11 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di Android

Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika perangkat Android Anda terhubung ke WiFi tetapi tidak dapat mengakses internet? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Android menghadapi masalah serupa di mana mereka dapat terhubung ke jaringan WiFi tetapi tidak dapat membuka halaman web atau menggunakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Artikel ini akan memberikan Anda 11 cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Mari kita lihat lebih detail di bawah ini.

Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di Android

1. Periksa Koneksi WiFi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi WiFi itu sendiri. Pastikan router atau hotspot WiFi yang Anda gunakan terhubung dengan internet dengan baik. Anda dapat memeriksa koneksi dengan menghubungkan perangkat lain ke WiFi yang sama dan melihat apakah mereka dapat mengakses internet.

Jika perangkat lain dapat terhubung dengan internet melalui WiFi yang sama, maka masalahnya mungkin ada pada perangkat Android Anda. Namun, jika tidak ada perangkat yang dapat mengakses internet melalui WiFi tersebut, ada kemungkinan masalah pada router atau koneksi internet yang harus Anda atasi terlebih dahulu.

Jika masalahnya terletak pada router atau koneksi internet, coba restart router Anda atau hubungi penyedia layanan internet Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. Periksa Kekuatan Sinyal WiFi

Kekuatan sinyal WiFi yang lemah juga dapat menyebabkan masalah terhubung ke WiFi tetapi tidak ada akses internet. Pastikan Anda berada dalam jangkauan yang cukup dekat dengan router WiFi atau hotspot dan sinyalnya kuat. Jika sinyalnya lemah, Anda mungkin perlu mendekatkan perangkat Android Anda ke router atau hotspot untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil.

Jika Anda berada cukup dekat dengan router atau hotspot WiFi dan masih mengalami masalah sinyal yang lemah, Anda dapat mencoba menggunakan WiFi extender atau repeater untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi di rumah atau kantor Anda.

Memposisikan router WiFi di tempat strategis juga dapat membantu meningkatkan kualitas sinyal WiFi. Pastikan router ditempatkan di tempat terbuka dan bebas dari hambatan fisik seperti dinding atau perabotan besar.

đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Memindahkan WhatsApp Android ke iPhone

3. Periksa Pengaturan WiFi di Android

Kadang-kadang, masalah terhubung ke WiFi tetapi tidak ada internet di Android dapat disebabkan oleh pengaturan WiFi yang salah di perangkat Anda. Untuk memeriksa pengaturan WiFi, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “WiFi” atau “Koneksi Jaringan” untuk masuk ke pengaturan WiFi.

– Pastikan WiFi diaktifkan dan perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi yang benar.

– Ketuk jaringan WiFi yang terhubung dan pilih “Lupakan” atau “Hapus” untuk menghapus profil jaringan WiFi tersebut.

– Setelah itu, pilih jaringan WiFi yang sama dan masukkan kata sandi jika diperlukan.

– Jika Anda memiliki opsi “Peroleh IP Otomatis” atau “Dapatkan IP Otomatis” di pengaturan WiFi, pastikan opsi tersebut diaktifkan.

– Jika Anda memiliki opsi “Proxy” di pengaturan WiFi, pastikan opsi tersebut dinonaktifkan atau sesuaikan dengan pengaturan yang diberikan oleh penyedia layanan internet Anda.

– Setelah Anda memeriksa dan mengatur ulang pengaturan WiFi, coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah masalahnya teratasi.

4. Matikan dan Nyalakan Kembali WiFi

Kadang-kadang, masalah sederhana seperti perangkat WiFi yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah terhubung tetapi tidak ada akses internet di Android. Anda dapat mencoba mematikan WiFi pada perangkat Android Anda selama beberapa detik, lalu nyalakan kembali.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “WiFi” atau “Koneksi Jaringan” untuk masuk ke pengaturan WiFi.

– Matikan tombol WiFi, tunggu beberapa detik, lalu aktifkan kembali.

– Setelah itu, sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah Anda dapat mengakses internet.

5. Periksa Pengaturan DNS

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menghubungkan alamat web (URL) dengan alamat IP server. Kadang-kadang, pengaturan DNS yang salah dapat mengganggu koneksi internet pada perangkat Android Anda. Untuk memeriksa dan mengatur pengaturan DNS di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “WiFi” atau “Koneksi Jaringan” untuk masuk ke pengaturan WiFi.

– Tahan jari Anda pada jaringan WiFi yang terhubung dan pilih “Ubah Jaringan” atau “Modifikasi Jaringan”.

– Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tampilkan Pengaturan Lanjutan” atau “Pengaturan Tambahan”.

đź”´ BACA JUGA:  Mudah dan Cepat Cara Mengambil Tangkapan Layar di Laptop Windows, MacBook atau Chromebook

– Pilih opsi tersebut dan cari opsi “Pengaturan IP” atau “IP Settings”.

– Ubah pengaturan IP menjadi “Statis” atau “Manual”.

– Isi kolom DNS 1 dan DNS 2 dengan server DNS yang diinginkan (Anda dapat menggunakan server DNS Google, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4).

– Setelah Anda mengatur pengaturan DNS, tekan tombol “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyimpan perubahan.

Setelah Anda mengatur ulang pengaturan DNS, sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah masalahnya teratasi.

6. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Ketika cache dan data aplikasi yang terkait dengan koneksi internet mengalami kerusakan atau korupsi, ini dapat menyebabkan masalah terhubung tetapi tidak ada akses internet di Android. Anda dapat mencoba menghapus cache dan data aplikasi yang relevan untuk memperbaiki masalah ini. Langkah-langkahnya akan sedikit berbeda tergantung pada versi Android dan merek perangkat Anda, tetapi umumnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “Aplikasi” atau “Pengelolaan Aplikasi” untuk masuk ke pengaturan aplikasi.

– Cari dan pilih aplikasi yang terkait dengan koneksi internet (misalnya, “Chrome”, “Browser”, atau aplikasi browser lainnya).

– Di halaman informasi aplikasi, pilih opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

– Konfirmasikan tindakan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga cache dan data aplikasi dihapus.

– Setelah selesai, coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah masalahnya teratasi.

7. Nonaktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat pada perangkat Android Anda dapat memutuskan semua koneksi, termasuk koneksi WiFi. Jika mode pesawat masih aktif, Anda tidak akan dapat mengakses internet meskipun terhubung ke jaringan WiFi. Pastikan mode pesawat tidak diaktifkan di perangkat Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “Mode Pesawat” atau “Koneksi” untuk masuk ke pengaturan koneksi.

– Pastikan mode pesawat dinonaktifkan atau matikan tombol mode pesawat jika sedang aktif.

– Setelah mode pesawat dimatikan, coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah Anda dapat mengakses internet.

8. Perbarui Firmware atau Sistem Operasi

Kadang-kadang, masalah terhubung tetapi tidak ada akses internet di Android dapat disebabkan oleh bug atau masalah pada firmware atau sistem operasi perangkat Anda. Memperbarui perangkat Anda ke versi terbaru firmware atau sistem operasi dapat membantu memperbaiki masalah ini. Langkah-langkah untuk memperbarui perangkat Anda mungkin berbeda tergantung pada merek dan model perangkat Anda, tetapi umumnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

đź”´ BACA JUGA:  5 Cara Download Video Twitter di Android

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat” untuk masuk ke pengaturan informasi perangkat.

– Cari opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem” dan pilihnya.

– Perangkat Anda akan memeriksa apakah ada pembaruan tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan memperbarui perangkat Anda.

– Setelah perangkat Anda diperbarui, sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan periksa apakah masalahnya teratasi.

9. Nonaktifkan VPN

Jika Anda menggunakan aplikasi VPN pada perangkat Android Anda, ada kemungkinan bahwa VPN tersebut dapat mempengaruhi koneksi internet Anda. Beberapa VPN mungkin memiliki konfigurasi yang tidak kompatibel dengan jaringan WiFi tertentu, menyebabkan masalah terhubung tetapi tidak ada akses internet. Coba nonaktifkan VPN Anda sementara dan periksa apakah masalahnya teratasi.

– Buka aplikasi VPN di perangkat Android Anda.

– Temukan opsi untuk mematikan atau keluar dari VPN.

– Nonaktifkan atau keluar dari VPN dan coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi.

– Periksa apakah Anda dapat mengakses internet setelah mematikan VPN.

10. Reset Pengaturan Jaringan

Jika masalah terus berlanjut, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan pada perangkat Android Anda. Reset pengaturan jaringan akan menghapus semua pengaturan jaringan, termasuk jaringan WiFi yang tersimpan, dan mengembalikannya ke pengaturan default. Pastikan Anda memiliki informasi login untuk jaringan WiFi yang akan Anda sambungkan kembali setelah mereset pengaturan jaringan. Untuk mereset pengaturan jaringan, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

– Pilih “Sistem” atau “Pengaturan Tambahan” (tergantung pada versi Android Anda).

– Cari dan pilih opsi “Reset” atau “Pengaturan Pabrik”.

– Pilih opsi “Reset Pengaturan Jaringan” atau “Reset Jaringan”.

– Konfirmasikan tindakan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga perangkat Anda mereset pengaturan jaringan.

– Setelah reset selesai, sambungkan kembali ke jaringan WiFi dan masukkan informasi login yang diperlukan.

11. Hubungi Layanan Dukungan

Jika setelah mencoba semua langkah di atas masalah masih belum teratasi, disarankan untuk menghubungi layanan dukungan teknis dari penyedia perangkat Anda atau penyedia layanan internet Anda. Mereka akan dapat memberikan bantuan lebih lanjut dalam menyelesaikan masalah terhubung tetapi tidak ada akses internet di perangkat Android Anda.