6 Cara Cek Versi Android

admin

0 Comment

Link

Anda memiliki smartphone atau tablet Android? Tentu saja, sebagai pengguna perangkat ini, Anda harus tahu tentang sistem operasi Android yang digunakan pada perangkat Anda. Android adalah sistem operasi mobile paling populer di dunia dan digunakan pada jutaan perangkat dari berbagai merek. Di artikel ini, kami akan membahas 6 cara mudah untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda.

Banyak pengguna Android yang tidak tahu versi Android yang mereka gunakan pada perangkat mereka. Mengetahui versi Android yang digunakan pada perangkat Anda adalah penting karena banyak aplikasi yang membutuhkan versi Android tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, beberapa aplikasi atau permainan mungkin tidak dapat diunduh atau diinstal jika perangkat Anda menggunakan versi Android yang sudah usang.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai cara untuk mengetahui versi Android yang digunakan pada perangkat Anda. Dengan mengetahui versi Android, Anda dapat memperbarui perangkat Anda dan memastikan bahwa perangkat Anda selalu mendapatkan versi terbaru dari sistem operasi Android.

Cara Cek Versi Android

1. Cek Versi Android melalui Pengaturan

Cara pertama untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda adalah melalui pengaturan perangkat Anda. Ini adalah cara paling mudah dan umum digunakan oleh pengguna Android. Berikut adalah cara memeriksa versi Android pada perangkat Anda melalui pengaturan:

  • Pertama-tama, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Anda.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Tablet”. Klik atau ketuk opsi ini.
  • Di halaman “Tentang Telepon” atau “Tentang Tablet”, cari opsi “Versi Android” atau “Nomor Build”. Di sini Anda akan menemukan nomor versi Android yang digunakan pada perangkat Anda.
  • Anda dapat memeriksa nomor build untuk mengetahui detail lebih lanjut tentang versi Android Anda, seperti nomor rilis, tanggal pembuatan, dan informasi lainnya.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Terbaik Tahun 2024: Inovasi Baterai 5000 mAh dan RAM 8 GB/128 GB

Perhatikan bahwa istilah dan opsi yang digunakan pada pengaturan perangkat Anda mungkin sedikit berbeda, tergantung pada merek dan model perangkat Android Anda.

2. Cek Versi Android dengan Kode Rahasia

Selain melalui pengaturan, Anda juga dapat memeriksa versi Android pada perangkat Anda dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia ini adalah kombinasi kode yang dapat digunakan untuk mengakses opsi dan fitur tertentu pada perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa versi Android dengan kode rahasia:

  • Pertama, buka aplikasi telepon pada perangkat Android Anda.
  • Kemudian ketikkan kode *#*#4636#*#* pada layar panggilan. Kode ini akan membuka “Testing menu” pada perangkat Anda.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Informasi Telepon” atau “Informasi Perangkat”. Di sini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang perangkat Android Anda, termasuk nomor versi Android yang digunakan pada perangkat Anda.
  • Anda juga dapat memeriksa informasi lain, seperti informasi jaringan, informasi baterai, dan informasi perangkat keras pada perangkat Anda.

Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android mendukung kode rahasia ini, tergantung pada merek dan model perangkat Anda.

3. Cek Versi Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda. Aplikasi ini umumnya dapat diunduh dan diinstal dari Google Play Store. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda:

  • CPU-Z: Aplikasi ini memberikan informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak pada perangkat Android Anda, termasuk nomor versi Android.
  • Device Info: Aplikasi ini memberikan informasi detail tentang perangkat Android Anda, termasuk nomor versi Android, informasi perangkat keras, informasi jaringan, dan banyak lagi.
  • Phone INFO: Aplikasi ini memberikan informasi detail tentang perangkat Android Anda, termasuk nomor versi Android, informasi perangkat keras, informasi jaringan, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengujian perangkat yang berguna.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Edit PDF di Android

Ada banyak aplikasi pihak ketiga lain yang dapat digunakan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda. Pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk menghindari malware dan virus pada perangkat Anda.

4. Cek Versi Android melalui Perintah ADB

Anda juga dapat memeriksa versi Android pada perangkat Anda melalui perintah ADB (Android Debug Bridge). ADB adalah alat pengembangan Android yang digunakan oleh pengembang untuk menghubungkan perangkat Android ke komputer dan menguji aplikasi dan perangkat lunak pada perangkat Android. Berikut adalah cara memeriksa versi Android melalui perintah ADB:

  • Pertama, pastikan Anda sudah menginstal ADB pada komputer Anda.
  • Kemudian, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB.
  • Buka terminal atau command prompt pada komputer Anda dan ketikkan perintah “adb shell getprop ro.build.version.release”.
  • Perintah ini akan menampilkan nomor versi Android yang digunakan pada perangkat Anda.

Anda juga dapat menggunakan perintah lain, seperti “adb shell getprop ro.build.version.sdk” untuk menampilkan nomor SDK Android yang digunakan pada perangkat Anda.

5. Cek Versi Android melalui Mode Download

Mode Download adalah mode khusus yang dapat digunakan pada perangkat Android untuk memperbaiki masalah pada perangkat atau untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Mode Download dapat digunakan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda. Berikut adalah cara memeriksa versi Android melalui Mode Download:

  • Pertama, pastikan perangkat Anda dalam kondisi mati.
  • Kemudian, tahan tombol Volume Bawah dan tombol Daya bersamaan selama beberapa detik hingga layar perangkat Anda menyala.
  • Pilih opsi “Mode Download” atau “Download Mode”.
  • Setelah masuk ke Mode Download, Anda akan melihat informasi tentang perangkat Anda, termasuk nomor versi Android yang digunakan pada perangkat Anda.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Edit Video di Lightroom Android

Untuk keluar dari Mode Download, tekan tombol Daya untuk mematikan perangkat Anda dan kemudian nyalakan kembali perangkat Anda seperti biasa.

6. Cek Versi Android melalui Situs Web Google

Google juga menyediakan cara untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda melalui situs web resmi Google. Berikut adalah cara memeriksa versi Android melalui situs web Google:

  • Buka browser web di perangkat Anda dan buka situs web https://www.google.com/android/versions.
  • Di sini, Anda akan melihat daftar nomor versi Android yang pernah dirilis oleh Google beserta nama kode dan tanggal rilisnya.
  • Temukan nomor versi Android yang digunakan pada perangkat Anda pada daftar tersebut dan temukan nama kode dan tanggal rilisnya.

Anda juga dapat menemukan informasi tentang fitur dan perbaikan bug pada setiap versi Android pada situs web ini.

Penutup

Memeriksa versi Android pada perangkat Anda adalah langkah penting untuk memastikan perangkat Anda berjalan dengan baik dan mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda, termasuk melalui pengaturan perangkat, aplikasi pihak ketiga, perintah ADB, Mode Download, dan situs web Google. Pastikan untuk memeriksa versi Android pada perangkat Anda secara teratur untuk memastikan perangkat Anda tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Share:

Related Post