Cara Memperbaiki Video yang Rusak di Android

Apakah Anda pernah mengalami masalah saat memutar video di perangkat Android Anda? Kadang-kadang, video yang kita miliki dapat menjadi rusak atau tidak dapat diputar dengan baik. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan  cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki video yang rusak di Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati video favorit Anda tanpa gangguan. Mari kita mulai!

Cara Memperbaiki Video yang Rusak di Android

1. Gunakan Aplikasi Pemutar Video Alternatif

Salah satu cara termudah untuk memperbaiki video yang rusak di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemutar video alternatif. Terkadang, pemutar video default di perangkat Anda mungkin tidak kompatibel dengan format file video tertentu. Dengan mencoba aplikasi pemutar video lain, Anda mungkin dapat memutar video yang sebelumnya tidak dapat diputar.

Ada banyak aplikasi pemutar video yang tersedia di Google Play Store, seperti VLC Media Player, MX Player, atau BSPlayer. Coba instal salah satu aplikasi tersebut dan lihat apakah video yang rusak dapat diputar dengan baik.

Jika menggunakan aplikasi pemutar video alternatif tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba solusi lain di bawah ini.

2. Ubah Format Video

Jika video yang rusak memiliki format file yang tidak kompatibel dengan perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba mengubah format video tersebut. Ada banyak aplikasi konversi video yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda gunakan.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Instal salah satu aplikasi konversi video tersebut, lalu pilih video yang rusak dan ubah formatnya menjadi format yang didukung oleh perangkat Android Anda. Setelah itu, coba putar video yang sudah diubah formatnya dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Penting untuk diingat bahwa mengubah format video dapat mengurangi kualitas video. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat salinan cadangan dari video asli sebelum mengubah formatnya.

3. Gunakan Aplikasi Pemulihan Video

Jika video yang rusak terhapus atau tidak dapat diputar karena kesalahan pada file, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan video untuk memperbaikinya. Aplikasi semacam ini dapat memindai perangkat Anda dan mencari file video yang rusak atau hilang.

Salah satu aplikasi pemulihan video yang populer adalah DiskDigger, yang dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store. Instal aplikasi ini, lalu jalankan pemindaian untuk mencari video yang rusak. Jika aplikasi menemukan video yang rusak, Anda dapat memulihkannya dan mencoba memutarnya kembali.

Ingatlah bahwa tidak semua video yang rusak dapat diperbaiki menggunakan aplikasi pemulihan video. Namun, ini adalah salah satu solusi yang dapat Anda coba sebelum mencoba solusi lainnya.

4. Periksa Koneksi Internet

Seringkali, ketika video di Android Anda tampak rusak atau tidak dapat diputar dengan baik, masalahnya bisa terletak pada koneksi internet yang lemah. Jika Anda mencoba memutar video melalui streaming, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat.

Coba periksa koneksi internet Anda dan pastikan sinyal Wi-Fi atau data seluler Anda kuat. Jika koneksi internet tidak stabil, coba pindah ke area dengan sinyal yang lebih baik atau gunakan jaringan Wi-Fi yang lebih stabil. Setelah itu, coba putar video kembali dan lihat apakah masalahnya teratasi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengupgrade Android

Jika masalah masih berlanjut, mari kita lanjut ke cara berikutnya.

5. Hapus Cache Aplikasi Pemutar Video

Seringkali, video yang rusak di Android disebabkan oleh cache yang tidak valid atau rusak di aplikasi pemutar video. Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat akses ke konten. Namun, terkadang cache tersebut dapat menyebabkan masalah saat memutar video.

Untuk menghapus cache aplikasi pemutar video, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

3. Temukan aplikasi pemutar video yang Anda gunakan dan ketuk namanya.

4. Di halaman aplikasi, pilih Penyimpanan atau Penyimpanan & Cache.

5. Ketuk Hapus Cache atau Hapus Data Cache, lalu konfirmasikan tindakan tersebut.

Setelah cache aplikasi pemutar video dihapus, coba putar video kembali dan lihat apakah masalahnya teratasi.

6. Update Aplikasi Pemutar Video

Jika video yang rusak di Android Anda terkait dengan aplikasi pemutar video tertentu, pastikan aplikasi tersebut diperbarui ke versi terbaru. Kadang-kadang, masalah dengan pemutaran video dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak.

Buka Google Play Store, cari aplikasi pemutar video yang Anda gunakan, dan lihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, lakukan pembaruan aplikasi dan coba putar video kembali.

Perlu diingat bahwa dalam beberapa kasus, pembaruan aplikasi pemutar video dapat memperbaiki masalah pemutaran video. Namun, jika masalah masih berlanjut, lanjut ke cara berikutnya.

7. Periksa Ruang Penyimpanan

Video yang rusak di Android juga dapat terjadi jika Anda tidak memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Ketika ruang penyimpanan hampir penuh, sistem operasi Android dapat mengalami kinerja yang buruk dan dapat mempengaruhi pemutaran video.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan Google Translate Otomatis di Android

Coba periksa ruang penyimpanan Anda dan pastikan ada ruang yang cukup tersedia untuk menyimpan video. Untuk memeriksa ruang penyimpanan di perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
Cari dan pilih Opsi Penyimpanan atau Penyimpanan & USB, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
Di halaman Penyimpanan, Anda akan melihat jumlah ruang yang digunakan dan jumlah ruang yang tersedia di perangkat Anda.
Jika ruang penyimpanan hampir penuh, coba hapus beberapa file yang tidak diperlukan, seperti foto, video, atau aplikasi yang tidak terpakai.
Setelah Anda memastikan ada ruang penyimpanan yang cukup, coba putar video kembali dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan  cara untuk memperbaiki video yang rusak di Android Anda. Mulai dari menggunakan aplikasi pemutar video alternatif, mengubah format video, menggunakan aplikasi pemulihan video, hingga memeriksa koneksi internet dan ruang penyimpanan, kami berharap setidaknya salah satu metode ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah video yang rusak. Jika semua langkah di atas gagal, Anda juga dapat mencoba memperbaiki atau mengonversi video menggunakan perangkat lunak khusus di komputer Anda. Selamat mencoba.