7 Cara Menghapus Semua Pesan di Messenger Sekaligus di Android

Messenger adalah salah satu aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak pengguna Android. Namun, seiring berjalannya waktu, kotak pesan di Messenger dapat menjadi sangat berantakan dan penuh dengan pesan lama yang tidak lagi diperlukan. Menghapus pesan satu per satu bisa menjadi tugas yang melelahkan dan memakan waktu. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus semua pesan di Messenger sekaligus di Android. Dalam artikel ini, kami akan membagikan  cara yang efektif untuk membersihkan kotak pesan Anda. Simaklah informasinya di bawah ini!

Cara Menghapus Semua Pesan di Messenger Sekaligus di Android

1. Menggunakan Fitur Bawaan Messenger

Messenger menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menghapus pesan secara massal. Caranya cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka percakapan yang ingin Anda hapus pesannya.

2. Tekan dan tahan pesan pertama di percakapan tersebut.

3. Sekarang, centang kotak di sebelah pesan lain yang ingin Anda hapus.

4. Setelah semua pesan yang ingin Anda hapus terpilih, ketuk ikon tong sampah di bagian atas layar.

5. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan pesan. Ketuk “Hapus” untuk menghapus pesan secara permanen.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus pesan secara massal menggunakan fitur bawaan Messenger. Namun, jika Anda memiliki banyak percakapan dengan banyak pesan, proses ini dapat memakan waktu dan membutuhkan upaya yang cukup. Jadi, mari kita lihat metode lain yang lebih efisien.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Messenger, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membantu Anda menghapus semua pesan di Messenger secara cepat dan mudah. Salah satu aplikasi yang populer adalah “Messenger Cleaner.” Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Backup Kontak Android ke Google Drive

1. Pertama, unduh dan instal aplikasi “Messenger Cleaner” dari Google Play Store.

2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut.

3. Aplikasi ini akan memindai kotak pesan Messenger Anda dan menampilkan daftar semua percakapan.

4. Pilih percakapan yang ingin Anda hapus pesannya atau pilih “Select All” untuk memilih semua percakapan.

5. Ketuk tombol “Delete” untuk menghapus pesan secara massal.

6. Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Messenger Cleaner”, Anda dapat menghapus semua pesan di Messenger dengan lebih efisien. Aplikasi ini akan memindai kotak pesan Anda dan memungkinkan Anda untuk menghapus pesan secara massal tanpa perlu memilih satu per satu.

3. Menghapus Pesan dengan Menggunakan Mode Teks

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan mode teks. Mode ini memungkinkan Anda untuk menghapus pesan di Messenger menggunakan perintah teks secara massal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda.

2. Buka percakapan yang ingin Anda hapus pesannya.

3. Di bidang teks, ketikkan perintah “/remove” (tanpa tanda kutip).

4. Aplikasi akan memberi Anda pilihan untuk menghapus pesan untuk diri sendiri atau untuk semua orang dalam percakapan tersebut. Pilih opsi yang sesuai.

5. Ketuk tombol “Hapus” atau ikon tong sampah untuk mengonfirmasi penghapusan.

Dengan menggunakan mode teks, Anda dapat dengan cepat menghapus pesan di Messenger tanpa harus membuka setiap percakapan secara manual. Ini adalah cara yang efisien untuk membersihkan kotak pesan Anda.

4. Menghapus Percakapan secara Keseluruhan

Jika Anda ingin membersihkan kotak pesan Messenger dengan cepat dan tidak ingin menyimpan sejarah percakapan, Anda dapat menghapus percakapan secara keseluruhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda.

2. Di layar utama, tahan percakapan yang ingin Anda hapus.

3. Pilih opsi “Hapus” atau ikon tong sampah di bagian atas layar.

4. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan. Ketuk “Hapus” untuk menghapus percakapan secara permanen.

Dengan menghapus percakapan secara keseluruhan, Anda dapat dengan cepat membersihkan kotak pesan Messenger tanpa harus menghapus pesan satu per satu. Namun, perlu diingat bahwa dengan menghapus percakapan, Anda juga akan kehilangan semua pesan dan file yang terkait dengan percakapan tersebut.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Pindah WhatsApp dari Android ke iPhone: Panduan Lengkap untuk Mengalihkan Chat dan Kontak

5. Menggunakan Aplikasi Cleaner dan Optimizer

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga yang secara khusus ditujukan untuk menghapus pesan di Messenger, Anda juga dapat menggunakan aplikasi cleaner dan optimizer yang umumnya tersedia di Google Play Store. Aplikasi semacam ini tidak hanya membantu menghapus pesan di Messenger, tetapi juga membersihkan cache, file sementara, dan file yang tidak diperlukan lainnya di perangkat Anda. Dengan membersihkan perangkat secara keseluruhan, Anda dapat mempercepat kinerja perangkat dan membuat ruang yang lebih besar untuk penggunaan lainnya.

6. Menghapus Pesan melalui Facebook

Jika Anda ingin menghapus pesan di Messenger, Anda juga dapat melakukannya melalui platform Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda atau akses Facebook melalui browser.

2. Masuk ke akun Facebook Anda jika belum masuk.

3. Di beranda Facebook, ketuk ikon Messenger di bagian atas layar untuk membuka Messenger.

4. Buka percakapan yang ingin Anda hapus pesannya.

5. Tekan dan tahan pesan pertama di percakapan tersebut.

6. Seret jari Anda ke bawah untuk memilih pesan lainnya.

7. Setelah semua pesan yang ingin Anda hapus terpilih, ketuk ikon tong sampah di bagian atas layar.

8. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan pesan. Ketuk “Hapus” untuk menghapus pesan secara permanen.

Dengan menggunakan platform Facebook, Anda dapat menghapus pesan di Messenger dengan mudah dan cepat. Metode ini sangat berguna jika Anda ingin mengakses pesan Anda melalui Facebook dan menghapusnya dari sana.

7. Mengelola Pesan Secara Teratur

Selain menghapus pesan secara massal, penting juga untuk mengelola pesan secara teratur agar kotak pesan Anda tetap terorganisir dan tidak terlalu penuh. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola pesan di Messenger:

1. Hapus pesan yang tidak lagi diperlukan secara berkala. Jangan biarkan pesan-pesan lama menumpuk dalam kotak pesan Anda.

2. Simpan pesan penting atau yang berisi informasi yang ingin Anda simpan ke folder atau aplikasi lain di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Daftar Internet Banking Mandiri lewat HP Android

3. Gunakan fitur arsip di Messenger untuk menyimpan percakapan yang ingin Anda simpan tetapi tidak ingin terlihat di kotak pesan utama.

4. Buat folder atau kategori khusus untuk menyimpan pesan yang Anda anggap penting atau ingin disimpan untuk referensi di masa depan.

5. Atur notifikasi agar Anda tidak terganggu oleh pesan-pesan baru yang tidak penting.

Dengan mengelola pesan secara teratur, Anda dapat menjaga kotak pesan Anda tetap terorganisir dan mudah diakses. Ini akan membantu Anda dalam mencari pesan yang diperlukan dan menjaga kotak pesan tetap bersih.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membagikan  cara yang efektif untuk menghapus semua pesan di Messenger sekaligus di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan fitur bawaan Messenger, aplikasi pihak ketiga, mode teks, atau bahkan menggunakan platform Facebook untuk mengelola pesan Anda. Selain itu, penting juga untuk mengelola pesan secara teratur agar kotak pesan tetap terorganisir dan tidak terlalu penuh.

Dengan menerapkan metode-metode ini, Anda dapat membersihkan kotak pesan Messenger dengan efisien dan menjaga perangkat Anda tetap teratur. Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa metode yang kami sebutkan dalam artikel ini. Setiap orang mungkin memiliki preferensi yang berbeda, jadi pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Dengan menghapus semua pesan di Messenger secara teratur, Anda akan memiliki kotak pesan yang lebih bersih, memori perangkat yang lebih luas, dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

Ingatlah untuk selalu mem-backup pesan penting sebelum Anda menghapusnya. Anda dapat menyimpannya di aplikasi penyimpanan cloud atau mengirimnya ke email Anda sendiri sebagai tindakan pencegahan jika Anda membutuhkannya di masa mendatang.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna bagi Anda dalam menghapus semua pesan di Messenger sekaligus di perangkat Android Anda. Nikmati pengalaman pesan yang lebih terorganisir dan efisien dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini. Terima kasih telah membaca!