Resmi Dipublikasikan iOS 15 Dengan Fitur FaceTime, iMessage, Berbagi, Fokus dan New Privacy Features

Sistem operasi iPhone Apple dioptimalkan untuk berbagi pengalaman. Apple secara resmi meluncurkan iOS 15, dan seperti yang disarankan oleh banyak rumor dan kebocoran baru-baru ini, beberapa peningkatan besar telah dilakukan untuk iMessage dan FaceTime.

Ada juga fokus seluruh sistem baru pada berbagi dan komunikasi, serta lebih banyak fitur terkait privasi dan cara baru untuk menggunakan kecerdasan internal perangkat. iOS 15 akan diluncurkan untuk iPhone 6s dan perangkat yang lebih baru musim gugur ini. Pratinjau pengembang akan segera dimulai, dan beta publik akan dirilis bulan depan.

Salah satu fitur yang tidak disebutkan dalam presentasi pembuka WWDC 2021 tetapi yang muncul di slide latar belakang adalah dukungan bahasa Hindi untuk keyboard gesek jalur cepat iOS.

Fitur FaceTime baru di iOS 15

Dimulai dengan FaceTime, larangan global dan tindakan karantina selama setahun terakhir telah menjelaskan tantangan yang dihadapi orang dalam bersosialisasi.

Menurut Apple, ini menjadi lebih mudah dan lebih spontan. Untuk membuat panggilan FaceTime terasa lebih nyaman dan alami, pengguna kini dapat memanfaatkan audio spasial.

Ini seharusnya membuat orang terdengar seperti sedang duduk di ruangan yang sama berbicara tatap muka. Suara didistribusikan dalam obrolan grup sedemikian rupa sehingga terdengar seolah-olah berasal dari posisi speaker di layar.

iOS 15 Dengan Fitur Emoji

Isolasi ucapan menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk memblokir kebisingan sekitar dan memprioritaskan suara. Di sisi lain, jika Anda ingin setiap nada masuk, Anda dapat beralih ke mode Spektrum Lebar.

Untuk panggilan grup FaceTime, pengguna dapat melihat setiap wajah dalam tampilan kisi. Ubin dengan ukuran yang sama memudahkan untuk melihat siapa yang berbicara sambil menunjukkan reaksi orang lain. Mode potret mengaburkan latar belakang Anda dan menempatkan Anda dalam sorotan.

Pengguna FaceTime sekarang dapat membuat tautan untuk mengundang orang lain. Tautan ini dapat dibagikan di mana saja dan bahkan digunakan oleh pengguna Android dan PC di browser, dengan enkripsi ujung ke ujung untuk privasi.

Anda dapat menjadwalkan panggilan terlebih dahulu dan mengirim tautan undangan dalam pesan atau email, atau bahkan membuat janji temu kalender bersama. Berbagi layar memungkinkan peserta untuk berbagi informasi di aplikasi apa pun untuk penelitian kelompok atau bahkan mendemonstrasikan keterampilan bermain game Anda.

Fitur berbagi pengalaman baru yang disebut SharePlay memungkinkan Anda menyinkronkan menonton video atau mendengarkan musik dengan siapa pun di panggilan FaceTime. Pengguna cukup menekan tombol putar di Apple Music, Apple TV, atau aplikasi pihak ketiga mana pun yang mengimplementasikan fitur ini.

Media dibagikan secara instan, dan semua peserta dapat mengontrol pemutaran atau mengantrekan daftar putar bersama. Fitur gambar-dalam-gambar memungkinkan Anda melihat reaksi teman dan bahkan melakukan percakapan teks sambil menonton media.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Memperbaiki Layar Android yang Tidak Merespon

Media bahkan dapat diputar di Apple TV sambil melanjutkan obrolan FaceTime Anda di iPhone. Aplikasi pihak ketiga yang sudah bekerja untuk mengimplementasikan SharePlay termasuk Disney +, Hulu, HBOMax, TikTok, Masterclass, NBA, dan Paramount +.

Fitur iMessage baru di iOS 15

Dengan iMessage di iOS 15, pengguna dapat dengan cepat menemukan artikel, foto, dan lainnya untuk dibagikan dalam obrolan dan obrolan grup. Ada desain kolase dan tumpukan baru untuk foto yang memungkinkan pengguna menggesernya, mengetuk untuk melihat layar penuh, dan merespons.

Bagian yang dibagikan dengan Anda muncul di Apple News, Apple Music, Foto, Safari, Podcast, dan app lainnya untuk kemudahan melihat tautan atau media yang dikirim oleh teman.

Anda dapat mengetuk nama mereka di bagian atas layar untuk merekam percakapan saat Anda meninjau media itu nanti. Apple Music memungkinkan Anda menyimpan daftar putar bersama saat Foto menampilkan media bersama di bagian Foto dan Memori yang Disarankan.

Foto yang dibagikan dapat ditambahkan secara otomatis ke perpustakaan sambil memfilter tangkapan layar dan meme yang tidak ingin Anda simpan. Media bersama dapat disematkan untuk pengambilan yang lebih mudah dan juga ditampilkan dalam pencarian di seluruh sistem.

Notifikasi baru dan fungsi fokus di iOS 15

Notifikasi mendapatkan tampilan baru yang segar dengan foto kontak untuk orang dan ikon yang lebih besar untuk aplikasi agar lebih mudah diidentifikasi.

Ringkasan notifikasi baru dapat disesuaikan dan dijadwalkan untuk muncul kapan saja, sehingga Anda dapat menangani notifikasi yang tidak penting sekaligus. Pengguna tidak akan melewatkan pesan apa pun dari orang-orang karena ini untuk aplikasi yang mengirim pembaruan rutin.

iOS 15 Dengan Fitur FaceTime

Mode DND seluruh sistem sekarang dapat digunakan untuk menampilkan status tidak di kantor di aplikasi Pesan. Pengguna yang mengirim iMessage akan melihat bahwa mereka tidak akan segera diberi tahu, tetapi dapat mengesampingkan untuk melewatinya jika mereka sangat membutuhkannya.

Anda juga dapat menentukan waktu dalam sehari ketika Anda ingin berkonsentrasi penuh pada pekerjaan dan mengaktifkan salah satu dari beberapa mode fokus. Ini adalah cara baru untuk menyesuaikan perangkat Anda agar sesuai dengan pola pikir Anda saat ini.

iOS 15 dapat menggunakan informasi di perangkat untuk menganalisis aktivitas sebelumnya dan menyarankan notifikasi mana yang harus diperhatikan. Setiap mode fokus dapat ditautkan ke halaman layar berandanya sendiri yang hanya menampilkan widget dan ikon aplikasi yang relevan untuk menghindari gangguan.

Konteks seperti lokasi dan waktu dapat digunakan untuk menyarankan kapan harus memicu mode fokus, mis. B. untuk bekerja, dan pengaturan kustom dapat ditentukan. Jika diatur pada satu perangkat Apple, itu juga berlaku untuk apa pun yang Anda inginkan.

Fitur foto baru di iOS 15

Kecerdasan internal perangkat memungkinkan untuk mengenali teks langsung dan mengekstraknya dari foto. Anda dapat menangkap informasi di papan tulis atau bahkan catatan tulisan tangan. Informasi yang berguna seperti nama dan nomor telepon pada tanda toko atau petunjuk dalam resep dapat dengan mudah dipilih dan disalin ke aplikasi lain atau dikirim untuk pencarian atau terjemahan.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Download Video Twitter di Android

Foto yang sudah ada di perpustakaan Anda juga dipindai secara otomatis. Teks Langsung memahami tujuh bahasa, termasuk bahasa Cina, saat diperkenalkan di iOS 15. Kecerdasan pada perangkat juga dapat mengenali objek dan pemandangan seperti jenis anjing, spesies bunga, karya seni terkenal, buku, hewan peliharaan, dan landmark.

Kenangan foto dapat mengubah momen yang diambil menjadi film yang penuh perasaan. Pengguna dapat mengatur pengingat mereka pada musik mereka sendiri dari Apple Music. Lagu pribadi yang relevan disarankan dan pengguna juga dapat memilih sendiri.

Video kenangan dibuat dalam waktu singkat dan bersifat interaktif serta dapat diedit. Transisi, filter, dan tempo disesuaikan dengan suasana trek latar belakang yang dipilih, dan Anda dapat mencoba berbagai variasi berulang kali. Koreksi warna dan kontras yang konsisten diterapkan pada foto dalam video memori agar terlihat seperti ahli warna profesional yang mengerjakannya.

Fungsi pencarian baru di iOS 15

Foto, serta teks dalam foto, kini dapat dicari melalui Spotlight di iOS 15. Foto dapat direferensikan oleh orang, pemandangan, lokasi, atau elemen. Anda dapat menggunakannya untuk menemukan foto tanda terima, catatan tulisan tangan, resep, atau tangkapan layar tertentu.

Ada juga Hasil Kaya baru untuk Kontak dalam Pencarian, yang menampilkan pintasan panggilan, teks, FaceTime, dan email, lokasinya saat dibagikan melalui Cari Milik Saya, dan acara kalender, catatan, dan file yang berbintang. Ada juga Hasil Pencarian Kaya baru untuk Aktor, Musisi, Acara TV, dan Film.

Fungsi dompet, peta, dan cuaca baru di iOS 15

Apple Wallet mendukung deteksi posisi Ultra Wideband, sehingga pengguna dapat membuka kunci mobil dan mengemudi tanpa mengeluarkan iPhone dari saku atau saku. Segera Anda juga akan dapat membuka rumah Anda dan memasuki hotel atau kantor dengan satu ketukan, dengan sejumlah mitra untuk sistem kunci dan akses yang sudah ada di dalamnya.

Akhir tahun ini, lebih dari 1.000 hotel Hyatt di seluruh dunia akan mendukung akses tanpa kontak, yang dapat diaktifkan sebelum kedatangan Anda. Juga di AS, akhir tahun ini, Apple Wallet akan dapat menyimpan ID pemerintah dan SIM di negara bagian yang berpartisipasi. TSA AS juga bekerja untuk mengaktifkan pemeriksaan keamanan di bandara dengan ID digital. Pengguna akan melihat informasi spesifik yang diminta dan harus mengetuk untuk mengirimkannya ke agensi.

Apple Maps mendapatkan globe interaktif yang mengundang pengguna untuk mengetuk dan menjelajah. Beberapa kota besar dunia, termasuk London, Los Angeles, dan New York City, mendapatkan peta distrik bisnis, marina, dan bangunan penting yang jauh lebih detail. Sekarang ada tampilan ketinggian, warna jalan, dan ratusan landmark khusus.

🔴 BACA JUGA:  10 Merk Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Anda

Mode malam baru menunjukkan area dengan cahaya bulan. Detail jalan yang lebih detail membantu pengemudi melihat dan memahami jalur belok dengan lebih baik, jalur median, penyeberangan zebra, dll. Peta juga akan menunjukkan persimpangan dan persimpangan kompleks dalam 3D. Petunjuk arah angkutan umum membantu pengguna menemukan stasiun kereta terdekat dan memberi tahu pengguna kapan waktunya turun dari kereta atau bus. Peta bahkan dapat membantu Anda dengan penentuan posisi dan arah AR.

Aplikasi cuaca mendapat pembaruan dengan data dan tata letak baru yang berubah tergantung pada kondisi seperti hujan atau kualitas udara, dengan ribuan variasi dalam grafik. Grafik baru membantu pengguna memahami data angin, UV, dan tekanan udara. Peta cuaca resolusi tinggi dalam mode layar penuh menunjukkan suhu, curah hujan, dan kualitas udara.

Fitur iPadOS 15 baru

Selain itu, iPadOS 15 mendapatkan beberapa peningkatan lagi yang memanfaatkan layar lebar. Widget sekarang dapat ditempatkan di antara ikon aplikasi di semua layar beranda. Ada widget baru untuk Cari Milik Saya dan Kontak, serta format yang lebih besar untuk Game Center, Apple TV, Foto, File, dan lainnya.

Perpustakaan Aplikasi dilengkapi dengan tombol akses cepat di Dock di iPad, dan Anda dapat mengatur ulang atau menyembunyikan layar beranda yang tidak perlu.

Multitasking akan lebih mudah ditemukan dan digunakan. Kontrol baru muncul di bagian atas aplikasi untuk memicu layar terpisah atau tampilan geser dengan mudah. Windows dapat diciutkan ke area baru yang disebut Rak, yang memudahkan untuk melihat dan mengelola beberapa jendela yang terbuka untuk suatu aplikasi.

Muncul saat berpindah aplikasi. Banyak yang terbuka, bahkan dalam tampilan terpisah dengan aplikasi lain. Pengalih aplikasi sekarang dapat digunakan untuk membuat tampilan terpisah dengan menyeret satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Dengan Catatan di iPadOS 15, pengguna dapat @menyebut orang lain dan melihat apa yang berubah di catatan bersama di Tampilan Aktivitas baru. Tagar dapat digunakan dan direferensikan di mana saja untuk menemukan catatan dengan cepat.

Catatan cepat di seluruh sistem dapat dibuat dengan menggeser ke dalam dari sudut layar iPad dan dapat menangkap informasi dari aplikasi yang sedang digunakan, seperti URL Safari. Catatan Cepat disimpan di app Catatan dan dapat dibuat di iPad atau Mac, tetapi juga dapat dilihat di iPhone.

iPadOS 15 kini juga mendapatkan aplikasi penerjemah yang memungkinkan pengguna berlatih tulisan tangan dengan Apple Pencil dan bekerja dalam Split View. Terjemahan otomatis mengenali kapan Anda berbicara dan dalam bahasa apa.

Terjemahan seluruh sistem dapat mengedit teks dari mana saja, bahkan dalam foto. Anda dapat mengunduh bahasa untuk menggunakan semua fungsi pada perangkat.

Dengan Swift Playgrounds, pengguna kini dapat membuat aplikasi iOS langsung di iPad. Anda dapat menjalankannya dalam layar penuh untuk mencobanya dan mengirimkannya langsung ke App Store.