15 Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di HP Android

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan modern. Dari pekerjaan hingga kegiatan sehari-hari, semuanya dilakukan melalui smartphone. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita seringkali menyimpan berbagai jenis data penting dalam perangkat Android kita, seperti foto, video, pesan teks, dan dokumen.

Namun, terkadang kita dapat mengalami kehilangan data yang tidak terduga, baik karena kesalahan pengguna, serangan virus, atau masalah teknis lainnya. Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada perangkat Android adalah kehilangan file yang sudah lama terhapus.

Jika Anda pernah mengalami hal ini, Anda mungkin merasa sangat frustrasi karena kehilangan data penting. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan 15 cara yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android Anda. Kami akan membahas cara-cara yang mudah dan cepat yang dapat dilakukan sendiri, serta beberapa pilihan layanan profesional jika diperlukan.

Dengan membaca artikel ini, Anda akan mempelajari cara-cara yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus di HP Android Anda, dan memastikan bahwa data Anda selalu aman dan terlindungi.

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

1. Gunakan Aplikasi Recuva

Jika Anda mencari cara untuk mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android, maka salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi Recuva. Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan file yang hilang atau terhapus di HP Android dengan mudah dan cepat.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Recuva dari situs web resmi atau toko aplikasi Android. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Recuva memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, dokumen, dan banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi ini dapat mengembalikan file yang terhapus dalam waktu singkat dan dengan hasil yang baik.

2. Gunakan Aplikasi DiskDigger

Aplikasi lain yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android adalah DiskDigger. Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan file yang hilang atau terhapus dari penyimpanan internal atau kartu SD di HP Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi DiskDigger dari situs web resmi atau toko aplikasi Android. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

DiskDigger memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, dokumen, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

3. Gunakan Aplikasi EaseUS MobiSaver

Salah satu cara lain untuk mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android adalah dengan menggunakan aplikasi EaseUS MobiSaver. Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan file yang hilang atau terhapus dari penyimpanan internal atau kartu SD di HP Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi EaseUS MobiSaver dari situs web resmi atau toko aplikasi Android. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Download Video Twitter di Android

EaseUS MobiSaver memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, dokumen, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

4. Gunakan Aplikasi Dr.Fone

Dr.Fone adalah aplikasi pemulihan data yang sangat populer dan dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Dr.Fone dari situs web resmi atau toko aplikasi Android. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Dr.Fone memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, pesan teks, kontak, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

5. Gunakan Fitur Google Backup

Jika Anda menggunakan HP Android, maka Anda dapat memanfaatkan fitur Google Backup untuk mengembalikan file yang sudah lama terhapus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat cadangan data dari HP Anda ke akun Google Anda, sehingga Anda dapat memulihkan data tersebut kapan saja.

Untuk menggunakan fitur Google Backup, Anda perlu masuk ke akun Google Anda pada HP Android Anda dan mengaktifkan fitur cadangan. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis data yang ingin dicadangkan, seperti kontak, kalender, foto, dan lain-lain.

Jika Anda ingin mengembalikan data yang sudah terhapus, Anda dapat masuk ke pengaturan Google Backup pada HP Anda dan memilih opsi untuk mengembalikan data dari cadangan yang ada.

6. Gunakan Fitur Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto dan video yang disediakan oleh Google dan dapat digunakan untuk mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan foto dan video ke akun Google Anda secara otomatis, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja.

Untuk menggunakan Google Photos, Anda perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Android dan masuk ke akun Google Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi untuk mengaktifkan fitur sinkronisasi foto dan video, sehingga setiap foto dan video yang diambil dengan HP Anda akan otomatis tersimpan di akun Google Anda.

Jika Anda ingin mengembalikan foto atau video yang sudah terhapus, Anda dapat masuk ke aplikasi Google Photos dan mencari foto atau video yang hilang di album ‘Sampah’. Jika foto atau video masih ada di album Sampah, Anda dapat mengembalikannya ke galeri HP Anda dengan mudah.

7. Gunakan Aplikasi Dumpster

Dumpster adalah aplikasi penyimpanan file yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini bekerja dengan cara menyimpan file yang dihapus ke dalam folder khusus, sehingga Anda dapat mengembalikannya kapan saja.

Untuk menggunakan aplikasi Dumpster, Anda perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Android dan mengaktifkan fitur penghapusan file otomatis. Setelah itu, setiap file yang dihapus akan otomatis disimpan di dalam aplikasi Dumpster.

Jika Anda ingin mengembalikan file yang sudah terhapus, Anda dapat membuka aplikasi Dumpster dan mencari file yang hilang di dalam folder khusus. Setelah itu, Anda dapat memilih file yang ingin dikembalikan dan mengembalikannya ke galeri HP Anda dengan mudah.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengupgrade Android

8. Gunakan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini menggunakan teknologi pemulihan data yang kuat dan dapat memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain.

Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger, Anda perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Android dan memasangnya di HP Anda. Setelah itu, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan memilih jenis file yang ingin dipulihkan dan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Aplikasi DiskDigger juga memiliki fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android.

9. Gunakan Aplikasi EaseUS MobiSaver

EaseUS MobiSaver adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi EaseUS MobiSaver, Anda perlu mengunduh aplikasi dari situs web resmi atau toko aplikasi Android. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

EaseUS MobiSaver memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, pesan teks, kontak, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

10. Gunakan Aplikasi Recuva

Recuva adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi Recuva, Anda perlu mengunduh aplikasi dari situs web resmi dan memasangnya di HP Anda. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Recuva memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

11. Gunakan Aplikasi Undeleter

Undeleter adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi Undeleter, Anda perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Android dan memasangnya di HP Anda. Setelah itu, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan memilih jenis file yang ingin dipulihkan dan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Undeleter memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

12. Gunakan Aplikasi GT Recovery

GT Recovery adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi GT Recovery, Anda perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi Android dan memasangnya di HP Anda. Setelah itu, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan memilih jenis file yang ingin dipulihkan dan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Nembak WiFi dengan Android

GT Recovery memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

13. Gunakan Aplikasi Tenorshare Android Data Recovery

Tenorshare Android Data Recovery adalah aplikasi pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data yang kuat dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi Tenorshare Android Data Recovery, Anda perlu mengunduh aplikasi dari situs web resmi dan memasangnya di HP Anda. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, Anda dapat memulai proses pemulihan data dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di aplikasi.

Tenorshare Android Data Recovery memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file seperti foto, video, pesan teks, kontak, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pemindaian yang mendalam untuk membantu Anda menemukan file yang terhapus dengan lebih mudah.

14.Gunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika Anda tidak dapat mengembalikan file yang terhapus menggunakan metode yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mencoba menggunakan layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan pemulihan data untuk pengguna Android yang mengalami masalah dengan file yang hilang atau terhapus.

Dalam menggunakan layanan pemulihan data, Anda perlu mengirimkan perangkat Android Anda ke perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Perusahaan tersebut akan melakukan pemulihan data menggunakan peralatan khusus yang dapat mengembalikan file yang hilang atau terhapus.

Namun, layanan pemulihan data profesional biasanya cukup mahal dan memakan waktu yang lama. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih adalah perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam menyediakan layanan pemulihan data.

15. Lakukan Backup Secara Rutin

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kehilangan file yang penting adalah dengan melakukan backup secara rutin. Backup adalah proses membuat salinan data Anda dan menyimpannya di tempat yang aman, seperti hard disk eksternal atau cloud storage.

Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa data Anda aman dan terlindungi jika terjadi masalah pada perangkat Android Anda atau jika file Anda terhapus secara tidak sengaja.

Untuk melakukan backup data pada perangkat Android, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi backup yang tersedia di toko aplikasi Android atau memanfaatkan fitur backup bawaan pada perangkat Android Anda.

Kesimpulan

Kejadian kehilangan file yang terhapus secara tidak sengaja memang sering terjadi pada pengguna HP Android. Namun, dengan menggunakan salah satu dari 15 cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang hilang atau terhapus.

Penting untuk diingat bahwa Anda perlu menghindari penggunaan perangkat Android yang terlalu penuh atau overloading, karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah pada perangkat Anda. Selain itu, Anda juga perlu melakukan backup secara rutin untuk memastikan bahwa data Anda aman dan terlindungi.

Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih, kegiatan backup data dan pemulihan data juga semakin mudah dilakukan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah dengan file yang hilang atau terhapus, jangan panik. Cobalah salah satu dari 15 cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di HP Android yang telah dijelaskan di atas atau gunakan layanan pemulihan data profesional jika diperlukan.