google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Membuka File Zip di Android

Memahami File Zip dan Kegunaannya

File zip adalah jenis file yang dikompresi atau ditekan untuk mengurangi ukurannya, sehingga lebih mudah untuk dikirim atau dibagikan melalui email, pesan teks, atau aplikasi berbagi file. File zip juga dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa file atau folder menjadi satu file zip yang lebih kecil, yang dapat membantu menghemat ruang penyimpanan di perangkat Android Anda.

Sebagai pengguna Android, Anda mungkin pernah mengunduh atau menerima file zip dan ingin membukanya di perangkat Anda. Namun, tidak semua aplikasi file manager bawaan di Android dapat membuka file zip secara langsung. Oleh karena itu, Anda memerlukan metode atau aplikasi tambahan untuk membuka file zip di Android Anda. Berikut adalah  cara yang bisa Anda coba:

Cara Membuka File Zip di Android

Menggunakan Aplikasi File Manager

Salah satu cara termudah untuk membuka file zip di Android adalah dengan menggunakan aplikasi file manager. Beberapa aplikasi file manager populer yang tersedia di Google Play Store, seperti ES File Explorer, Solid Explorer, dan Astro File Manager, dapat membuka file zip langsung dari perangkat Android Anda. Anda hanya perlu menavigasi ke lokasi file zip, mengeklik atau mengetuk file zip tersebut, dan memilih opsi “Extract” atau “Unzip” untuk mengeluarkan isi dari file zip ke dalam folder yang ditentukan di perangkat Anda.

Langkah-langkah umum untuk membuka file zip dengan aplikasi file manager di Android adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi file manager yang telah diinstal di perangkat Android Anda.
  2. Navigasi ke lokasi file zip yang ingin Anda buka.
  3. Klik atau tekan file zip tersebut untuk menyorotnya.
  4. Pilih opsi “Extract” atau “Unzip” yang tersedia di aplikasi file manager.
  5. Tentukan folder tujuan untuk menyimpan isi file zip yang telah di-extract.
  6. Klik atau tekan “OK” atau “Extract” untuk membuka file zip.
🔴 BACA JUGA:  7 Cara Download Lagu di Android

Menggunakan Aplikasi Khusus untuk Membuka File Zip

Selain aplikasi file manager, ada juga beberapa aplikasi khusus yang dirancang untuk membuka file zip di Android. Beberapa di antaranya adalah:

  1. WinZip: WinZip adalah salah satu aplikasi terkenal untuk mengompresi dan membuka file zip di Android. Anda dapat mengunduh WinZip dari Google Play Store dan menggunakannya untuk membuka file zip dengan mudah.
  2. RAR: RAR adalah aplikasi arsip populer yang tidak hanya dapat membuka file rar, tetapi juga file zip. Anda dapat mengunduh aplikasi RAR dari Google Play Store dan menggunakannya untuk membuka file zip di perangkat Android Anda.
  3. 7Zipper: 7Zipper adalah aplikasi file manager all-in-one yang juga dapat digunakan untuk membuka file zip di Android. Selain membuka file zip, 7Zipper juga dapat membuka berbagai jenis file arsip lainnya, seperti rar, tar, gz, dan banyak lagi.
  4. ZArchiver: ZArchiver adalah aplikasi arsip yang dapat membuka dan mengelola file zip di Android. Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, serta fitur-fitur yang lengkap untuk membuka, mengompres, atau mengekstrak berbagai jenis file arsip.

Untuk menggunakan aplikasi khusus ini, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang diinginkan dari Google Play Store, buka aplikasi tersebut, pilih file zip yang ingin Anda buka, dan ikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi untuk mengekstrak isi dari file zip.

Menggunakan Aplikasi Cloud Storage

Metode lain untuk membuka file zip di Android adalah dengan menggunakan aplikasi cloud storage, seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Aplikasi cloud storage ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file zip ke akun cloud Anda, dan kemudian membukanya melalui aplikasi cloud storage di perangkat Android Anda.

Langkah-langkah umum untuk membuka file zip menggunakan aplikasi cloud storage di Android adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi cloud storage yang telah diinstal di perangkat Android Anda dan masuk ke akun Anda.
  2. Upload file zip yang ingin Anda buka ke akun cloud storage Anda.
  3. Buka aplikasi cloud storage di perangkat Android Anda, navigasi ke file zip yang diunggah, dan pilih file zip tersebut.
  4. Pilih opsi “Download” atau “Save” untuk mengunduh file zip ke perangkat Android Anda.
  5. Buka aplikasi file manager atau aplikasi khusus untuk membuka file zip, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dan temukan file zip yang diunduh.
  6. Menggunakan opsi “Extract” atau “Unzip” di aplikasi file manager atau aplikasi khusus tersebut untuk mengeluarkan isi dari file zip.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Video Spectrum di Android

Menggunakan Aplikasi Zip Extractor

Ada beberapa aplikasi khusus yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk membuka file zip di Android. Aplikasi Zip Extractor adalah salah satu contohnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka file zip di Android dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Zip Extractor dari Google Play Store, pilih file zip yang ingin Anda buka, dan ikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi untuk mengekstrak isi dari file zip.

Menggunakan Fitur Bawaan dalam Aplikasi Email atau Pesan Teks

Jika Anda menerima file zip melalui email atau pesan teks, Anda dapat menggunakan fitur bawaan dalam aplikasi email atau pesan teks untuk membuka file zip di Android. Beberapa aplikasi email atau pesan teks memiliki fitur untuk mengunduh dan membuka file zip secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuka file zip menggunakan fitur bawaan dalam aplikasi email atau pesan teks di Android:

  1. Buka aplikasi email atau pesan teks di perangkat Android Anda dan temukan email atau pesan teks yang berisi file zip yang ingin Anda buka.
  2. Tap pada file zip yang terlampir di email atau pesan teks tersebut.
  3. Pilih opsi “Download” atau “Save” untuk mengunduh file zip ke perangkat Android Anda.
  4. Buka aplikasi file manager atau aplikasi khusus untuk membuka file zip, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dan temukan file zip yang diunduh.
  5. Menggunakan opsi “Extract” atau “Unzip” di aplikasi file manager atau aplikasi khusus tersebut untuk mengeluarkan isi dari file zip.

Memperhatikan Keamanan saat Membuka File Zip di Android

Selalu penting untuk memperhatikan keamanan saat membuka file zip di Android. Beberapa file zip dapat berisi virus atau malware yang dapat merusak perangkat Android Anda atau mengakses data pribadi Anda. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjaga keamanan saat membuka file zip di Android:

  1. Hanya membuka file zip yang berasal dari sumber yang terpercaya. Hindari membuka file zip yang diterima dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  2. Gunakan aplikasi antivirus yang terpercaya dan perbarui secara teratur untuk memeriksa file zip sebelum membukanya di perangkat Android Anda.
  3. Periksa file zip menggunakan fitur pemindaian antivirus dalam aplikasi file manager atau aplikasi khusus yang Anda gunakan untuk membuka file zip.
  4. Backup data penting Anda sebelum membuka file zip, untuk menghindari kehilangan data akibat serangan virus atau malware.
  5. Periksa pengaturan keamanan perangkat Android Anda untuk memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan pengaturan keamanan seperti memeriksa izin aplikasi dan mengaktifkan proteksi layar.
🔴 BACA JUGA:  Rekomendasi Hp Gaming Murah Spesifikasi Mumpuni 2023, Harga Terjangkau Tapi Performa Gahar

Kesimpulan

Membuka file zip di Android adalah hal yang penting dan berguna dalam mengakses dan mengelola berbagai jenis file. Anda dapat menggunakan beberapa metode, seperti aplikasi file manager, aplikasi cloud storage, aplikasi zip extractor, atau fitur bawaan dalam aplikasi email atau pesan teks untuk membuka file zip di Android. Namun, selalu penting untuk memperhatikan keamanan dan menjaga kehati-hatian saat membuka file zip di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat membuka file zip di Android dengan aman dan efisien.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami cara membuka file zip di Android. Selamat mencoba!