10 Cara Melihat Kecepatan WiFi di Android: Tips dan Trik yang Harus Kamu Coba

Apakah kamu sering mengalami koneksi internet yang lambat saat menggunakan WiFi di perangkat Android? Kecepatan WiFi yang kurang optimal bisa menjadi penghalang dalam menjelajahi dunia maya dengan lancar. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kecepatan WiFi di Android dan mengoptimalkannya. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang mudah dan efektif untuk melihat kecepatan WiFi di perangkat Androidmu. Jadi, mari kita mulai!

1. Gunakan Aplikasi Speed Test

Aplikasi speed test adalah salah satu cara paling populer untuk memeriksa kecepatan WiFi di perangkat Android. Ada banyak aplikasi speed test yang tersedia di Google Play Store, seperti Ookla Speedtest, Fast.com, atau Meteor. Setelah mengunduh aplikasi speed test, jalankan tes kecepatan untuk melihat berapa kecepatan download dan upload yang didapat.

Setelah menjalankan tes kecepatan, kamu akan mendapatkan informasi detail tentang kecepatan internetmu, termasuk ping, download speed, dan upload speed. Jika hasilnya menunjukkan kecepatan yang jauh di bawah harapanmu, berarti ada masalah pada koneksi WiFi yang perlu diatasi.

Jika kecepatan WiFi yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan kecepatan yang seharusnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba. Pertama, pastikan bahwa kamu berada dalam jangkauan WiFi yang baik dan tidak ada gangguan yang menghalangi sinyal WiFi. Selain itu, periksa juga apakah ada perangkat lain yang menggunakan WiFi secara intensif dan mempengaruhi kecepatan internetmu.

2. Gunakan Aplikasi WiFi Analyzer

Aplikasi WiFi Analyzer memungkinkanmu untuk memeriksa kualitas jaringan WiFi di sekitarmu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melihat tingkat kepadatan jaringan WiFi, kanal yang digunakan oleh jaringan WiFi di sekitarmu, dan tingkat interferensi yang mungkin terjadi. Dengan informasi tersebut, kamu dapat memilih kanal yang paling optimal untuk menghindari interferensi dan meningkatkan kecepatan WiFi di perangkat Androidmu.

Salah satu aplikasi WiFi Analyzer yang populer adalah WiFi Analyzer by Farproc. Aplikasi ini memberikan visualisasi yang intuitif tentang kekuatan sinyal WiFi di sekitarmu dan membantu kamu mengoptimalkan pengaturan jaringan WiFi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Edit Foto di Android Tanpa Aplikasi

Setelah membuka aplikasi WiFi Analyzer, perhatikan kanal mana yang memiliki tingkat interferensi yang rendah. Kamu bisa mengubah pengaturan jaringan WiFi di routermu untuk menggunakan kanal yang lebih optimal.

3. Periksa Pengaturan WiFi di Perangkat Android

Terkadang, masalah kecepatan WiFi di perangkat Android disebabkan oleh pengaturan yang tidak optimal. Kamu dapat memeriksa pengaturan WiFi di perangkat Androidmu untuk memastikan bahwa semuanya sudah diatur dengan benar.

Pertama, buka pengaturan WiFi di perangkat Androidmu. Pastikan WiFi sudah diaktifkan dan perangkatmu terhubung ke jaringan WiFi yang tepat. Selanjutnya, periksa konfigurasi jaringan WiFi, seperti alamat IP, DNS, dan gateway. Jika perlu, kamu bisa mengatur ulang pengaturan jaringan WiFi atau menggunakan konfigurasi otomatis.

Jika masalah kecepatan WiFi masih belum teratasi, kamu juga bisa mencoba untuk menghapus jaringan WiFi yang sudah tersimpan di perangkatmu dan menghubungkannya kembali. Terkadang, koneksi yang buruk atau tidak stabil dapat mempengaruhi kecepatan WiFi.

4. Perbarui Perangkat Lunak dan Aplikasi

Perangkat lunak dan aplikasi yang tidak terbarukan dapat menjadi penyebab masalah kecepatan WiFi di perangkat Androidmu. Pastikan perangkat Androidmu selalu diperbarui dengan versi terbaru dari sistem operasi dan aplikasi yang digunakan.

Untuk memperbarui perangkat lunak, buka pengaturan di perangkat Androidmu, cari opsi “Pembaruan Sistem” atau “Perangkat Lunak” (tergantung pada versi Android yang digunakan), dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti instruksi untuk mengunduh dan memasang pembaruan tersebut.

Selain itu, pastikan juga aplikasi yang digunakan di perangkat Androidmu diperbarui ke versi terbaru. Buka Google Play Store, pergi ke menu “My Apps & Games”, dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang terpasang di perangkatmu.

5. Gunakan Penguat Sinyal WiFi

Jika sinyal WiFi yang diterima oleh perangkat Androidmu lemah, kamu dapat menggunakan penguat sinyal WiFi atau repeater untuk meningkatkan jangkauan dan kecepatan WiFi. Penguat sinyal WiFi akan memperkuat sinyal WiFi yang diterima dari router, sehingga perangkat Androidmu dapat menerima sinyal yang lebih kuat dan meningkatkan kecepatan internet.

Pilih penguat sinyal WiFi yang kompatibel dengan router dan perangkat Androidmu. Pasang penguat sinyal WiFi di tempat strategis yang dekat dengan router untuk mendapatkan hasil yang optimal.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi "System Telah Berhenti" di Android

Setelah menginstal penguat sinyal WiFi, periksa kembali kecepatan WiFi di perangkat Androidmu. Dengan sinyal yang lebih kuat, diharapkan kecepatan internetmu akan meningkat secara signifikan.

6. Matikan Aplikasi yang Menggunakan Banyak Data

Aplikasi yang menggunakan banyak data dapat mempengaruhi kecepatan WiFi di perangkat Androidmu. Jika ada aplikasi yang mengunduh atau mengunggah data secara intensif di latar belakang, kecepatan WiFi bisa menjadi terbagi-bagi.

7. Batasi Jumlah Perangkat yang Terhubung

Jika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama, kecepatan WiFi dapat terbagi-bagi dan mengakibatkan koneksi yang lambat. Untuk meningkatkan kecepatan WiFi di perangkat Androidmu, batasi jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Periksa semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi dan pastikan bahwa hanya perangkat yang benar-benar dibutuhkan yang terhubung. Jika ada perangkat yang tidak aktif atau tidak digunakan, sebaiknya putuskan koneksi WiFi pada perangkat tersebut.

Jika kamu memiliki banyak perangkat yang harus terhubung ke jaringan WiFi, pertimbangkan untuk mengupgrade routermu ke model yang lebih canggih dengan kemampuan yang lebih baik dalam menangani banyak perangkat terhubung secara bersamaan.

8. Periksa Kecepatan WiFi dari Router

Jika kamu merasa kecepatan WiFi yang kamu dapatkan di perangkat Androidmu masih rendah, ada kemungkinan masalah terletak pada router itu sendiri. Periksa kecepatan WiFi langsung dari router untuk memastikan bahwa masalah bukan berasal dari perangkat Androidmu.

Untuk melakukannya, hubungkan perangkat komputer atau laptop secara langsung ke router menggunakan kabel Ethernet. Kemudian, jalankan tes kecepatan menggunakan aplikasi speed test seperti yang disebutkan sebelumnya. Jika kecepatan yang kamu dapatkan langsung dari router juga rendah, itu berarti ada masalah dengan koneksi internet atau router itu sendiri.

Jika kamu menyewa layanan internet dari penyedia jasa, hubungi mereka dan laporkan masalah kecepatan WiFi yang kamu alami. Mereka dapat melakukan pengecekan dan memperbaiki masalah yang ada. Jika masalahnya terletak pada router, pertimbangkan untuk menggantinya dengan router baru yang lebih baik.

9. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data yang terakumulasi oleh aplikasi di perangkat Androidmu dapat mempengaruhi kinerja dan kecepatan WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya secara berkala menghapus cache dan data aplikasi untuk memastikan perangkat Androidmu berjalan dengan lancar.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Setting DNS di Android

Untuk menghapus cache dan data aplikasi, buka pengaturan di perangkat Androidmu, cari opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi”, dan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache dan datanya. Setelah memilih aplikasi, kamu akan melihat opsi untuk menghapus cache dan data. Pilihlah opsi tersebut dan konfirmasikan tindakanmu.

Perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi akan menghapus semua pengaturan dan preferensi yang terkait dengan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk mem-backup data yang penting sebelum menghapus data aplikasi.

10. Restart Router dan Perangkat Android

Seringkali, restart sederhana pada router dan perangkat Android dapat memperbaiki masalah kecepatan WiFi. Restart akan membersihkan cache dan memulai ulang sistem, yang dapat menghilangkan masalah kecil yang mungkin mempengaruhi koneksi WiFi.

Untuk merestart router, cukup cabut kabel daya dari router, tunggu beberapa detik, dan hubungkan kembali kabel daya tersebut. Biarkan router menyala kembali dan pastikan lampu indikator WiFi stabil sebelum mencoba kembali koneksi WiFi di perangkat Androidmu.

Untuk merestart perangkat Android, tahan tombol power atau gunakan opsi restart yang tersedia di pengaturan perangkat. Setelah perangkat Android selesai restart, coba koneksi WiFi dan periksa apakah kecepatannya sudah meningkat.

Dengan menerapkan 10 cara di atas, kamu dapat melihat dan meningkatkan kecepatan WiFi di perangkat Androidmu. Ingatlah bahwa kecepatan WiFi dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jarak, gangguan sinyal, dan kondisi router. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan perangkat Android dengan spesifikasi yang memadai untuk mendukung kecepatan WiFi yang lebih tinggi.

Penutup

Kecepatan WiFi yang lambat dapat mengganggu pengalaman menjelajah internet di perangkat Androidmu. Dengan menggunakan 10 cara di atas, kamu dapat melihat kecepatan WiFi dan mengoptimalkannya untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Pastikan untuk menggunakan aplikasi speed test dan WiFi Analyzer untuk memeriksa kecepatan dan kualitas sinyal WiFi. Selain itu, perbarui perangkat lunak dan aplikasi, batasi jumlah perangkat yang terhubung, dan periksa pengaturan WiFi di perangkat Androidmu.

Jika masalah kecepatan WiFi berlanjut, hubungi penyedia layanan internet atau pertimbangkan untuk mengganti router yang lebih baik. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan kecepatan WiFi di perangkat Androidmu dan menikmati pengalaman internet yang lebih lancar dan menyenangkan.