. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda memotong video, tetapi juga mengkonversi format video ke format yang berbeda sesuai kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi video converter yang dapat Anda gunakan di perangkat Android Anda:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Main Game Java di Android: Pengalaman Seru dan Praktis

a. Video Converter: Video Converter adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda memotong dan mengkonversi video dengan cepat dan mudah. Anda dapat memilih format output yang diinginkan dan mengatur preferensi konversi lainnya sesuai kebutuhan Anda.

b. MP3 Video Converter: Jika Anda ingin memotong bagian audio dari video, MP3 Video Converter dapat menjadi pilihan yang baik. Aplikasi ini memungkinkan Anda memotong audio dari video dan mengkonversinya menjadi file MP3 yang dapat Anda simpan di perangkat Anda.

c. Media Converter: Media Converter adalah aplikasi video converter yang kuat dan fleksibel. Selain memotong video, Anda juga dapat mengubah resolusi, bitrate, dan format video sesuai kebutuhan Anda menggunakan aplikasi ini.

7. Menggunakan Aplikasi Edit Video Online

Selain menggunakan aplikasi di perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan layanan edit video online untuk memotong video. Layanan ini memungkinkan Anda mengedit video langsung melalui browser Anda tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Beberapa layanan edit video online yang dapat Anda gunakan di Android adalah:

a. WeVideo: WeVideo adalah platform edit video online yang kuat dan lengkap. Anda dapat memotong video, menambahkan efek, transisi, musik latar, dan banyak lagi. Cukup unggah video Anda ke platform WeVideo, potong bagian yang diinginkan, dan terapkan pengeditan lainnya dengan mudah melalui antarmuka yang intuitif.

b. Kapwing: Selain sebagai layanan pemotongan video online, Kapwing juga menyediakan fitur pengeditan video yang lengkap. Anda dapat memotong video, menambahkan teks, efek, musik, dan banyak lagi melalui situs web Kapwing.

c. Clipchamp: Clipchamp adalah layanan pengeditan video online yang mudah digunakan. Anda dapat memotong video, mengubah resolusi, menambahkan efek, dan melakukan pengeditan lainnya secara langsung melalui browser Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Screen Recorder

Jika Anda ingin memotong bagian tertentu dari video yang sedang diputar di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi screen recorder. Aplikasi ini memungkinkan Anda merekam tampilan layar ponsel Anda saat memutar video dan kemudian memotong bagian yang diinginkan dari rekaman tersebut. Beberapa aplikasi screen recorder yang dapat Anda gunakan adalah:

a. AZ Screen Recorder: AZ Screen Recorder adalah aplikasi screen recorder populer yang dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap. Anda dapat merekam tampilan layar Anda saat memutar video dan menggunakan editor bawaan untuk memotong bagian yang diinginkan.

b. ScreenCam Screen Recorder: ScreenCam Screen Recorder adalah aplikasi screen recorder yang sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat merekam tampilan layar ponsel Anda saat memutar video, dan setelah itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pemotongan video bawaan di perangkat Android Anda untuk memotong bagian yang diinginkan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  6 Cara Download Video dari YouTube di Android

c. DU Recorder: DU Recorder adalah aplikasi screen recorder dengan fitur-fitur lengkap. Anda dapat merekam video di layar Anda, termasuk saat memutar video, dan kemudian menggunakan editor bawaan di aplikasi untuk memotong bagian yang diinginkan.

9. Menggunakan Aplikasi File Manager

Beberapa aplikasi file manager di Android juga memiliki fitur pemotongan video yang berguna. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memotong video langsung dari direktori penyimpanan perangkat Anda. Beberapa aplikasi file manager yang memiliki fitur pemotongan video adalah:

a. ES File Explorer: ES File Explorer adalah aplikasi file manager populer dengan berbagai fitur tambahan, termasuk pemotongan video. Anda dapat membuka video yang ingin dipotong melalui aplikasi ini dan menggunakan fitur pemotongan yang disediakan.

b. Solid Explorer: Solid Explorer adalah aplikasi file manager yang kuat dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pemotongan video. Anda dapat membuka video dengan Solid Explorer dan menggunakan fitur pemotongan untuk memotong bagian yang diinginkan.

c. File Commander: File Commander adalah aplikasi file manager dengan berbagai fitur pengelolaan file, termasuk pemotongan video. Anda dapat membuka video yang ingin dipotong melalui aplikasi ini dan menggunakan fitur pemotongan video yang disediakan.

10. Menggunakan Aplikasi Edit Video Khusus Android

Terakhir, ada juga beberapa aplikasi edit video khusus Android yang dapat Anda gunakan untuk memotong video dengan mudah. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pengeditan video yang dapat membantu Anda memotong video dengan presisi. Beberapa aplikasi edit video khusus Android yang dapat Anda coba adalah:

a. InShot: InShot adalah aplikasi edit video yang populer dengan antarmuka yang intuitif. Anda dapat memotong video, menambahkan efek, filter, teks, musik, dan banyak lagi menggunakan aplikasi ini.

b. Timbre: Timbre adalah aplikasi pengeditan video dan audio yang kuat. Anda dapat memotong video dengan cepat, menggabungkan video, memisahkan audio dari video, dan melakukan pengeditan lainnya menggunakan aplikasi ini.

c. VideoShow: VideoShow adalah aplikasi edit video yang menyediakan berbagai fitur pengeditan, termasuk pemotongan video. Anda dapat memotong video dengan cepat, menambahkan efek, musik latar, teks, dan melakukan pengeditan lainnya dengan mudah melalui aplikasi ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan 10 cara memotong video di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi edit video, aplikasi pemutar video dengan fitur pemotongan, aplikasi converter video, layanan pemotongan video online, aplikasi screen recorder, aplikasi file manager, serta aplikasi edit video khusus Android. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk memotong video secara efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari cara memotong video di Android. Dengan menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah memotong dan mengedit video sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post