7 Cara Menyimpan Video dari Facebook tanpa Aplikasi di Android

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna Android di seluruh dunia. Di Facebook, pengguna dapat berbagi dan menonton berbagai jenis konten, termasuk video. Namun, ada kalanya kita ingin menyimpan video dari Facebook ke perangkat Android kita untuk ditonton secara offline atau untuk keperluan pribadi.

Meskipun sebagian besar aplikasi pengunduh video di Android memerlukan instalasi aplikasi tambahan, namun ternyata ada beberapa cara untuk menyimpan video dari Facebook tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Dalam artikel ini, kita akan menggali 7 cara yang dapat digunakan untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di perangkat Android. Dari penggunaan website pihak ketiga, aplikasi download manager, add-on atau extension pada peramban web, hingga fitur bawaan yang disediakan oleh Facebook, kita akan menjelajahi berbagai opsi yang dapat Anda coba. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda akan dapat mengunduh video dari Facebook dengan mudah dan praktis tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas cara-cara yang legal dan sesuai dengan aturan penggunaan Facebook, serta menghormati hak cipta dan privasi pengguna lain. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda akan dapat menghemat kuota data Anda dan menikmati video dari Facebook di perangkat Android Anda tanpa harus terhubung ke internet. Selengkapnya, mari kita bahas 7 cara menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android.

Cara Menyimpan Video dari Facebook tanpa Aplikasi di Android

1. Menggunakan Website Pihak Ketiga

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android adalah dengan menggunakan website pihak ketiga. Ada banyak website yang menyediakan layanan ini secara gratis. Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah itu, salin tautan video tersebut dengan cara menekan tombol berbagi dan memilih opsi Salin Tautan.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Download Video Streaming di Android

Selanjutnya, buka website pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk mengunduh video dari Facebook di peramban web di Android Anda. Tempelkan tautan video yang telah Anda salin ke kolom yang disediakan di situs web tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengunduh video ke perangkat Android Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Download Manager

Cara lain yang dapat Anda coba untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android adalah dengan menggunakan aplikasi download manager. Ada banyak aplikasi download manager yang dapat Anda temukan di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengunduh video dari Facebook dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, instal aplikasi download manager yang dipilih dari Google Play Store dan buka aplikasinya di perangkat Android Anda. Kemudian, buka aplikasi Facebook dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah itu, tekan tombol berbagi dan pilih opsi Salin Tautan untuk menyalin tautan video tersebut.

Selanjutnya, buka aplikasi download manager yang telah Anda instal sebelumnya dan temukan opsi untuk menambahkan tautan unduhan baru. Tempelkan tautan video yang telah Anda salin ke dalam kolom yang disediakan di aplikasi download manager tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengunduh video ke perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Fitur Unduh Facebook

Facebook juga menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyimpan video langsung dari aplikasi Facebook tanpa harus menggunakan aplikasi atau website pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah itu, tekan tombol berbagi dan pilih opsi Salin Tautan untuk menyalin tautan video tersebut.

Selanjutnya, buka aplikasi Facebook lagi dan tempelkan tautan video yang telah Anda salin di kolom pencarian. Setelah video muncul di layar, Anda akan melihat tombol Unduh yang muncul di bawah video tersebut.

Klik tombol Unduh untuk memulai proses mengunduh video ke perangkat Android Anda. Anda dapat memilih kualitas video yang ingin Anda unduh, kemudian tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat WiFi Gratis di HP Android

4. Menggunakan Add-On atau Extension pada Peramban Web

Cara lain yang dapat Anda coba untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android adalah dengan menggunakan add-on atau extension pada peramban web. Beberapa peramban web seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox menyediakan add-on atau extension yang memungkinkan Anda mengunduh video langsung dari halaman web Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda telah menginstal peramban web yang mendukung add-on atau extension seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox di perangkat Android Anda. Buka peramban web tersebut dan instal add-on atau extension yang dapat membantu Anda mengunduh video dari Facebook.

Setelah itu, buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah video muncul di layar, Anda akan melihat ikon atau tombol dari add-on atau extension yang telah Anda instal sebelumnya. Klik ikon atau tombol tersebut untuk mengunduh video ke perangkat Android Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain website pihak ketiga dan aplikasi download manager, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengunduh video dari Facebook di perangkat Android Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda instal dan gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, instal aplikasi pihak ketiga yang dipilih dari Google Play Store dan buka aplikasinya di perangkat Android Anda. Setelah itu, buka aplikasi Facebook dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah video muncul di layar, tekan tombol berbagi dan pilih opsi Salin Tautan untuk menyalin tautan video tersebut.

Selanjutnya, kembali ke aplikasi pihak ketiga yang telah Anda instal sebelumnya dan temukan opsi untuk menambahkan tautan unduhan baru. Tempelkan tautan video yang telah Anda salin ke dalam kolom yang disediakan di aplikasi pihak ketiga tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengunduh video ke perangkat Android Anda.

6. Menggunakan Fitur “Simpan Video” pada Facebook Lite

Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook Lite di perangkat Android Anda, Anda juga dapat menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi tambahan. Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook yang dirancang khusus untuk perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lambat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Ganti Akun di Mobile Legend Android

Pertama, buka aplikasi Facebook Lite di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah video muncul di layar, tekan tombol menu atau ikon tiga garis horizontal di bagian atas layar dan pilih opsi “Simpan Video”. Video akan otomatis disimpan ke galeri perangkat Android Anda dalam folder “Video” atau “Facebook” tergantung pengaturan perangkat Anda.

7. Menggunakan Fitur “My Videos” pada Facebook

Terakhir, cara lain untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android adalah dengan menggunakan fitur “My Videos” yang disediakan oleh Facebook sendiri. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan video yang telah Anda unggah ke akun Facebook Anda sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Setelah video muncul di layar, tekan tombol menu atau ikon tiga titik vertikal di bagian kanan atas video dan pilih opsi “Simpan ke Album Video Saya” atau “Simpan Video”.

Selanjutnya, pilih album video yang ingin Anda gunakan atau buat album video baru jika diperlukan. Setelah itu, tekan tombol “Simpan” atau “Tambahkan” untuk menyimpan video ke album video yang dipilih. Anda dapat mengakses video yang disimpan di album video Anda kapan saja melalui profil Facebook Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di Android. Mulai dari menggunakan website pihak ketiga, aplikasi download manager, add-on atau extension pada peramban web, aplikasi pihak ketiga, fitur “Simpan Video” pada Facebook Lite, hingga fitur “My Videos” yang disediakan oleh Facebook sendiri. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pastikan untuk selalu mengikuti aturan dan ketentuan penggunaan Facebook serta menghormati hak cipta dan privasi pengguna lain saat menyimpan dan menggunakan video dari Facebook. Semoga informasi yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam menyimpan video dari Facebook tanpa aplikasi di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!