5 Cara Melihat Password WiFi yang Sedang Digunakan di Android

Pada zaman yang serba terhubung seperti saat ini, jaringan WiFi telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari. Dari rumah, kantor, sekolah, hingga tempat umum lainnya, hampir setiap tempat menawarkan akses WiFi gratis atau berbayar untuk memfasilitasi konektivitas internet yang mudah bagi pengguna Android. Namun, terkadang kita bisa lupa password WiFi yang telah kita gunakan sebelumnya pada perangkat Android kita, atau mungkin ingin mengakses jaringan WiFi yang digunakan oleh perangkat lain tetapi tidak tahu passwordnya.

Untungnya, ada beberapa cara untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan di Android. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 cara yang berbeda untuk melakukannya, mulai dari menggunakan fitur bawaan pada perangkat Android, mengakses pengaturan WiFi, menggunakan Command Prompt pada perangkat yang sudah di-root, melihat password di router, hingga menggunakan aplikasi penyimpanan password. Setiap metode memiliki langkah-langkah yang berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan kita akan menjelajahi setiap metode secara rinci untuk membantu Anda memahami bagaimana cara melihat password WiFi yang sedang digunakan di Android.

Cara Melihat Password WiFi yang Sedang Digunakan di Android

1. Menggunakan Aplikasi WiFi Password

Sebagai pengguna Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Password untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi ini, Anda cukup membukanya dan mengizinkannya untuk mengakses jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda. Aplikasi ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah Anda terhubungkan, beserta passwordnya. Anda dapat mencari nama jaringan WiFi yang sedang Anda gunakan dan melihat passwordnya dengan mudah.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi dapat memerlukan akses root pada perangkat Android Anda. Rooting adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh pabrikan perangkat Android, yang bisa mempengaruhi garansi perangkat Anda dan berpotensi membahayakan keamanan perangkat Anda. Jadi, pastikan Anda memahami risiko dan kebijakan penggunaan aplikasi pihak ketiga sebelum menggunakan metode ini.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Membuat Filter Instagram di Android 

2. Menggunakan Fitur Pengaturan WiFi pada Android

Seiring dengan perkembangan sistem operasi Android, beberapa ponsel pintar saat ini menyediakan fitur bawaan untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga atau melakukan rooting pada perangkat Anda. Cara ini bisa sangat praktis dan aman karena tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan atau melakukan perubahan pada perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Jaringan & Internet” atau “Koneksi nirkabel & jaringan”, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  3. Pilih opsi “WiFi” untuk masuk ke pengaturan WiFi.
  4. Pilih jaringan WiFi yang sedang Anda gunakan dari daftar jaringan yang tersedia.
  5. Tekan dan tahan nama jaringan WiFi yang Anda pilih hingga muncul opsi lain.
  6. Pilih opsi “Bagikan” atau “Berbagi” dari opsi yang muncul.
  7. Pilih opsi “QR Code” atau “Kirim kata sandi lewat QR code” untuk melihat password WiFi dalam bentuk kode QR.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android menyediakan fitur ini, dan langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada versi Android dan antarmuka pengguna perangkat Anda. Jadi, pastikan untuk memeriksa petunjuk penggunaan perangkat Anda atau mencari panduan lebih lanjut untuk melihat password WiFi menggunakan fitur bawaan pada perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Command Prompt pada Perangkat Android yang Sudah Di-root

Jika Anda telah melakukan rooting pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan Command Prompt memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda telah mengerti risiko dan tahu apa yang Anda lakukan sebelum mencoba metode ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat password WiFi menggunakan Command Prompt pada perangkat Android yang sudah di-root:

  1. Masukkan perintah “su” dan tekan Enter untuk memperoleh akses root.
  2. Masukkan perintah “cd data/misc/wifi” dan tekan Enter untuk mengarahkan ke direktori WiFi.
  3. Masukkan perintah “cat wpa_supplicant.conf” dan tekan Enter untuk membuka file konfigurasi WiFi.
  4. Cari nama jaringan WiFi yang sedang Anda gunakan dalam file konfigurasi dan cari baris yang berisi password. Password tersebut akan ditampilkan dalam teks terbaca.
🔴 BACA JUGA:  Daftar 14+ Rekomendasi HP Vivo RAM 8 GB Terbaik di Bulan Desember 2023

Namun, perlu diingat kembali bahwa penggunaan Command Prompt pada perangkat Android yang sudah di-root bisa berisiko. Salah penggunaan perintah atau manipulasi file sistem dapat merusak perangkat Anda atau melanggar kebijakan privasi. Pastikan Anda mengerti risiko dan memiliki pengetahuan teknis yang cukup sebelum menggunakan metode ini.

4. Melihat Password WiFi Melalui Router

Metode lain yang dapat Anda coba untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan di Android adalah melalui antarmuka pengaturan router. Jika Anda memiliki akses ke router yang sedang Anda gunakan untuk koneksi WiFi, Anda dapat masuk ke antarmuka pengaturan router dan mencari informasi password WiFi yang digunakan.

Langkah-langkah untuk melihat password WiFi melalui router dapat bervariasi tergantung pada merek dan model router yang Anda gunakan. Namun, umumnya Anda perlu mengakses antarmuka pengaturan router melalui browser web di perangkat yang terhubung ke router. Anda dapat memasukkan alamat IP atau URL router pada browser web Anda dan masuk ke halaman pengaturan router dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai.

Setelah Anda berhasil masuk ke antarmuka pengaturan router, cari opsi yang berkaitan dengan pengaturan jaringan WiFi atau keamanan jaringan. Di dalam pengaturan tersebut, Anda mungkin akan menemukan informasi tentang nama jaringan (SSID) dan password WiFi yang sedang digunakan. Anda dapat mencatat atau mengganti password WiFi yang terdaftar di pengaturan router sesuai kebutuhan Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password

Salah satu metode lain untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan di Android adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan password. Beberapa aplikasi penyimpanan password dapat menyimpan informasi tentang jaringan WiFi yang pernah dihubungi oleh perangkat Anda, termasuk password yang digunakan untuk mengakses jaringan tersebut.

Ada beberapa aplikasi penyimpanan password yang dapat Anda temukan di Google Play Store yang dirancang khusus untuk menyimpan password WiFi. Beberapa di antaranya bahkan dapat secara otomatis menyimpan password WiFi yang digunakan oleh perangkat Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melihat password WiFi yang disimpan di dalamnya.

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Search Gambar di Google Android

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi penyimpanan password untuk melihat password WiFi di Android:

  1. Unduh dan instal aplikasi penyimpanan password yang terpercaya dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengizinkan akses ke jaringan WiFi dan mengelola password.
  3. Cari opsi atau menu yang berkaitan dengan pengaturan jaringan WiFi atau password.
  4. Anda mungkin perlu memberikan izin root atau akses superuser jika aplikasi memerlukannya.
  5. Cari nama jaringan WiFi yang sedang digunakan dan Anda akan melihat password yang terkait dengan jaringan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi penyimpanan password untuk melihat password WiFi juga memiliki risiko keamanan. Anda harus memastikan aplikasi yang Anda gunakan aman dan terpercaya, serta memahami risiko dan privasi terkait penyimpanan password Anda di aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas 5 cara untuk melihat password WiFi yang sedang digunakan di Android. Mulai dari menggunakan fitur bawaan pada perangkat Android, mengakses pengaturan WiFi, menggunakan Command Prompt pada perangkat yang sudah di-root, melihat password di router, hingga menggunakan aplikasi penyimpanan password. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya untuk menjaga keamanan dan privasi perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa mencoba untuk melihat password WiFi yang tidak Anda miliki izin untuk mengaksesnya adalah tindakan yang melanggar privasi dan bisa melanggar hukum. Pastikan Anda hanya mengakses password WiFi yang dimiliki atau diizinkan oleh Anda sendiri, atau oleh pemilik jaringan WiFi yang memberikan izin kepada Anda. Selalu mengikuti aturan yang berlaku dan etika penggunaan jaringan WiFi, serta menjaga kerahasiaan password Anda sendiri.

Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam melihat password WiFi yang sedang digunakan di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan bertanggung jawab dalam penggunaannya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba!