5 Cara Mengetahui SSID WiFi yang Tersembunyi di Android

WiFi adalah teknologi nirkabel yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada kalanya kita ingin mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi atau tidak terlihat pada jaringan WiFi yang ada di sekitar kita. Pada artikel ini, kita akan membahas 5 cara untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi melalui perangkat Android Anda. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda dapat menemukan jaringan WiFi yang sebelumnya tidak terlihat dan menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Cara Mengetahui SSID WiFi yang Tersembunyi di Android

1. Menggunakan Aplikasi WiFi Analyzer

Salah satu cara untuk menemukan SSID WiFi yang tersembunyi adalah dengan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat semua jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda, termasuk yang tersembunyi. Anda dapat mengunduh aplikasi WiFi Analyzer dari Google Play Store dan menginstalnya pada perangkat Android Anda. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang terdeteksi.

Untuk menampilkan SSID WiFi yang tersembunyi, Anda dapat mengatur aplikasi untuk memindai frekuensi yang lebih luas atau menyesuaikan pengaturan pemindaian lainnya. Dengan demikian, Anda dapat melihat jaringan WiFi yang tidak terlihat pada perangkat Android Anda.

Setelah Anda menemukan SSID WiFi yang tersembunyi, Anda dapat mencoba untuk terhubung dengan jaringan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa beberapa jaringan WiFi yang tersembunyi mungkin memiliki pengaturan keamanan tambahan, seperti kata sandi yang rumit atau pembatasan akses tertentu.

🔴 BACA JUGA:  8 Cara Download MP3 di Android

2. Menggunakan Fitur “Tambahkan Jaringan” pada Android

Android menyediakan fitur “Tambahkan Jaringan” yang dapat digunakan untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi. Caranya adalah dengan membuka pengaturan WiFi pada perangkat Android Anda, lalu pilih opsi “Tambahkan Jaringan” atau “Network Name”.

Setelah Anda memilih opsi tersebut, perangkat Android Anda akan melakukan pemindaian jaringan WiFi di sekitar Anda, termasuk jaringan yang tersembunyi. Jika ada jaringan WiFi tersembunyi yang terdeteksi, mereka akan muncul dalam daftar jaringan yang tersedia. Anda dapat memilih jaringan WiFi yang tersembunyi tersebut dan mencoba untuk terhubung dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Harap diingat bahwa tidak semua versi Android memiliki fitur “Tambahkan Jaringan” ini, tergantung pada versi perangkat Android Anda. Namun, jika perangkat Anda mendukung fitur ini, Anda dapat mencobanya untuk menemukan SSID WiFi yang tersembunyi.

3. Menggunakan Perintah Terminal pada Android

Bagi pengguna yang lebih ahli dalam teknologi, Anda juga dapat menggunakan perintah terminal pada perangkat Android Anda untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan perintah terminal membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Untuk menggunakan perintah terminal, Anda perlu menginstal aplikasi terminal emulator, seperti Termux, dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan ketik perintah berikut:

su

wifi list hidden

Perintah su digunakan untuk mendapatkan akses root yang diperlukan untuk menjalankan perintah WiFi tersembunyi. Kemudian, perintah wifi list hidden akan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi pada perangkat Anda.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan perintah terminal memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan dapat berisiko jika tidak digunakan dengan benar. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dengan perintah terminal, disarankan untuk tidak mencobanya atau mencari bantuan dari ahli yang lebih berpengalaman.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Bikin Logo di Android

4. Mencari Informasi tentang Jaringan WiFi Tersembunyi secara Online

Selain menggunakan perangkat Android Anda, Anda juga dapat mencari informasi tentang jaringan WiFi tersembunyi secara online. Beberapa website dan forum teknologi menyediakan informasi tentang jaringan WiFi tersembunyi yang mungkin diketahui oleh pengguna lain.

Anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari kata kunci terkait dengan SSID WiFi tersembunyi atau mencari di forum teknologi yang membahas topik tersebut. Dalam banyak kasus, pengguna lain mungkin telah membagikan informasi tentang jaringan WiFi tersembunyi yang mereka temukan dan cara untuk mengaksesnya.

Sebelum mencoba mengakses jaringan WiFi tersembunyi yang Anda temukan secara online, penting untuk diingat untuk menggunakan informasi tersebut dengan etika dan menghormati privasi orang lain. Pastikan Anda memahami dan mengikuti hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan penggunaan jaringan WiFi.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi WiFi Analyzer yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menemukan SSID WiFi yang tersembunyi. Beberapa aplikasi ini menawarkan fitur pemindaian WiFi yang lebih canggih dan dapat mendeteksi jaringan WiFi tersembunyi dengan lebih akurat.

Anda dapat mencari aplikasi seperti “WiFi Hidden Network Finder” atau “Hidden WiFi Finder” di Google Play Store untuk melihat opsi yang tersedia. Pastikan untuk membaca ulasan dan peringkat aplikasi sebelum menginstalnya untuk memastikan kehandalan dan keamanannya.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 5 cara untuk mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi melalui perangkat Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer, fitur “Tambahkan Jaringan” pada Android, perintah terminal, pencarian online, dan aplikasi pihak ketiga, Anda memiliki berbagai opsi untuk menemukan jaringan WiFi tersembunyi di sekitar Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi iPhone Full

Namun, penting untuk diingat bahwa mencoba mengakses jaringan WiFi tersembunyi memiliki konsekuensi hukum dan etika. Selalu pastikan untuk menggunakan informasi yang Anda temukan dengan cara yang bertanggung jawab dan menghormati privasi orang lain.

Jika Anda ingin mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi, kami merekomendasikan untuk menggunakan cara-cara tersebut dengan bijak dan dengan persetujuan pemilik jaringan WiFi. Menggunakan jaringan WiFi tanpa izin dapat melanggar hukum dan melanggar privasi orang lain.

Dengan mengetahui SSID WiFi yang tersembunyi, Anda dapat memperluas akses ke jaringan WiFi yang sebelumnya tidak terlihat dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan Anda. Pastikan untuk selalu menghormati kebijakan dan aturan penggunaan jaringan WiFi yang Anda akses.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda menemukan SSID WiFi yang tersembunyi melalui perangkat Android Anda. Tetaplah bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi dan nikmati manfaat yang ditawarkan oleh jaringan WiFi yang tersedia.