6 Cara Mengubah Versi Android

Android adalah sistem operasi yang paling populer untuk perangkat seluler di dunia. Setiap tahun, versi terbaru Android dirilis dengan fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan. Namun, tidak semua pengguna dapat langsung memperbarui perangkat mereka ke versi terbaru. Artikel ini akan membahas 6 cara untuk mengubah versi Android Anda secara manual, sehingga Anda dapat menikmati fitur-fitur terbaru tanpa harus menunggu pembaruan resmi dari produsen perangkat Anda. Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda coba:

Cara Mengubah Versi Android

1. Mencari Pembaruan Sistem

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia untuk perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke “Pengaturan” > “Tentang Telepon” > “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem” dan menekan tombol “Periksa Pembaruan”. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti instruksi yang diberikan untuk mengunduh dan menginstalnya.

Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika produsen perangkat Anda tidak lagi menyediakan pembaruan sistem untuk perangkat Anda, Anda masih dapat mengubah versi Android menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstal versi Android yang lebih baru secara manual. Salah satu contohnya adalah [nama aplikasi]. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari [sumber terpercaya] dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal versi Android yang diinginkan.

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk melakukan pencadangan data Anda secara menyeluruh, karena proses pengubahan versi Android mungkin menghapus semua data yang ada di perangkat Anda.

3. Melakukan Flashing ROM Kustom

Flashing ROM kustom adalah metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengubah versi Android perangkat Anda. ROM kustom adalah versi modifikasi dari Android yang dikembangkan oleh pengembang independen. Ada berbagai ROM kustom yang tersedia, seperti LineageOS, Paranoid Android, dan banyak lagi.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Mengetahui Password WiFi yang Belum Terhubung di Android

Untuk menginstal ROM kustom, Anda perlu membuka bootloader perangkat Anda dan menginstal pemulihan kustom seperti TWRP. Setelah itu, Anda dapat mengunduh ROM kustom yang diinginkan dan menginstalnya melalui pemulihan kustom. Namun, perlu diingat bahwa flashing ROM kustom memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan dapat membatalkan garansi perangkat Anda.

4. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

ADB adalah alat yang disediakan oleh Android SDK (Software Development Kit) untuk berkomunikasi dengan perangkat Android melalui komputer. Anda dapat menggunakan ADB untuk mengubah versi Android perangkat Anda dengan menginstal file ROM secara manual.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Pastikan Anda memiliki Android SDK terinstal di komputer Anda. Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Android Developer.

Langkah 2: Aktifkan mode pengembang di perangkat Anda. Buka “Pengaturan” > “Tentang Telepon” > Ketuk beberapa kali pada “Nomor Build” hingga muncul pesan “Anda sekarang dalam mode pengembang”.

Langkah 3: Aktifkan USB Debugging di perangkat Anda. Buka “Pengaturan” > “Opsi Pengembang” > Aktifkan “USB Debugging”.

Langkah 4: Hubungkan perangkat Anda ke komputer melalui kabel USB.

Langkah 5: Buka terminal atau command prompt di komputer Anda dan jalankan perintah berikut untuk memastikan perangkat Anda terdeteksi:

adb devices

Langkah 6: Unduh file ROM yang diinginkan dan simpan di komputer Anda.

Langkah 7: Jalankan perintah berikut untuk memasukkan perangkat Anda ke dalam mode pemulihan:

adb reboot recovery

Langkah 8: Setelah perangkat Anda berada dalam mode pemulihan, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih opsi. Cari opsi yang mengizinkan Anda untuk menginstal ROM dari file zip dan pilih file ROM yang telah Anda unduh.

Langkah 9: Tunggu proses penginstalan selesai, lalu restart perangkat Anda.

5. Menggunakan Custom Kernel

Kernel adalah bagian dari sistem operasi Android yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Mengganti kernel perangkat Anda dengan kernel kustom dapat memberikan fitur-fitur tambahan dan peningkatan performa, termasuk kemungkinan mengubah versi Android.

Untuk mengganti kernel perangkat Anda, Anda perlu membuka bootloader dan menginstal kernel kustom yang kompatibel dengan perangkat Anda. Ada banyak kernel kustom yang tersedia, seperti ElementalX, Franco Kernel, dan lainnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan JavaScript di Android

Sebelum mengganti kernel, pastikan untuk melakukan pencadangan data Anda, karena proses ini dapat menghapus data yang ada di perangkat Anda.

6. Menggunakan Custom ROM

Custom ROM adalah versi Android yang dikembangkan oleh komunitas pengembang independen. Mereka menyediakan pengalaman Android yang disesuaikan dengan fitur tambahan dan peningkatan performa. Jika Anda ingin mengubah versi Android dan merasakan pengalaman baru, menginstal custom ROM dapat menjadi pilihan yang baik.

Untuk menginstal custom ROM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Membuka bootloader: Sebelum menginstal custom ROM, Anda perlu membuka bootloader perangkat Anda. Setiap perangkat memiliki cara yang berbeda untuk membuka bootloader, jadi pastikan untuk mencari petunjuk khusus untuk perangkat Anda.
  • Memasang pemulihan kustom: Setelah bootloader terbuka, Anda perlu menginstal pemulihan kustom seperti TWRP (Team Win Recovery Project). Pemulihan kustom memungkinkan Anda menginstal ROM kustom dan membuat pencadangan serta mengembalikan sistem Anda.
  • Mengunduh custom ROM: Ada banyak custom ROM yang tersedia, seperti LineageOS, Pixel Experience, dan Paranoid Android. Pilih custom ROM yang sesuai dengan perangkat Anda dan unduh file ROM yang sesuai.
  • Pindahkan file ROM ke perangkat: Salin file ROM yang telah Anda unduh ke penyimpanan internal atau kartu SD perangkat Anda.
  • Masuk ke pemulihan kustom: Matikan perangkat Anda, lalu tekan kombinasi tombol untuk masuk ke pemulihan kustom. Biasanya, kombinasi tombol yang umum adalah “Tombol Volume Up + Tombol Power”.
  • Buat cadangan data: Sebelum menginstal custom ROM, sangat disarankan untuk membuat cadangan semua data penting Anda. Pilih opsi “Backup” di pemulihan kustom untuk membuat salinan data Anda.
  • Hapus data (Opsional): Jika Anda menginstal custom ROM dari ROM yang berbeda, disarankan untuk membersihkan data perangkat Anda. Pilih opsi “Wipe” di pemulihan kustom dan lakukan penghapusan data, cache, dan Dalvik cache.
  • Instal custom ROM: Pilih opsi “Install” di pemulihan kustom, lalu cari dan pilih file ROM yang telah Anda salin ke perangkat Anda. Konfirmasikan instalasi dan tunggu proses penginstalan selesai.
  • Pasang kembali pemulihan: Setelah instalasi selesai, Anda dapat memasang kembali pemulihan kustom atau memilih opsi “Reboot to System” untuk memulai perangkat dengan custom ROM yang baru.
  • Konfigurasi dan penyesuaian: Setelah perangkat Anda mulai dengan custom ROM, ikuti langkah-langkah pengaturan awal dan sesuaikan pengaturan sesuai preferensi Anda. Anda juga dapat menginstal aplikasi atau modifikasi tambahan yang kompatibel dengan custom ROM yang Anda pilih.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Pindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Mengubah versi Android dengan custom ROM memberikan Anda kebebasan untuk menyesuaikan perangkat Anda dan menikmati fitur-fitur baru. Namun, perlu diingat bahwa menginstal custom ROM dapat membatalkan garansi perangkat Anda dan berpotensi merusak perangkat jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Lakukan riset yang baik dan ikuti petunjuk dengan teliti sebelum melanjutkan dengan proses ini.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 6 cara mengubah versi Android secara manual. Dari mencari pembaruan sistem hingga menggunakan custom ROM, setiap metode memiliki kelebihan dan risikonya sendiri. Penting untuk diingat bahwa mengubah versi Android dengan cara yang tidak resmi dapat berdampak pada garansi perangkat Anda dan mengakibatkan kerusakan pada perangkat jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengubah versi Android perangkat Anda, pastikan untuk melakukan pencadangan data yang penting dan membaca panduan dan instruksi dengan teliti. Selain itu, perhatikan bahwa beberapa metode yang disebutkan di artikel ini mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang cukup atau dapat membatalkan garansi perangkat Anda.

Dengan menjalankan salah satu metode yang telah kami sebutkan di artikel ini, Anda dapat merasakan fitur-fitur terbaru dari versi Android yang lebih baru dan meningkatkan pengalaman pengguna Anda. Namun, selalu ingat bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas tindakan Anda, dan kami merekomendasikan untuk berhati-hati dan melakukan riset yang baik sebelum melanjutkan dengan proses ini.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda dalam mengubah versi Android perangkat Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca artikel ini!