13 Cara Ganti Nomor Gmail di Android

Anda ingin mengganti nomor Gmail di perangkat Android Anda? Jangan khawatir, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukannya. Di artikel ini, kami akan membagikan 13 langkah mudah untuk mengganti nomor Gmail di Android. Jadi, jika Anda ingin memperbarui nomor kontak Anda yang terhubung dengan akun Gmail, ikuti petunjuk di bawah ini.

Perhatian: Sebelum Anda memulai proses mengganti nomor Gmail, pastikan Anda memiliki akses ke nomor telepon baru yang ingin Anda gunakan. Anda juga harus memiliki perangkat Android yang terhubung dengan akun Gmail yang ingin Anda ubah. Sekarang, mari kita mulai!

Cara Ganti Nomor Gmail di Android

1. Buka Aplikasi Pengaturan di Perangkat Android Anda

Langkah pertama untuk mengganti nomor Gmail di Android adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Biasanya, ikon Pengaturan terlihat seperti roda gigi atau ikon lainnya yang mirip. Cari dan ketuk ikon Pengaturan untuk membuka pengaturan perangkat Android Anda.

Setelah Anda membuka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Akun” atau “Akun dan Sinkronisasi”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Jika perangkat Android Anda menggunakan antarmuka pengguna yang berbeda, opsi ini mungkin berada di lokasi yang sedikit berbeda, tetapi biasanya dapat ditemukan di bagian Pengaturan.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Mengubah File ke ZIP di Android

2. Pilih Akun Google

Setelah Anda masuk ke menu “Akun” atau “Akun dan Sinkronisasi”, Anda akan melihat daftar semua akun yang terhubung dengan perangkat Android Anda. Cari dan ketuk akun Google yang ingin Anda ubah nomor teleponnya.

Jika Anda memiliki beberapa akun Google, pastikan Anda memilih akun yang benar-benar terhubung dengan nomor telepon yang ingin Anda ganti. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda mengganti nomor yang tepat.

Jika Anda tidak melihat akun Google Anda dalam daftar, mungkin perlu mengeklik opsi “Tambahkan Akun” dan mengikuti langkah-langkah untuk menambahkan akun Google Anda ke perangkat Android Anda.

3. Ketuk “Kelola Akun Google Anda”

Selanjutnya, setelah Anda memilih akun Google yang ingin Anda ubah nomornya, Anda akan melihat berbagai opsi dan detail akun. Cari dan ketuk opsi “Kelola Akun Google Anda” atau opsi yang serupa di menu ini.

Ini akan membuka pengaturan lebih lanjut untuk akun Google yang Anda pilih, termasuk opsi untuk mengubah informasi akun seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.

4. Pilih “Informasi Pribadi”

5. Ketuk “Nomor Telepon”

Dalam menu “Informasi Pribadi”, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Nomor Telepon”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

6. Verifikasi Identitas Anda

Untuk keamanan, Google akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebelum mengizinkan Anda mengubah nomor telepon. Proses verifikasi ini dapat berbeda tergantung pada pengaturan keamanan akun Anda. Biasanya, Google akan meminta Anda memasukkan kata sandi akun Google Anda atau melakukan verifikasi melalui metode lain seperti kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang saat ini terdaftar.

Ikuti langkah-langkah verifikasi yang diberikan oleh Google untuk melanjutkan.

7. Masukkan Nomor Telepon Baru

Setelah Anda berhasil melewati proses verifikasi, Anda akan dapat mengganti nomor telepon yang terdaftar dengan akun Google Anda. Masukkan nomor telepon baru yang ingin Anda hubungkan dengan akun Gmail Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membersihkan File Sampah di Android: Tips Praktis untuk Memaksimalkan Performa Perangkat Anda

Pastikan untuk memasukkan nomor telepon dengan benar dan pastikan Anda memiliki akses ke nomor tersebut untuk menerima kode verifikasi atau informasi penting lainnya dari Google.

8. Verifikasi Nomor Telepon Baru

Setelah Anda memasukkan nomor telepon baru, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut. Periksa ponsel Anda untuk menerima kode verifikasi tersebut.

Masukkan kode verifikasi yang Anda terima dari Google ke dalam formulir yang disediakan di aplikasi atau halaman web. Ini akan mengkonfirmasi bahwa nomor telepon baru yang Anda masukkan adalah valid dan dapat dihubungkan dengan akun Google Anda.

9. Selesai! Nomor Telepon Telah Diganti

Setelah Anda berhasil memasukkan kode verifikasi, Google akan mengonfirmasi bahwa nomor telepon Anda telah diganti dengan sukses. Sekarang, nomor telepon baru Anda akan terhubung dengan akun Gmail Anda.

Pastikan untuk memeriksa pengaturan akun Google Anda untuk memastikan bahwa nomor telepon yang baru telah terdaftar dengan benar dan terhubung dengan akun Gmail Anda.

10. Perbarui Nomor Telepon di Aplikasi Google Lainnya

Setelah Anda mengganti nomor telepon di akun Google, penting untuk memperbarui nomor telepon tersebut di aplikasi Google lainnya yang Anda gunakan, seperti Google Drive, Google Calendar, atau Google Pay.

Buka setiap aplikasi Google yang terinstal di perangkat Android Anda dan periksa pengaturan akun untuk memastikan nomor telepon yang tercantum benar dan diperbarui.

11. Hapus Nomor Telepon Lama (Opsional)

Jika Anda ingin menghapus nomor telepon lama yang terhubung dengan akun Google Anda setelah mengganti nomor telepon, Anda dapat menghapus nomor telepon lama yang terhubung dengan akun Google Anda. Ini adalah langkah opsional, tetapi dapat membantu menghindari kebingungan di masa mendatang.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone Sepenuhnya

Untuk menghapus nomor telepon lama, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka kembali pengaturan akun Google di perangkat Android Anda.
Cari opsi “Nomor Telepon” atau “Informasi Pribadi” seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Ketuk nomor telepon lama yang tercantum di pengaturan.
Pilih opsi “Hapus Nomor Telepon” atau serupa.
Konfirmasikan tindakan tersebut jika diminta oleh Google.
Pastikan untuk memeriksa kembali bahwa Anda menghapus nomor telepon yang benar dan tidak menghapus nomor telepon baru yang baru saja Anda tambahkan.

12. Periksa Kembali Pengaturan dan Keamanan Akun Anda

Setelah Anda selesai mengganti nomor telepon Gmail di Android, penting untuk memeriksa pengaturan dan keamanan akun Anda secara menyeluruh. Pastikan nomor telepon baru terdaftar dengan benar dan akun Anda aman.

Anda juga dapat memeriksa opsi keamanan lainnya seperti verifikasi dua faktor, kata sandi yang kuat, dan opsi pemulihan akun. Hal ini akan membantu melindungi akun Gmail Anda dari akses yang tidak sah.

13. Mengingat Nomor Telepon Baru Anda

Terakhir, pastikan untuk mengingat nomor telepon baru yang terhubung dengan akun Gmail Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk memulihkan akses ke akun Anda jika Anda perlu melakukan pemulihan kata sandi atau verifikasi identitas di masa mendatang.

Anda juga dapat mencatat nomor telepon baru Anda di tempat yang aman, seperti aplikasi catatan atau buku telepon, untuk referensi yang mudah di kemudian hari.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat mengganti nomor telepon Gmail di perangkat Android Anda dengan mudah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan memeriksa kembali setiap langkah untuk memastikan perubahan nomor telepon yang sukses.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengganti nomor telepon Gmail di Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!