10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Saat menggunakan ponsel pintar Android, seringkali kita menghapus file secara tidak sengaja. Hal ini bisa terjadi karena kita tergesa-gesa atau salah dalam memilih file yang akan dihapus. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Artikel ini akan mengulas 10 cara yang dapat Anda coba.

Disclaimer: Sebelum Anda mencoba metode di bawah ini, penting untuk mencatat bahwa hasil pengembalian file tidak dapat dijamin 100%. Beberapa faktor seperti waktu penghapusan file, tindakan selanjutnya yang dilakukan setelah penghapusan, dan kondisi ponsel Anda dapat mempengaruhi kemungkinan pemulihan file yang terhapus. Jadi, pastikan untuk mencadangkan file penting secara teratur dan gunakan metode ini sebagai alternatif terakhir.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File

Aplikasi pemulihan file adalah salah satu cara termudah untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda melakukan pemulihan file, seperti DiskDigger, Dumpster, dan EaseUS MobiSaver. Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Pertama, unduh dan instal aplikasi pemulihan file yang dipilih dari Play Store.
  • Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk mengakses penyimpanan ponsel Anda.
  • Setelah itu, pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, misalnya foto, video, atau dokumen.
  • Aplikasi akan memulai proses pemindaian untuk mencari file yang terhapus.
  • Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat daftar file yang ditemukan dan memilih file yang ingin Anda pulihkan.
  • Terakhir, pilih lokasi penyimpanan untuk menyimpan file yang dipulihkan, hindari menyimpannya kembali ke lokasi aslinya untuk menghindari konflik dengan file yang ada.

2. Mengecek Folder Sampah

Banyak ponsel Android memiliki fitur folder sampah di aplikasi Galeri atau File Manager. Folder ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk file yang baru saja dihapus. Anda dapat memeriksanya untuk melihat apakah file yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya. Langkah-langkah umum untuk mencari file di folder sampah adalah:

  • Buka aplikasi Galeri atau File Manager di ponsel Android Anda.
  • Cari opsi “Folder Sampah” atau “Trash” di dalam menu atau pengaturan aplikasi.
  • Buka folder tersebut dan periksa apakah file yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya.
  • Jika iya, pilih file yang diinginkan dan pindahkan kembali ke lokasi penyimpanan aslinya.
🔴 BACA JUGA:  Cara Membeli HP Bekas Berkualitas Dengan Spesifikasi yang Gahar

3. Menggunakan Fitur Google Drive

Jika Anda telah menyinkronkan ponsel Android Anda dengan akun Google Drive, ada kemungkinan file yang terhapus telah tersimpan di sana. Google Drive menyediakan fitur Sinkronisasi dengan Ponsel yang secara otomatis menyimpan file yang dihapus ke folder “Trash” di akun Google Drive Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa dan mengembalikan file yang terhapus melalui Google Drive:

  • Buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda atau akses melalui browser di komputer Anda.
  • Cari opsi “Trash” atau “Sampah” di sisi kiri antarmuka Google Drive.
  • Buka folder tersebut dan periksa apakah file yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya.
  • Jika iya, pilih file yang diinginkan, klik kanan, dan pilih opsi “Pulihkan” atau “Restore” untuk mengembalikan file ke lokasi penyimpanan aslinya.

4. Memanfaatkan Aplikasi Pemulihan Data

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus di Android, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan aplikasi pemulihan data khusus. Aplikasi semacam ini dapat membantu Anda memulihkan file yang sulit diakses atau terhapus secara permanen. Beberapa aplikasi pemulihan data yang populer adalah Dr.Fone, MobiKin Doctor for Android, dan FoneLab Android Data Recovery. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pemulihan data:

  • Unduh dan instal aplikasi pemulihan data yang dipilih dari situs resmi atau sumber tepercaya lainnya.
  • Buka aplikasi dan sambungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui kabel USB.
  • Ikuti petunjuk aplikasi untuk memulai proses pemindaian ponsel Anda.
  • Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan.
  • Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan pilih lokasi penyimpanan untuk menyimpannya.
  • Pastikan Anda menyimpan file tersebut di lokasi yang berbeda dengan file asli untuk menghindari konflik.

5. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File Online

Selain menggunakan aplikasi pemulihan file di ponsel atau komputer, ada juga layanan pemulihan file online yang dapat Anda manfaatkan. Layanan semacam ini memungkinkan Anda mengunggah file yang ingin dipulihkan ke server mereka, dan mereka akan melakukan proses pemulihan secara online. Beberapa layanan pemulihan file online yang dapat Anda coba adalah Recoverit, EaseUS, dan Disk Drill. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan layanan pemulihan file online:

  • Buka situs web layanan pemulihan file online yang dipilih.
  • Pilih opsi “Unggah” atau “Upload” dan cari file yang ingin Anda pulihkan di ponsel atau komputer Anda.
  • Ikuti petunjuk di situs web untuk memulai proses pemulihan.
  • Setelah Anda mengunggah file, layanan pemulihan file online akan memulai proses pemindaian dan pemulihan.
  • Setelah selesai, Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh kembali file yang berhasil dipulihkan ke perangkat Anda.
🔴 BACA JUGA:  Cara Membuat Virus Android yang Santai - Panduan Lengkap

6. Memulihkan dari Cadangan Cloud

Jika Anda menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, ada kemungkinan bahwa file yang terhapus masih tersedia dalam cadangan cloud Anda. Layanan penyimpanan cloud ini seringkali menyediakan fitur cadangan otomatis yang memungkinkan Anda mengembalikan file yang terhapus dalam beberapa hari terakhir. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memulihkan file dari cadangan cloud:

  • Buka aplikasi atau situs web layanan penyimpanan cloud yang Anda gunakan.
  • Cari opsi “File Terhapus” atau “Trash” di antarmuka aplikasi atau situs web.
  • Buka folder tersebut dan periksa apakah file yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya.
  • Jika iya, pilih file yang diinginkan dan pilih opsi untuk mengembalikan file ke lokasi penyimpanan aslinya atau menyalinnya ke perangkat Anda.

7. Memanfaatkan Fitur Pemulihan Pabrik

Jika metode-metode di atas tidak berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus di Android, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan pemulihan pabrik pada ponsel Anda. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel, termasuk file, aplikasi, dan pengaturan pribadi. Pastikan Anda melakukan cadangan semua data penting sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan pemulihan pabrik pada ponsel Android:

  • Buka Pengaturan pada ponsel Anda dan cari opsi “Pemulihan” atau “Reset” di menu pengaturan.
  • Buka opsi tersebut dan pilih “Pemulihan Pabrik” atau “Factory Reset”.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan pabrik.
  • Setelah selesai, ponsel Anda akan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Anda membelinya.
  • Anda dapat memulihkan file Anda dengan mengembalikan data dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

8. Meminta Bantuan Teknisi Profesional

Jika semua upaya pemulihan file sendiri tidak berhasil, atau jika file yang hilang sangat penting bagi Anda, Anda dapat mencari bantuan dari teknisi profesional. Teknisi yang berpengalaman dapat menggunakan perangkat lunak dan metode pemulihan canggih untuk mencoba mengembalikan file yang terhapus. Mereka juga dapat memberikan solusi yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa layanan dari teknisi profesional mungkin akan dikenakan biaya tambahan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk meminta bantuan teknisi profesional dalam pemulihan file di Android:

  • Cari dan temui teknisi profesional yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam pemulihan file di perangkat Android.
  • Jelaskan situasi Anda dengan jelas, termasuk jenis file yang hilang, waktu penghapusan, dan langkah-langkah yang telah Anda coba sejauh ini.
  • Biarkan teknisi menganalisis perangkat Anda dan memberikan solusi terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus.
  • Jika teknisi berhasil mengembalikan file, pastikan untuk menyimpannya di lokasi yang aman dan melakukan cadangan secara berkala untuk menghindari kehilangan data di masa depan.
🔴 BACA JUGA:  9 Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

9. Membatasi Penggunaan Ponsel Setelah File Terhapus

Jika Anda ingin meningkatkan kemungkinan pemulihan file yang terhapus di Android, penting untuk membatasi penggunaan ponsel setelah file tersebut terhapus. Hal ini karena setiap aktivitas baru pada ponsel, seperti mengunduh file baru, menginstal aplikasi, atau melakukan pembaruan sistem, dapat menimbulkan risiko menggantikan area penyimpanan yang sebelumnya digunakan oleh file yang terhapus. Dengan membatasi penggunaan ponsel, Anda memberikan peluang yang lebih besar bagi metode pemulihan untuk berhasil mengembalikan file tersebut.

10. Pencegahan di Masa Depan

Untuk menghindari masalah kehilangan file di masa depan, sangat penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga file Anda tetap aman di perangkat Android:

1. Lakukan cadangan secara teratur: Buatlah kebiasaan untuk secara teratur melakukan cadangan file penting ke penyimpanan eksternal atau layanan cloud yang andal.

2. Periksa sebelum menghapus: Sebelum menghapus file apa pun, pastikan untuk memeriksa dengan teliti dan pastikan bahwa Anda tidak akan membutuhkannya di masa mendatang.

3. Gunakan aplikasi keamanan: Instal aplikasi keamanan yang dapat melindungi data Anda dan memberikan fitur pemulihan file jika diperlukan.

4. Perbarui perangkat lunak: Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi di ponsel Anda untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru.

5. Hindari unduhan dari sumber yang tidak dipercaya: Hanya unduh file dan aplikasi dari sumber yang terpercaya dan aman.

Penutup

Kejadian menghapus file secara tidak sengaja di ponsel Android memang dapat menimbulkan kekhawatiran. Namun, dengan menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan file yang terhapus. Mulai dari memeriksa folder Sampah di perangkat Anda, menggunakan fitur Google Drive, aplikasi pemulihan data, layanan pemulihan file online, hingga memanfaatkan cadangan cloud atau meminta bantuan teknisi profesional, semua langkah tersebut dapat membantu Anda mendapatkan kembali file yang hilang.

Ingatlah untuk membatasi penggunaan ponsel setelah file terhapus dan selalu melakukan langkah-langkah pencegahan di masa depan, seperti melakukan cadangan secara teratur, berhati-hati sebelum menghapus file, menggunakan aplikasi keamanan, dan memperbarui perangkat lunak secara berkala. Dengan demikian, Anda dapat menghindari kerugian data yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Jadi, jika Anda mengalami situasi di mana file penting terhapus di ponsel Android, jangan panik. Ikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati, dan Anda memiliki kesempatan yang baik untuk mengembalikan file tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam mengatasi masalah kehilangan file di Android.

Untuk informasi lebih lanjut atau pertanyaan lain terkait topik ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini!