7 Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Android, sebagai salah satu sistem operasi mobile paling populer di dunia, memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengunduh dan menginstal berbagai macam aplikasi dari Google Play Store atau sumber lainnya. Namun, ada beberapa aplikasi bawaan atau sistem yang tidak dapat dihapus secara langsung oleh pengguna, terkadang membuat pengguna merasa terbatas dalam mengelola aplikasi mereka. Masalah ini seringkali menjadi tantangan bagi pengguna Android yang ingin membersihkan perangkat mereka dari aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak digunakan.

Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang 7 cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Mulai dari metode bawaan yang disediakan oleh sistem operasi Android, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengelola aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda akan dapat mengelola aplikasi di perangkat Android Anda dengan lebih efisien dan membersihkan aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak bisa dihapus.

Selain itu, artikel ini akan disusun dalam format HTML dan menggunakan struktur SEO yang baik untuk memastikan artikel ini dapat diakses dengan baik oleh mesin pencari dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Mari kita mulai dengan pembahasan 7 cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

1. Menggunakan Pengaturan Aplikasi Bawaan

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus adalah dengan menggunakan pengaturan aplikasi bawaan. Beberapa ponsel Android memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus. Anda dapat mengakses pengaturan aplikasi bawaan melalui menu Pengaturan pada ponsel Anda dan mencari opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih opsi “Hapus” atau “Nonaktifkan” jika tersedia.

Sebelum menghapus aplikasi, pastikan untuk membuat cadangan data penting yang mungkin ada di dalam aplikasi tersebut, seperti foto, video, atau catatan. Anda juga harus berhati-hati saat menghapus aplikasi yang berasal dari pabrikan atau operator ponsel, karena menghapus aplikasi ini dapat mempengaruhi kinerja ponsel Anda atau menghilangkan fitur-fitur yang berguna.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi dapat dihapus atau dinonaktifkan menggunakan pengaturan aplikasi bawaan. Beberapa aplikasi sistem atau aplikasi yang telah diinstal oleh produsen atau operator ponsel mungkin tetap tidak bisa dihapus menggunakan metode ini. Jika itu terjadi, Anda dapat mencoba cara lain yang akan dijelaskan di bawah.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk menghapus aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur yang lebih canggih dan dapat menghapus aplikasi yang dianggap tidak bisa dihapus oleh pengaturan aplikasi bawaan.

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menghapus aplikasi di Android adalah Package Disabler Pro (Samsung). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus pada ponsel Samsung. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi dapat berisiko, karena dapat mempengaruhi kinerja ponsel Anda atau menghilangkan fitur-fitur yang berguna. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mengikuti panduan yang diberikan oleh aplikasi sebelum menggunakannya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android

3. Melalui Pengaturan Pengembang

Jika Anda adalah pengguna yang sudah memiliki akses ke pengaturan pengembang di ponsel Android Anda, Anda dapat mencoba cara ini. Pengaturan pengembang adalah pengaturan tambahan yang diberikan oleh Android untuk pengembang atau pengguna yang telah mengaktifkan opsi pengembang di ponsel mereka. Untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus melalui pengaturan aplikasi bawaan, Anda dapat mengakses pengaturan pengembang dengan cara pergi ke Pengaturan > Tentang Telepon > Info Perangkat Lunak > Tersedia pada beberapa ponsel, atau Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi Perangkat Lunak > Opsi Pengembang pada ponsel lainnya.

Setelah Anda masuk ke pengaturan pengembang, cari opsi yang disebut “Opsi Pengembang” atau “Pengaturan Pengembang” dan pilih opsi tersebut. Selanjutnya, cari opsi “Aplikasi” atau “Pengelolaan Aplikasi” dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi “Hapus” atau “Nonaktifkan” jika tersedia. Namun, perlu diingat bahwa mengakses pengaturan pengembang dan menghapus aplikasi melalui pengaturan pengembang dapat berisiko dan hanya dianjurkan untuk pengguna yang memiliki pemahaman yang baik tentang pengaturan dan operasi sistem Android.

4. Menggunakan Aplikasi Cleaner dan Antivirus

Aplikasi cleaner dan antivirus adalah jenis aplikasi yang dapat membantu Anda membersihkan ponsel Android Anda dari file-file sementara, sampah, dan malware yang mungkin ada di dalamnya. Beberapa aplikasi cleaner dan antivirus juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi cleaner atau antivirus yang terpercaya dari Google Play Store, dan kemudian menggunakannya untuk mencari dan menghapus aplikasi yang ingin Anda hapus.
Untuk menggunakan aplikasi cleaner atau antivirus untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi cleaner atau antivirus dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi dan ikuti panduan untuk membersihkan ponsel Anda dari file-file sementara, sampah, atau malware.
  • Setelah proses pembersihan selesai, cari opsi yang disebut “Aplikasi” atau “Pengaturan Aplikasi” di dalam aplikasi cleaner atau antivirus.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih opsi “Hapus” atau “Nonaktifkan” jika tersedia.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi cleaner atau antivirus memiliki fitur untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, dan penggunaan aplikasi cleaner atau antivirus untuk menghapus aplikasi dapat berisiko. Pastikan untuk menggunakan aplikasi cleaner atau antivirus yang terpercaya dan mengikuti panduan yang diberikan oleh aplikasi tersebut sebelum menghapus aplikasi.

5. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

ADB atau Android Debug Bridge adalah alat pengembang yang disediakan oleh Android untuk mengelola perangkat Android melalui komputer Anda. ADB memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol ponsel Android Anda melalui perintah yang dijalankan di komputer Anda. Salah satu penggunaan ADB adalah untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus melalui pengaturan aplikasi bawaan. Namun, penggunaan ADB memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan harus dilakukan dengan hati-hati, karena penghapusan aplikasi yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Login PKV Games Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan ADB untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus:

  • Instal ADB di komputer Anda. Anda dapat mengunduh ADB dari situs web resmi Android Developer (https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools) dan mengikuti panduan instalasi yang diberikan.
  • Aktifkan opsi pengembang di ponsel Android Anda. Caranya dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model ponsel Anda, tetapi biasanya dapat ditemukan di Pengaturan > Tentang Telepon > Info Perangkat Lunak atau Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi Perangkat Lunak.
  • Aktifkan opsi debug USB di ponsel Anda. Anda dapat melakukannya melalui opsi pengembang yang telah diaktifkan sebelumnya. Setelah itu, sambungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka command prompt atau terminal di komputer Anda dan jalankan perintah “adb devices” untuk memastikan ponsel Anda terdeteksi oleh ADB.
  • Setelah ponsel Anda terdeteksi oleh ADB, jalankan perintah “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya, jalankan perintah “pm uninstall -k –user 0 ” di shell ADB, di mana adalah nama paket aplikasi yang ingin Anda hapus. Anda bisa mencari nama paket aplikasi yang ingin dihapus dengan mencarinya di Google atau di Google Play Store.
  • Tekan Enter untuk menjalankan perintah dan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Android Anda.

Penting untuk diingat bahwa menggunakan ADB untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan harus dilakukan dengan hati-hati. Salah penggunaan ADB dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Android Anda. Pastikan untuk mengikuti panduan dan instruksi yang diberikan oleh ADB dengan cermat, atau lebih baik lagi, konsultasikan dengan sumber yang terpercaya sebelum menggunakan ADB.

6. Menggunakan Aplikasi Pengelola Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi cleaner dan antivirus, ada juga aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga ini dapat ditemukan di Google Play Store dan biasanya menawarkan fitur yang lebih canggih dan fleksibel dalam menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.
Beberapa aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga yang populer adalah Package Disabler Pro, System App Remover, dan Titanium Backup. Dengan menggunakan aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga ini, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus atau tidak diinginkan, bahkan aplikasi sistem, serta mengelola aplikasi yang diinstal di perangkat Anda dengan lebih mudah dan efisien.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga juga memerlukan kehati-hatian. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan akses root pada perangkat Android Anda, yang dapat meningkatkan risiko kerusakan pada sistem Android jika tidak digunakan dengan benar. Pastikan untuk membaca ulasan dan instruksi penggunaan dengan cermat sebelum menggunakan aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga, dan lakukan backup data penting Anda sebelum melakukan penghapusan aplikasi.

7. Mereset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Metode terakhir yang dapat Anda coba untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus adalah dengan mereset ponsel ke pengaturan pabrik. Namun, metode ini harus digunakan dengan hati-hati, karena akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi yang ada di perangkat Anda, serta mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik awal.
Sebelum melakukan reset ponsel ke pengaturan pabrik, pastikan untuk melakukan backup semua data penting Anda, seperti kontak, pesan, foto, dan file penting lainnya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset ponsel ke pengaturan pabrik:

  • Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  • Cari dan pilih opsi “Pencadangan & Reset” atau “Sistem & Reset”.
  • Pilih opsi “Setel Ulang Data Pabrik” atau “Setel Ulang Pengaturan” (nama opsi dapat berbeda tergantung pada merek dan model ponsel Anda).
  • Konfirmasi tindakan ini dengan memasukkan kata sandi atau pola kunci Anda jika diminta.
  • Pilih opsi “Setel Ulang Ponsel” atau “Setel Ulang Perangkat” untuk memulai proses reset ponsel ke pengaturan pabrik.
  • Tunggu hingga proses reset selesai. Setelah selesai, perangkat Anda akan kembali ke pengaturan pabrik awal dan semua data serta aplikasi yang tidak bisa dihapus akan dihapus dari perangkat Anda.
🔴 BACA JUGA:  Cara Membuat Game Online di HP Android dengan Mudah

Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk yang diberikan selama proses reset ponsel ke pengaturan pabrik. Setelah proses selesai, Anda dapat menginstal kembali aplikasi yang diperlukan dari Google Play Store.

Penutup

Itulah 7 cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Meskipun aplikasi bawaan tidak dapat dihapus di Android, Anda masih memiliki beberapa opsi untuk mengelola dan menghapus aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak bisa dihapus. Mulai dari mengnonaktifkan aplikasi bawaan, menggunakan aplikasi cleaner atau antivirus, memanfaatkan pengaturan aplikasi sistem, menggunakan ADB, menggunakan aplikasi pengelola aplikasi pihak ketiga, hingga mereset ponsel ke pengaturan pabrik, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Pastikan untuk selalu berhati-hati saat menghapus aplikasi di Android, terutama aplikasi bawaan atau sistem, karena dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas perangkat Anda. Sebelum menghapus aplikasi apa pun, pastikan Anda telah memahami risiko dan konsekuensinya, serta melakukan backup data penting Anda sebagai langkah pencegahan.

Selain itu, sebaiknya menghindari menghapus aplikasi yang sangat penting untuk operasional perangkat Android Anda, seperti aplikasi sistem yang diperlukan untuk kinerja atau keamanan perangkat. Jika Anda ragu atau tidak yakin, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atau mencari informasi lebih lanjut sebelum menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Terakhir, perlu diingat bahwa artikel ini hanya memberikan panduan umum dan tidak menjamin keberhasilan atau kesuksesan dalam menghapus aplikasi di Android. Efektivitas metode yang dijelaskan dalam artikel ini dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan versi Android perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati, dan selalu backup data penting Anda sebelum melakukan tindakan apa pun yang berpotensi menghapus aplikasi atau mereset perangkat Anda.

Dalam rangka menjaga keamanan dan integritas perangkat Anda, selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play Store dan mengikuti pedoman yang diberikan oleh pengembang aplikasi. Hindari mengunduh atau menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan, karena dapat menghadirkan risiko keamanan bagi perangkat Anda.

Demikianlah artikel lengkap mengenai 7 cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengelola aplikasi di perangkat Android Anda dengan lebih efisien dan membersihkan aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak bisa dihapus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi masalah menghapus aplikasi di Android. Selamat mencoba!