11 Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di ponsel Android Anda? Jangan panik! Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Android mengalami situasi yang sama. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file terhapus di Android. Dalam artikel ini, kami akan membahas 11 cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan kembali file yang hilang tersebut.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

1. Memeriksa folder Tempat Sampah

Ketika Anda menghapus file di Android, file tersebut mungkin masih ada di folder Tempat Sampah. Beberapa perangkat Android memiliki fitur Tempat Sampah yang menyimpan file yang dihapus selama beberapa waktu sebelum benar-benar menghapusnya. Jika Anda tidak menemukan file yang hilang di tempat aslinya, periksa folder Tempat Sampah terlebih dahulu.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Jika file yang hilang tidak dapat ditemukan di Tempat Sampah, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Android untuk mengembalikannya. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus secara efektif. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah DiskDigger.

3. Menggunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi data di perangkat Android Anda dengan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, kemungkinan besar file yang terhapus dapat dipulihkan dari penyimpanan cloud tersebut. Anda dapat masuk ke akun penyimpanan cloud Anda melalui aplikasi atau website dan mencari file yang hilang di sana.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Mudah Log Out Akun Google Menggunakan Android

4. Memanfaatkan Fitur Pemulihan Bawaan Ponsel

Banyak ponsel Android memiliki fitur pemulihan bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan file yang terhapus. Fitur ini biasanya dapat diakses melalui menu Pengaturan ponsel Anda. Carilah opsi seperti “Pemulihan Data” atau “Pulihkan File Terhapus” di pengaturan dan ikuti petunjuk untuk memulihkan file yang hilang.

5. Menggunakan Perangkat Keras Eksternal

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat keras eksternal seperti kartu SD atau kabel USB OTG untuk menghubungkan ponsel Android Anda ke perangkat lain, seperti komputer. Dengan menggunakan perangkat keras eksternal, Anda dapat memindahkan data dari ponsel ke perangkat lain dan kemudian mencoba memulihkan file yang hilang melalui perangkat tersebut.

6. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data PC

Jika Anda tidak dapat memulihkan file yang hilang melalui ponsel Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data khusus untuk PC. Anda perlu menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui kabel USB dan menggunakan aplikasi pemulihan data seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery Wizard untuk mencoba memulihkan file yang terhapus.

7. Memulihkan dari Backup

Jika Anda secara teratur melakukan backup data ponsel Android Anda, Anda memiliki peluang besar untuk mengembalikan file yang hilang dari backup tersebut. Anda dapat memulihkan file melalui fitur backup dan restore bawaan di perangkat Android Anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Photos untuk memulihkan foto dan video yang terhapus.

8. Memulihkan dari Riwayat Pencarian

Saat Anda menghapus file di ponsel Android, file tersebut mungkin masih tercatat dalam riwayat pencarian Anda. Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer memiliki fitur riwayat pencarian yang dapat membantu Anda menemukan file yang hilang. Anda dapat membuka aplikasi tersebut, masuk ke riwayat pencarian, dan mencari file yang hilang berdasarkan nama atau jenis file.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Aman Root HP Android Menggunakan Aplikasi

9. Meminta Bantuan dari Ahli Pemulihan Data

Jika semua cara di atas tidak berhasil dan file yang hilang sangat berharga bagi Anda, Anda dapat mencari bantuan dari ahli pemulihan data profesional. Ahli pemulihan data memiliki perangkat dan teknologi khusus untuk memulihkan file yang hilang. Namun, perlu diingat bahwa jasa pemulihan data profesional mungkin memerlukan biaya tertentu.

10. Mencegah Kehilangan Data di Masa Depan

Setelah Anda berhasil mengembalikan file yang hilang di Android, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar tidak kehilangan data di masa depan. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan termasuk melakukan backup data secara teratur, mengaktifkan sinkronisasi dengan layanan cloud, dan menggunakan aplikasi pengelola file yang dapat menghindari penghapusan file yang tidak disengaja.

11. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File Android

Terakhir, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file Android yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus. Beberapa aplikasi populer termasuk Dumpster, DiskDigger, dan Restore Image (Super Easy). Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi-aplikasi tersebut melalui Play Store, dan mereka akan membantu Anda memulihkan file yang terhapus dengan cara yang lebih efektif.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 11 cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file terhapus di Android. Mulai dari memeriksa folder Tempat Sampah, menggunakan aplikasi pemulihan data Android, memanfaatkan layanan penyimpanan cloud, hingga menggunakan perangkat keras eksternal atau aplikasi pemulihan data PC. Selain itu, kami juga menyarankan untuk memulihkan dari backup, memulihkan dari riwayat pencarian, meminta bantuan dari ahli pemulihan data, serta memberikan tips pencegahan agar tidak kehilangan data di masa depan.

Jangan khawatir jika Anda mengalami kejadian di mana file penting terhapus di ponsel Android Anda. Dengan menggunakan beberapa cara yang telah kami bahas di atas, Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan kembali file yang hilang. Ingatlah untuk segera mengambil tindakan setelah menyadari file terhapus, karena semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan untuk memulihkannya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi masalah file terhapus di Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!