5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah menghapus video yang penting dari ponsel Android Anda dan sekarang ingin mengembalikannya? Jangan khawatir! Di dalam artikel ini, kita akan membahas 5 cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan video yang terhapus di Android tanpa menggunakan aplikasi. Dari pengaturan ponsel hingga pemulihan melalui penyimpanan awan, Anda akan menemukan berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah kehilangan video di Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

1. Pemulihan dari Folder Sampah

Saat Anda menghapus video di ponsel Android, video tersebut mungkin tidak langsung dihapus secara permanen. Sebaliknya, video yang dihapus akan ditempatkan dalam folder sampah atau tempat sampah yang ada di penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengembalikan video yang terhapus adalah dengan memeriksa folder sampah di ponsel Anda.

Untuk melakukannya, buka aplikasi Galeri atau File Manager di ponsel Anda dan cari opsi “Sampah” atau “Recycle Bin”. Kemudian, buka folder tersebut dan cari video yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda menemukannya, cukup pilih video tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke folder aslinya. Video akan dikembalikan ke folder awal sebelum Anda menghapusnya dan Anda bisa mengaksesnya seperti biasa.

Jika Anda tidak menemukan folder sampah di ponsel Anda atau video yang ingin Anda pulihkan tidak ada di dalamnya, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk mengembalikan video yang terhapus di Android Anda.

2. Pemulihan dari Backup

Selanjutnya, Anda bisa mencoba mengembalikan video yang terhapus di Android Anda melalui backup yang sudah Anda buat sebelumnya. Banyak ponsel Android modern memiliki fitur otomatis untuk membuat backup data Anda, termasuk foto dan video, ke penyimpanan awan seperti Google Drive atau OneDrive. Oleh karena itu, jika Anda telah mengaktifkan fitur backup ini sebelumnya, Anda mungkin bisa mengembalikan video yang terhapus melalui backup tersebut.

🔴 BACA JUGA:  10 Merk HP Samsung Harga 1 Jutaan: Pilihan Terbaik untuk Anda

Untuk melakukannya, buka aplikasi penyimpanan awan yang Anda gunakan, seperti Google Drive, dan periksa apakah video yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya. Jika ada, Anda bisa mengunduh video tersebut kembali ke ponsel Anda dan mengaksesnya seperti biasa.

Jika Anda tidak menggunakan fitur backup otomatis atau tidak menemukan video yang ingin Anda pulihkan di penyimpanan awan, masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengembalikan video yang terhapus di Android Anda. Aplikasi-aplikasi ini bekerja dengan cara melakukan pemindaian menyeluruh pada penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda untuk mencari file yang terhapus dan kemudian mengembalikannya ke folder aslinya.

Untuk menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda cukup mengunduh dan menginstal aplikasi yang dipilih dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memberikan izin akses ke penyimpanan ponsel Anda. Setelah itu, aplikasi akan memulai pemindaian dan menampilkan file-file yang dapat dipulihkan, termasuk video yang terhapus. Anda tinggal memilih video yang ingin Anda pulihkan dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengembalikannya ke folder aslinya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi pemulihan data berhasil dalam setiap kasus. Keberhasilan pemulihan tergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa lama video tersebut telah terhapus, apakah ada penggantian data yang telah terjadi setelah penghapusan, dan kondisi penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin tidak dapat mengembalikan video yang terhapus menggunakan aplikasi pemulihan data. Meskipun demikian, mencoba aplikasi pemulihan data masih merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah kehilangan video di Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Email di Android

4. Menggunakan Software Pemulihan Data di Komputer

Selain menggunakan aplikasi pemulihan data di ponsel Android, Anda juga bisa mencoba menggunakan software pemulihan data di komputer. Beberapa software pemulihan data populer seperti EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, dan DiskDigger dapat digunakan untuk memulihkan video yang terhapus di Android Anda.

Untuk menggunakan software pemulihan data di komputer, Anda perlu menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer dengan kabel USB dan menjalankan software pemulihan data tersebut. Kemudian, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan oleh software untuk memulai proses pemulihan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda sebagai lokasi pemindaian dan software akan memulai proses pemindaian untuk mencari file yang terhapus, termasuk video. Setelah pemindaian selesai, Anda bisa melihat daftar file yang dapat dipulihkan dan memilih video yang ingin Anda pulihkan. Terakhir, Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh software untuk mengembalikan video tersebut ke folder aslinya.

Perlu diingat bahwa seperti aplikasi pemulihan data di ponsel, tidak semua software pemulihan data di komputer berhasil dalam setiap kasus. Keberhasilan pemulihan juga tergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda, seberapa lama video tersebut telah terhapus, dan apakah ada penggantian data yang telah terjadi setelah penghapusan. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin tidak dapat mengembalikan video yang terhapus menggunakan software pemulihan data di komputer. Namun, mencoba menggunakan software pemulihan data masih bisa menjadi pilihan yang layak untuk mencoba mengatasi masalah kehilangan video di Android Anda.

5. Menggunakan Layanan Cloud atau Backup

Jika Anda pernah mengaktifkan fitur sinkronisasi atau pengunggahan otomatis ke layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, atau jika Anda telah membuat cadangan video Anda sebelumnya, maka Anda mungkin beruntung. Anda bisa mencoba mengembalikan video yang terhapus dengan mengakses akun cloud Anda atau mengakses cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Log Aktivitas HP Android

Cara ini bisa sangat efektif karena video Anda mungkin masih ada di penyimpanan cloud Anda, bahkan setelah Anda menghapusnya dari ponsel Android Anda. Anda tinggal masuk ke akun cloud Anda melalui aplikasi atau situs web resmi, dan mencari folder atau album yang berisi video yang terhapus. Kemudian, Anda tinggal mengunduh atau mengembalikan video tersebut ke ponsel Anda atau komputer Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh layanan cloud atau backup yang Anda gunakan untuk mengembalikan video dengan benar.

Penghapusan video yang tidak sengaja atau kehilangan video penting di Android bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan. Namun, Anda tidak perlu panik karena masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan video yang terhapus. Mulai dari menggunakan fitur bawaan di Android, aplikasi pemulihan data, software pemulihan data di komputer, hingga layanan cloud atau backup.

Terlepas dari metode yang Anda pilih, penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda bertindak, semakin besar peluang Anda untuk mengembalikan video yang terhapus. Hindari penggunaan ponsel Anda atau mengunduh file baru setelah video terhapus, karena ini dapat mengurangi kemungkinan pemulihan. Selain itu, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan dengan seksama dan hindari menyimpan file yang dipulihkan pada penyimpanan yang sama dengan file yang terhapus untuk menghindari penggantian data.