10 Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Maps Android

Mengukur luas tanah merupakan salah satu hal penting dalam berbagai kegiatan, seperti perencanaan pembangunan, penentuan harga jual, atau sekadar keperluan pribadi. Dalam era digital seperti sekarang, teknologi telah memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan pengukuran tersebut. Salah satu alat yang sangat berguna adalah Google Maps pada perangkat Android. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat mengukur luas tanah dengan cepat dan akurat tanpa perlu menggunakan peralatan fisik secara langsung. Berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengukur luas tanah menggunakan Google Maps di perangkat Android Anda.

Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Maps Android

1. Mengaktifkan Mode Pengukuran Google Maps

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan mode pengukuran pada aplikasi Google Maps di perangkat Android Anda. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Google Maps, ketuk ikon titik tiga di bagian kanan atas layar, dan pilih opsi “Pengukuran” dari menu yang muncul.

Setelah Anda mengaktifkan mode pengukuran, Anda akan melihat beberapa ikon dan opsi baru yang muncul di layar. Ini adalah alat-alat yang akan Anda gunakan dalam proses pengukuran luas tanah.

Sekarang, Anda sudah siap untuk memulai mengukur luas tanah dengan Google Maps di perangkat Android Anda.

2. Menentukan Titik Awal

Langkah selanjutnya adalah menentukan titik awal pengukuran. Anda dapat memilih titik awal dengan mengetuk pada lokasi di peta yang ingin Anda jadikan sebagai titik awal. Misalnya, Anda bisa menentukan titik awal pada sudut tanah atau bangunan yang ingin Anda ukur luasannya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara WhatsApp Web di Android

Setelah menentukan titik awal, Anda akan melihat sebuah pin yang menandai lokasi tersebut. Anda dapat memindahkan pin tersebut jika diperlukan untuk lebih akurat.

Jika Anda sudah puas dengan penempatan pin pada titik awal, langkah berikutnya adalah menentukan titik-titik selanjutnya untuk membentuk garis pengukuran.

3. Membentuk Garis Pengukuran

Untuk mengukur luas tanah, Anda perlu membentuk garis pengukuran yang mengelilingi area yang ingin Anda ukur. Caranya sangat mudah, cukup ketuk pada peta untuk menambahkan titik-titik pengukuran.

Anda dapat menambahkan titik-titik pengukuran dengan mengetuk pada lokasi yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menambahkan titik pengukuran pada sudut tanah atau bangunan yang ingin Anda hitung luasannya.

Selama Anda menambahkan titik-titik pengukuran, Anda dapat mengamati luas area yang terbentuk di antara titik-titik tersebut. Google Maps akan secara otomatis menghitung panjang dan lebar garis pengukuran serta menampilkan total luas area yang terbentuk.

4. Menggunakan Fitur Persegi Panjang

Jika Anda ingin mengukur luas tanah yang berbentuk persegi panjang, Anda dapat menggunakan fitur persegi panjang pada Google Maps. Caranya adalah dengan mengetuk ikon persegi panjang yang muncul setelah Anda membentuk garis pengukuran. Google Maps akan secara otomatis menghitung luas area yang terbentuk dengan bentuk persegi panjang.

Jika area yang ingin Anda ukur tidak berbentuk persegi panjang, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengukur luas dengan bentuk yang lebih kompleks.

5. Menggunakan Fitur Area

Jika area yang ingin Anda ukur memiliki bentuk yang lebih kompleks, Anda dapat menggunakan fitur area pada Google Maps. Caranya adalah dengan mengetuk ikon area yang muncul setelah Anda membentuk garis pengukuran. Google Maps akan secara otomatis menghitung luas area yang terbentuk dengan bentuk yang kompleks.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Main Harvest Moon di Android

Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mengukur luas tanah dengan bentuk yang tidak teratur, seperti tanah yang memiliki banyak sudut atau lengkungan.

6. Menyimpan Pengukuran

Selama proses pengukuran, Anda dapat menyimpan pengukuran yang telah Anda lakukan. Caranya adalah dengan mengetuk ikon simpan yang muncul setelah Anda selesai mengukur luas tanah. Dengan menyimpan pengukuran, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kembali di kemudian hari atau berbagi hasil pengukuran dengan orang lain.

Pastikan untuk memberikan nama atau deskripsi yang jelas saat menyimpan pengukuran agar Anda dapat mengidentifikasinya dengan mudah di kemudian hari.

7. Menggunakan Fitur Rute

Selain mengukur luas tanah, Google Maps juga memiliki fitur rute yang dapat membantu Anda dalam menentukan jalur terbaik untuk mencapai lokasi yang ingin Anda tuju. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengukur luas tanah di lokasi yang sulit dijangkau atau ingin mengetahui jarak tempuh dari titik awal pengukuran ke titik lainnya.

Anda dapat menggunakan fitur rute dengan memilih opsi “Rute” pada aplikasi Google Maps dan menginput lokasi awal dan tujuan pengukuran. Google Maps akan menampilkan rute terbaik serta jarak yang harus Anda tempuh.

8. Menggunakan Peta Satelit

Jika Anda ingin mengukur luas tanah dengan lebih akurat, Anda dapat menggunakan peta satelit pada Google Maps. Caranya adalah dengan mengganti tampilan peta menjadi peta satelit. Dengan menggunakan peta satelit, Anda dapat melihat gambaran yang lebih detail dan nyata dari lokasi yang ingin Anda ukur.

Peta satelit dapat membantu Anda melihat dengan jelas batas-batas tanah, perumahan, atau bangunan yang ada di sekitarnya. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam mengukur luas tanah dengan lebih akurat.

9. Menggunakan Fitur Zoom

Fitur zoom pada Google Maps juga sangat berguna dalam proses pengukuran luas tanah. Anda dapat menggunakan fitur zoom untuk memperbesar atau memperkecil tampilan peta sesuai kebutuhan. Dengan memperbesar tampilan, Anda dapat melihat dengan lebih detail area yang ingin Anda ukur. Sedangkan dengan memperkecil tampilan, Anda dapat melihat gambaran keseluruhan area yang ingin Anda ukur.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Menyambungkan HP Android ke TV Menggunakan Kabel Data Biasa

Pastikan untuk menggunakan fitur zoom secara optimal agar Anda dapat mengukur luas tanah dengan akurat dan mendapatkan informasi yang lengkap tentang area yang akan diukur.

10. Menggabungkan Pengukuran

Jika Anda memiliki beberapa area tanah yang ingin Anda ukur, Anda dapat menggabungkan pengukuran-pengukuran tersebut untuk mendapatkan total luas tanah keseluruhan. Caranya adalah dengan melakukan pengukuran pada setiap area tanah secara terpisah dan kemudian menjumlahkan hasil pengukuran tersebut.

Pastikan untuk memperhatikan batas-batas masing-masing area tanah agar tidak terjadi kesalahan dalam penggabungan pengukuran. Dengan menggabungkan pengukuran, Anda dapat mendapatkan luas tanah secara keseluruhan dengan lebih akurat dan komprehensif.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas 10 cara mengukur luas tanah dengan Google Maps Android. Dengan menggunakan aplikasi Google Maps di perangkat Android Anda, Anda dapat mengukur luas tanah dengan cepat, akurat, dan tanpa perlu menggunakan peralatan fisik secara langsung. Mulai dari mengaktifkan mode pengukuran hingga menggabungkan pengukuran, setiap langkah memiliki fungsinya masing-masing dalam proses pengukuran.

Dengan adanya kemudahan ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan pembangunan, penentuan harga jual tanah, atau sekadar untuk keperluan pribadi. Ingatlah untuk selalu menggunakan fitur-fitur yang tersedia dengan bijak dan mengikuti panduan yang ada dalam aplikasi Google Maps untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengukur luas tanah dengan Google Maps Android!