10 Cara Mengaktifkan JavaScript di Android

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat interaksi pada website. Namun, terkadang pengguna Android mengalami kendala saat menjalankan JavaScript di perangkat mereka. Artikel ini akan memberikan 10 cara untuk mengaktifkan JavaScript di Android secara praktis dan mudah.

Sebelum kita mulai, perlu diketahui bahwa pengaktifan JavaScript dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang digunakan. Beberapa langkah mungkin berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Pastikan Anda mengikuti langkah yang sesuai dengan perangkat Anda. Berikut adalah 10 cara mengaktifkan JavaScript di Android:

Cara Mengaktifkan JavaScript di Android

1. Melalui Pengaturan Browser

Salah satu cara yang paling umum untuk mengaktifkan JavaScript di Android adalah melalui pengaturan browser. Setiap browser memiliki pengaturan yang berbeda, tetapi langkah-langkah umumnya serupa. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan JavaScript di browser Android:

1. Buka aplikasi browser di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar.

3. Gulir ke bawah dan cari opsi “Pengaturan” atau “Setelan”.

4. Di dalam pengaturan, cari opsi “Keamanan” atau “Privasi & Keamanan”.

5. Cari opsi “JavaScript” dan pastikan opsi tersebut diaktifkan.

6. Setelah itu, Anda dapat menutup pengaturan dan mulai menjalankan JavaScript di browser Android Anda.

2. Melalui Pengaturan Sistem

Selain melalui pengaturan browser, Anda juga dapat mengaktifkan JavaScript di Android melalui pengaturan sistem. Cara ini akan mengaktifkan JavaScript secara global di semua browser yang Anda gunakan di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuka File Zip yang Terkunci di Android

1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”.

3. Di dalam opsi ini, cari opsi “Informasi Perangkat Lunak” atau “Versi Android”.

4. Di dalam “Informasi Perangkat Lunak” atau “Versi Android”, cari opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”.

5. Jika opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options” belum aktif, ketuk opsi “Nomor Build” beberapa kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda telah menjadi pengembang.

6. Setelah opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options” aktif, kembali ke menu “Pengaturan” utama.

7. Gulir ke bawah dan cari opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”.

8. Di dalam opsi ini, cari opsi “Aktifkan JavaScript” atau “Enable JavaScript”.

9. Pastikan opsi tersebut diaktifkan.

10. Sekarang, JavaScript akan diaktifkan secara global di semua browser yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Browser Lain

Jika Anda mengalami masalah mengaktifkan JavaScript di browser bawaan Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi browser lain yang mendukung JavaScript. Ada banyak pilihan aplikasi browser yang tersedia di Google Play Store, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera. Instal salah satu aplikasi browser tersebut dan pastikan JavaScript diaktifkan di pengaturannya.

4. Memperbarui Versi Android

Jika Anda menggunakan versi Android yang lebih lama, mungkin ada kendala dalam mengaktifkan JavaScript. Memperbarui versi Android dapat membantu mengatasi masalah ini. Caranya, buka aplikasi “Pengaturan”, cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, lalu cari opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Software Update”. Jika ada pembaruan tersedia, instal pembaruan tersebut dan restart perangkat Anda.

5. Memastikan Tidak Ada Aplikasi atau Pengaturan yang Membatasi JavaScript

Beberapa aplikasi keamanan atau pengaturan di perangkat Android dapat membatasi penggunaan JavaScript. Pastikan tidak ada aplikasi pihak ketiga atau pengaturan keamanan yang memblokir JavaScript. Periksa pengaturan aplikasi atau pengaturan keamanan yang terinstal di perangkat Anda dan pastikan JavaScript diizinkan.

🔴 BACA JUGA:  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

6. Membersihkan Cache dan Data Browser

Cache dan data yang tersimpan di browser Android Anda dapat mempengaruhi kinerja JavaScript. Membersihkan cache dan data browser dapat membantu mengatasi masalah ini. Buka pengaturan aplikasi di perangkat Anda, cari aplikasi browser yang Anda gunakan, lalu pilih opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Setelah itu, coba jalankan kembali JavaScript di browser Anda.

7. Menonaktifkan Mode Hemat Baterai

Beberapa perangkat Android memiliki fitur Mode Hemat Baterai yang dapat membatasi penggunaan JavaScript dan fitur lainnya untuk menghemat daya baterai. Jika Anda mengalami masalah mengaktifkan JavaScript, pastikan Mode Hemat Baterai tidak aktif. Buka aplikasi “Pengaturan”, cari opsi “Baterai” atau “Daya”, lalu periksa apakah Mode Hemat Baterai aktif. Jika iya, nonaktifkan mode tersebut.

8. Mengaktifkan JavaScript di Aplikasi Webview

Beberapa aplikasi Android menggunakan komponen Webview untuk menampilkan konten web. Jika JavaScript tidak berfungsi di aplikasi yang menggunakan Webview, perlu mengaktifkannya secara terpisah. Buka aplikasi tersebut, cari opsi “Pengaturan” atau “Setelan”, lalu cari opsi “JavaScript” dan pastikan opsi tersebut diaktifkan.

9. Mengecek Koneksi Internet

Terkadang masalah mengaktifkan JavaScript dapat terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau terputus. Pastikan perangkat Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau data seluler yang stabil. Jika masalah masih berlanjut, coba menghidupkan ulang router atau mengganti lokasi dengan sinyal yang lebih kuat.

10. Menghubungi Dukungan Teknis

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengaktifkan JavaScript di perangkat Android Anda, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis dari produsen perangkat atau pengembang aplikasi yang Anda gunakan. Mereka akan dapat memberikan bantuan yang lebih spesifik sesuai dengan model perangkat dan versi Android yang Anda gunakan.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Melihat File Sampah di Android

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan 10 cara mengaktifkan JavaScript di Android. Mulai dari pengaturan browser, pengaturan sistem, penggunaan aplikasi browser lain, hingga pembaruan versi Android. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan perangkat Anda. Dengan mengaktifkan JavaScript, Anda akan dapat menjalankan dan mengakses konten yang interaktif di web secara optimal melalui perangkat Android Anda.

Semoga informasi yang diberikan dalam artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah mengaktifkan JavaScript di Android.
Selamat mencoba!