5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa PC

Apakah Anda pernah menghapus file yang penting pada perangkat Android Anda dan tidak tahu bagaimana mengembalikannya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa perlu menggunakan PC.

Android telah menjadi sistem operasi paling populer untuk perangkat mobile di dunia, dan dengan kemajuan teknologi, ada banyak metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus dengan cepat dan mudah.

Sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa kemungkinan pemulihan file tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis file, lama file tersebut terhapus, dan cara file tersebut terhapus. Namun, dengan mencoba beberapa metode yang akan kami bahas, Anda memiliki kesempatan yang baik untuk mendapatkan kembali file yang hilang.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa PC

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk mengembalikan file yang terhapus di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan file. Ada banyak aplikasi pemulihan file yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Beberapa aplikasi populer termasuk DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dumpster. Unduh dan instal salah satu aplikasi ini, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan file yang terhapus.

Untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan file, pastikan Anda segera menggunakan aplikasi pemulihan file setelah file dihapus dan menghindari menginstal aplikasi baru atau menyimpan data baru di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Melacak HP Android yang Hilang tanpa GPS

Jika aplikasi pemulihan file tidak berhasil mengembalikan file yang Anda cari, jangan khawatir, masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

2. Menggunakan Penyedia Layanan Penyimpanan Cloud

Jika Anda memiliki file yang disinkronkan dengan penyedia layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, Anda mungkin dapat mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Buka aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan di perangkat Android Anda dan cek apakah file yang hilang masih ada di folder sampah atau folder penyimpanan yang tersembunyi. Jika iya, pilih file tersebut dan pulihkan ke direktori yang sesuai.

Jika file tidak ada di folder sampah atau folder penyimpanan cloud Anda, coba periksa versi sebelumnya dari file tersebut yang mungkin disimpan oleh layanan penyimpanan cloud. Beberapa penyedia layanan menyediakan fitur untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file.

Jika Anda tidak menggunakan penyedia layanan penyimpanan cloud atau file Anda tidak disinkronkan dengan penyimpanan cloud, jangan khawatir. Masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File dari Pabrikan Perangkat

Beberapa pabrikan perangkat Android menyediakan aplikasi pemulihan file bawaan yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Misalnya, Samsung memiliki fitur “Recycle Bin” yang dapat Anda aktifkan untuk menyimpan file yang dihapus sementara sebelum benar-benar menghapusnya. Cek apakah perangkat Anda memiliki fitur serupa atau aplikasi pemulihan file bawaan lainnya. Jika ada, gunakan aplikasi tersebut untuk mencari file yang terhapus dan pulihkan jika ditemukan.

4. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File Online

Jika tidak ada aplikasi pemulihan file yang cocok atau tidak memuaskan, Anda dapat mencoba menggunakan layanan pemulihan file online. Beberapa situs web menawarkan layanan pemulihan file online yang dapat memindai perangkat Android Anda dan mencoba untuk mengembalikan file yang terhapus. Anda hanya perlu mengunggah perangkat Anda ke situs web tersebut dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Namun, pastikan untuk memilih situs web yang terpercaya dan menyediakan opsi keamanan untuk melindungi privasi Anda.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Melihat Password WiFi di Android yang Sudah Terhubung

5. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File dari PC

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah menggunakan aplikasi pemulihan file dari PC. Meskipun Anda meminta artikel ini tanpa menggunakan PC, metode ini dapat berguna jika semua upaya sebelumnya gagal dan Anda benar-benar ingin mengembalikan file yang terhapus. Anda perlu menghubungkan perangkat Android Anda ke PC menggunakan kabel USB, kemudian menggunakan software pemulihan file seperti EaseUS Data Recovery Wizard atau Recuva untuk melakukan pemindaian pada perangkat dan mencari file yang terhapus. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda.

Semoga dengan menggunakan salah satu atau beberapa metode di atas, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android Anda tanpa PC. Ingatlah untuk selalu membuat salinan cadangan file penting Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 5 cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa perlu menggunakan PC. Metode yang kami bahas termasuk menggunakan aplikasi pemulihan file, penyedia layanan penyimpanan cloud, aplikasi pemulihan file dari pabrikan perangkat, aplikasi pemulihan file online, dan aplikasi pemulihan file dari PC. Setiap metode memiliki kelebihan dan keterbatasan, jadi Anda dapat mencoba beberapa metode untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan file Anda. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan membuat salinan cadangan file penting secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan di masa depan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat bagi Anda dalam mengembalikan file yang terhapus di Android.

Ingatlah bahwa kemungkinan pemulihan file tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis file, lama file tersebut terhapus, dan cara file tersebut terhapus. Tidak ada jaminan 100% bahwa setiap file yang terhapus dapat dikembalikan. Oleh karena itu, penting untuk segera mengambil tindakan setelah file terhapus dan menggunakan metode pemulihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Cek Android

Jaga keamanan dan privasi data Anda selama proses pemulihan file. Pastikan untuk menggunakan aplikasi dan layanan yang terpercaya, serta mengikuti langkah-langkah yang diberikan dengan hati-hati.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Anda berhasil mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Selamat mencoba dan semoga berhasil!